Jumat, 14 Oktober 2016

6 Perbedaan Kemasan Baru dan Kemasan Lama NYX Soft Matte Lip Cream Original


Pada artikel sebelumnya 7 Ciri Produk Abal-Abal NYX, banyak komentar dari pembaca yang masih bingung dengan keaslian barang mereka karena produk yang saya dokumentasikan pada artikel tersebut menggunakan kemasan lama.

Untuk menjawab kebingungan pemirsa, di kesempatan ini saya akan mengemukakan 6 Perbedaan Kemasan Baru dan Kemasan Lama NYX Soft Matte Original agar pembaca tidak salah menyimpulkan. Kasian juga kan para penjual yang masih belum kebeli stock baru kalau dituduh jual yang palsu cuma gara-gara beda kemasan, padahal mau itu kemasan lama atau baru sebenarnya tidak masalah asalkan barangnya asli dan tidak kadaluarsa. Mana ambil untung tipis karena ukuran barang kecil, hiks.. #curhatanonlineshop

Saya tekankan disini bahwa kedua barang yang saya dokumentasikan adalah sama-sama barang asli. Disini tidak ada barang palsu ya karena yang mau saya kemukakan adalah perbedaan kemasan baru dan kemasan lama.

Baca juga : Cat Kuku Dengan Warna-Warna Cantik



1. Tidak Ada Tanda Love
Kemasan baru tidak ada tanda love di bawah logo NYX, sedangkan pada kemasan lama ada tanda love. Agar lebih jelas perhatikan lingkaran pada gambar di bawah.



2. Cara Penulisan Warna
Warna-warna NYX Soft Matte Lip Cream menggunakan nama ibu kota dari setiap negara. Penulisan nama ibu kota pada kemasan baru menggunakan huruf kapital semua, sedangkan pada kemasan lama huruf kapital pada awal saja.

Disini yang saya gunakan sebagai contoh adalah warna SMLC19 CANNES. Ini favorit saya dari dulu terutama ketika sedang bingung mau pakai warna apa dan juga saya kategorikan sebagai 4 Warna Bibir Netral yang Aman untuk Kulit Sawo Matang. Sekilas info, Cannes adalah sebuah kota di Perancis bagian selatan yang pernah dipakai latar pembuatan film Mr. Bean's Holiday.



3. Tempat Produksi
Pada kemasan baru ditulis Made in China, sedangkan pada kemasan lama ditulis Made in PRC.



Sebenarnya PRC kepanjangan dari People's Republic of China. Menurut berita yang beredar, banyak orang merendahkan kualitas barang yang dibuat di China sehingga keterangan produksi ditulis 'Made in PRC' agar orang lain tidak menyadari barang tersebut buatan China. Tetapi entah kenapa pihak NYX mengubah keterangan produksi menjadi 'Made in China' sekarang. Mungkin karena orang-orang sudah pada tahu ketenaran NYX sehingga dimana pun produk NYX dibuat itu tidak masalah selama kualitasnya tetap bagus.

Jadi jika kamu sedang memegang NYX SMLC, mau itu Made in China atau Made in PRC, kamu gak usah khawatir karena keduanya sama-sama barang asli.

4. Penulisan Ukuran pada Botol
Kita tahu bahwa NYX SMLC yang asli mencantumkan isi 8 ml pada botolnya. Yang membedakan kemasan baru dan kemasan lama adalah cara penulisan. Pada kemasan lama ditulis '0.27 fl. oz [enter] 8 ml', sedangkan pada kemasan baru ditulis '0.27 fl. oz [garis miring] 8 ml'. Sepertinya NYX ingin tampilan baru terlihat lebih simple, ya.


5. Simbol yang digunakan pada botol.
Sebagaimana produk kosmetika pada umumnya, NYX SMLC juga mencantumkan beberapa simbol untuk menyampaikan beberapa makna kepada pengguna. 

Di kemasan lama ada 3 simbol pada kemasan, yaitu dapat didaur ulang, dapat dipakai 18 bulan setelah dibuka, dan cruelty free (bebas uji coba pada hewan). 

Makna simbol pada NYX SMLC kemasan lama:

  • Daur ulang/recycle: disini berarti kita bisa mengembalikan kemasannya ketika produk sudah habis dan kita sebagai customer biasanya mendapat kompensasi karena telah berpartisipasi ke dalam gerakan ramah lingkungan.
  • 18M: jika setelah 18 bulan terhitung dari kemasan dibuka produk mengalami perubahan tekstur, warna, dan aroma, sebaiknya tidak boleh digunakan lagi.
  • Cruelty Free: karena produk ini tidak diuji coba pada binatang dan juga tidak mengandung unsur dari hewan, maka produk tersebut bisa dipastikan halal bagi customer muslim dan aman bagi vegetarian.

Di kemasan baru hanya ada 2 simbol, yaitu 18 bulan dan gambar bibir. Belum diketahui apa makna dari simbol bibir tersebut, mungkin untuk menegaskan produk ini hanya boleh dipakai di bibir kali ya. Tidak ada simbol Cruelty Free seperti pada kemasan lama, tetapi jangan khawatir, komposisi masih sama dan tidak ada yang berubah, jadi customer muslim atau vegetarian masih bisa pakai produk ini.


6. Bahasa yang digunakan pada keterangan produk.

Perusahaan kosmetik asal USA ini sepertinya mulai merambah ke banyak negara, terlihat dari penambahan bahasa pada keterangan. Jika pada kemasan lama menggunakan 6 bahasa, kini di kemasan baru ada 9 bahasa akan tetapi huruf kanji (Jepang) sudah tidak lagi dipakai.



Dari segi harga, tekstur, dan aroma masih sama saja baik yang kemasan baru atau pun kemasan lama tidak ada perbedaan. Kecuali untuk NYX SMLC shade baru keluaran 2016 mungkin sedikit lebih mahal dari shade lama karena barangnya agak susah didapat.

Dilihat dari keseluruhan, NYX SMLC kemasan baru tampak lebih sederhana dari kemasan lama agar bisa mencantumkan lebih banyak informasi. Mengingat produk ini sudah banyak beredar replika-nya, kita harus lebih berhati-hati dalam berbelanja untuk mendapatkan produk yang asli. Hanya di Natureve Shop kamu bisa mendapatkan NYX SMLC ORIGINAL dengan harga lebih terjangkau.

7 komentar

Akhirnya terjawab sudah jadi bagi siapa saja jangan tanya lagi kalau barang NYX di kami itu original no kw yah \=d/

Ada garansi uang kembali jika barang terbukti palsu

Mba makasi yaa.. baru beli dan tyt dikasi kemasan yang baru sama olshopnya. uda confirm dan ga khawatir palsu lagii hehe :)

Iya mbak.. kemasan baru emang gak ada tanda love-nya

Cek instagram resmi NYX @nyxcosmetics ada foto kemasan baru NYX SMLC sebagai buktinya

Nice info. Agak panik pas kemarin beli lgsg di counter nyx tp pas smp rumah baru sadar gada "love" nya di smlc yg baru.


Emoticon Emoticon