Kamis, 20 April 2017

Sudah Pakai Cream Pemutih Kulit Masih Tetap Kusam?



Pertanyaan:

Saya sudah 1 tahun lepas dari krim dokter. Sekarang saya memakai cream pemutih yang beredar di pasaran. Di awal-awal pemakaian hasilnya terlihat, tapi lama-lama wajah saya jadi kusam. Adakah saran supaya kulit wajah bisa kembali cerah?

Jawaban:

1. Bagaimana aktifitas sehari-hari? Indoor, atau outdoor?


Walaupun sudah memakai cream dan alas bedak yang mengandung SPF, kamu tetap harus menggunakan sunscreen karena SPF yang terkandung di dalamnya belum tentu bisa melindungi kulit dari penggelapan lanjut akibat sinar matahari.

Jika sehari-hari aktifitas di dalam ruangan baik itu di rumah atau di dalam kantor dengan kondisi tempat yang tidak terlalu banyak jendela, harus menggunakan sunscreen minimal SPF 15.

Sebenarnya sekarang cuma boleh disebut sunscreen karena istilah sunblock menurut FDA sudah tidak boleh digunakan, tapi dalam perbincangan sehari-hari tetap sering kecampur antara sunscreen, sunblock, atau sun protection yang fungsinya sama saja.

Untuk aktifitas outdoor, pilihlah sunscreen minimal SPF 30. Semakin tinggi angkat SPF bukan berarti daya proteksi semakin bagus, karena sunscreen yang terbaik adalah yang mengandung PA++. Misalkan sunscreen SPF 30 PA++ daya proteksi lebih bagus dari sunscreen SPF 50 tanpa PA++.

Sunscreen digunakan pada tahap akhir skincare. Ilustrasi sebagai berikut:
Micellar Water/Cleansing Milk/Cleansing Oil - Face Wash - Toner - Serum/Essence - Cream - Sunscreen

Setelah itu baru ke tahap make up: Primer - Foundation/BB Cream/CC Cream - Concealer dan seterusnya.

Baca juga: Apa Bedanya Pemutih dan Pencerah?

2. Apakah rutin melakukan eksfoliasi? (Peeling/Scrubbing)


Akhir-akhir ini banyak yang mulai menggunakan chemical peeling karena sel kulit mati langsung terangkat semua. Chemical peeling bisa menggunakan AHA atau BHA, untuk tipe kulit sensitif, ibu hamil dan ibu menyusui gunakan BHA.  Tapi jika dana terbatas, tidak ada salahnya melakukan scrubbing sendiri karena yang terpenting adalah rutin dikerjakan supaya bisa mendapat manfaatnya.

Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati agar tidak menumpuk, dan memberi kesempatan kulit untuk memperbarui sel. Jika kulit tidak pernah diberi eksfoliasi, sel kulit mati akan semakin menumpuk. Tidak hanya wajah yang terlihat kusam, tapi make up juga akan susah menempel.

Lakukan eksfoliasi baik dengan peeling atau scrubbing minimal seminggu sekali, idealnya setiap 3 hari sekali bila perlu. Tapi ingat, jangan melakukan eskfoliasi terlalu sering untuk menghindari iritasi.

Baca juga: Rivilite Suplemen Pemutih Terbaru Mega We Care

3. Apakah rutin double cleansing tiap hari?


Kebanyakan sunscreen bersifat menyumbat pori-pori, dan kita juga tidak tau apakah skincare lain yang kita gunakan menyumbat pori-pori juga. Double cleansing artinya membersihkan wajah dengan 2 tahap, sebelum dicuci menggunakan face wash terlebih dulu menggunakan produk cleansing tambahan. Kamu bisa pilih micellar water, cleansing milk (susu pembersih), dan cleansing oil (berbasis minyak).


  • Micellar water adalah produk cleansing berbahan dasar air yang banyak digemari karena praktis, menggunakan kapas, dan bisa menghapus make up waterproof seperti mascara hanya dengan sekali usap. Dari mulai yang murah seperti Garnier, standar L'Oreal dan Corine de Farme, sampai yang mahal Bioderma. 
  • Cleansing Milk (Susu Pembersih) sudah banyak dipakai karena bisa dibilang di Indonesia sendiri cleansing milk adalah pelopor double cleansing apalagi tersedia dari brand lokal dengan harga terjangkau seperti Viva, Mustika Ratu, dll.
  • Dan terakhir untuk Cleansing Oil sendiri, sebenarnya kita bisa menggunakan olive oil (minyak zaitun) atau coconut oil (minyak kelapa), tergantung mana yang kita suka. Kalau saya pribadi menggunakan Etude House Real Art Moisture Cleansing Oil yang berbahan dasar coconut oil karena produk ini dapat menghindari wajah kekeringan setelah memakai face wash. 


Manfaat dari double cleansing: kotoran terangkat sempurna, penyerapan skincare jadi lebih maksimal.

Jangan lupa lengkapi perawatan kulitmu dengan suplemen! Karena perawatan luar saja tidak cukup dan tidak akan pernah cukup memberi nutrisi kulitmu agar senantiasa bagus performa-nya. 


Emoticon Emoticon