Rabu, 02 Agustus 2017

6 Macam Alas Bedak dan Plus-Minusnya, Mana Yang Cocok Untuk Kulitmu?


Alas bedak adalah komponen yang penting dalam riasan. Peran utamanya yaitu membuat warna kulit terlihat lebih merata dan agar bedak bisa benar-benar menempel sempurna di wajah. Macam-macam alas bedak memberikan manfaat lebih sesuai jenisnya, tetapi kita juga harus pintar-pintar dalam menyiasati kelemahannya. Agar pembahasan jadi lebih seru, saya akan mulai dari jenis alas bedak yang paling umum!

1. Foundation




Foundation ada yang berbentuk liquid, stick, spray, oil-based, dan cream. Tetapi intinya masih sama, selain meratakan warna kulit, foundation mempunyai daya cover tingkat medium to full. Ketebalan bisa diatur semau kita asalkan takaran pas dan teknik meratakan dikuasai. Cocok digunakan untuk kamu yang memiliki noda-noda bekas jerawat dan flek hitam. Kelemahannya yaitu foundation rentan terkena oksidasi, saat dipakai terlalu lama, warna foundation bisa jadi lebih gelap dari kulit kita yang asli. Cara menyiasatinya adalah dengan memilih shade foundation yang sedikit lebih terang dari warna kulit, sehingga saat terjadi oksidasi tidak membuat wajah tampak kusam, kemudian selesaikan dengan bedak yang sewarna dengan kulit agar terkesan alami.

2. Two Way Cake




Two Way Cake atau TWC adalah formula yang mengandung foundation sekaligus bedak. Cara pakainya adalah dengan membasahi sponge, ditotol ke TWC, kemudian diratakan ke seluruh permukaan wajah. TWC adalah pilihan yang murah dan praktis bagi kamu yang gak mau ribet untuk touch up, karena dengan membawa satu produk bisa memberikan hasil akhir matte. Tetapi penggunaan TWC minusnya bisa membuat kulit wajah dehidrasi. Saat dehidrasi kulit kering akan menjadi kasar dan kulit berminyak akan semakin berminyak. Solusinya sebelum memakai TWC gunakan primer hydrating serum, atau semprotkan protecting mist secara berkala saat memakai riasan.

3. Cushion


Kemasan dan cara penggunaan hampir sama dengan TWC, karena sudah dilengkapi dengan kaca tetapi cushion sebenarnya cairan. Cushion yang memberi daya cover baik biasanya berasal dari Korea, sehingga dengan memiliki cushion dari brand ternama bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan wajah mulus seperti artis Kdrama tanpa tambahan bedak. Tetapi cushion seringkali cepat habis, sedangkan untuk membeli refill butuh waktu lama karena harus beli dari online shop. Kamu bisa coba membuka cushion dari kemasannya, kemudian lihat di bagian bawah apakah masih tersisa sedikit produk. Walaupun sedikit sisanya, tetapi lumayan kan bisa kamu gunakan sembari menunggu refill-nya datang?

4. BB Cream


Ini juga masih adaptasi dari Korea tetapi brand lokal sudah banyak yang menyediakan sehingga mudah ditemukan. BB Cream atau Bliss Balm adalah alas bedak dengan formula paling ringan dari yang lain, cocok digunakan untuk remaja yang kondisi kulitnya masih bagus, aman digunakan saat berjerawat. BB Cream membantu membuat kulit tampak lebih sehat karena terkandung mineral di dalamnya, tetapi ingat jangan pernah meninggalkan skincare kamu yang sebenarnya. Karena riasan tetaplah riasan. Anggap mineral yang terkandung di dalam BB Cream sebagai bonus, bukan sebagai pengganti skincare.

5. CC Cream


CC Cream adalah singkatan dari Corrective Care yang artinya memperbaiki sekaligus merawat. Bisa jadi CC Cream ini penyempurnaan dari BB Cream untuk wanita dewasa yang mulai memiliki banyak keluhan kulit. Cocok digunakan sehari-hari bagi kamu yang sedang dalam penyembuhan jerawat karena selain formulanya ringan juga dapat mencegah peradangan lanjut. Sayangnya CC Cream memiliki shade terbatas, sehingga akan terlihat kurang alami untuk kulit sawo matang. Namun jika kamu masih ingin menggunakan CC Cream juga boleh asalkan ditutupi dengan bedak yang lebih gelap dari shade CC Cream.

6. DD Cream


DD Cream adalah singkatan dari Dynamic Do-all yang artinya mengerjakan semua tugas secara dinamis baik itu menutupi ketidaksempurnaan, menahan bedak, dan menghambat penuaan. DD Cream ini tentu sangat digemari karena bisa menyamarkan garis-garis halus. Tetapi beberapa merk bisa mudah luntur terutama jika kulitmu berminyak. Sehingga kamu harus mencari DD Cream yang memiliki kualitas terbaik untuk memastikan ketahanannya, jangan lupa gunakan primer yang bisa menahan minyak agar riasan tidak cepat luntur.

Dengan memilih alas bedak yang tepat untuk kulit, kualitas bedak biasa-biasa pun akan terlihat lebih bagus karena menempel sempurna. Pastikan kamu memilih alas bedak yang sesuai dengan kondisi dan budget-mu, ya!


Emoticon Emoticon