Rabu, 13 April 2016

7 Ciri Produk Abal-Abal NYX yang Semakin Mirip dengan NYX SMLC Asli

Sungguh mengerikan sekali ketika produk abal-abal semakin mirip dengan versi aslinya. Dan itu terjadi pada NYX Soft Matte Lip Cream yang menjadi andalan saya dalam mewarnai bibir. Saya sengaja membeli satu buah NYX abal-abal (yang harganya kurang dari sepuluh ribu) supaya bisa membahas tuntas ciri barang palsu dengan penjelasan yang mumpuni.

Ternyata, cukup mengejutkan saat memegang si NYX palsu ini semakin mirip saja dengan NYX SMLC asli. Berikut ini dokumentasi yang saya ambil. Tanda centang digunakan untuk mengidentifikasi produk asli, dan tanda silang sebagai barang palsu/KW/abal-abal.

Baca juga : Penjual NYX SMLC Original




1. Dulu NYX palsu tidak bersegel, tapi sekarang sudah bersegel untuk mengimbangi produk aslinya. Logo NYX pun mudah ditiru. Bagi orang yang belum pernah memegang barang asli, pasti gak akan ketahuan kalau barangnya palsu karena penambahan segel plastik dan kemiripan logo membuat produk abal-abal ini semakin mirip dengan yang asli. 

Tips membedakan dari segi kemasan: 
  • Meski sepintas tinggi botol hampir sama, tapi apabila disejajarkan, yang palsu sedikit lebih panjang. Untuk mengidentifikasikan perbedaan ini Anda tentu memerlukan produk aslinya dulu.
  • NYX SMLC yang palsu tidak mencantumkan isi, dan pada botol bertuliskan "soft matte lip cream - It's not lipstick nor is it gloss. It's like nothing you've experience before. It's lipstick cream that goes on silky but looks soft matte."
  • NYX SMLC yang asli mencantumkan isi 8 ml, dan pada botol bertuliskan "soft matte lip cream - creme a levres douce et mate"
Baca juga: Perbedaan Kemasan Baru dan Kemasan Lama NYX SMLC Original

NYX SMLC yang palsu sangat murah, bahkan lebih murah dari lipstick lokal sekalipun. Masa lipstick yang katanya dari USA bisa murah banget, bukankah ini aneh? Kecuali produk tersebut palsu. NYX palsu dijual per lusin, warna campur dan pakai box. Padahal produk yang asli tidak dijual lusinan. Saya pernah membeli dalam jumlah banyak, dan yang dikemas dalam 1 plastik itu adalah 3 barang dengan warna sama. Ada juga sih barang asli yang mengemas 3 warna dalam 1 box pada edisi tertentu. 



Tips mengetahui NYX palsu dari segi harga:
Ingat bahwa produk asli berkisar antara 82.000 - 130.000 per biji bukan per lusin.

2. Sebagaimana kita tahu bahwa NYX SMLC menggunakan nama-nama ibukota yang diambil dari negara-negara tertentu dalam pilihan warnanya. Kalau dulu NYX palsu hanya menggunakan nomor, sekarang pun sudah ikut menggunakan nama-nama ibukota, salah satunya warna Antwerp (ibukota Belgium) dengan kode SMLC05 (keren ya sampai kode-kodenya juga ditiru).


Namun sepandai apa pun peniru, pasti ada janggalnya kan, buktinya ketika dibandingkan: yang palsu kapital semua sedangkan yang asli kapital hanya pada huruf awal. EYD gitu looo. 


UPDATE PER 13 AGUSTUS 2016
Menurut akun resmi instagram nyxcosmetics packaging baru NYX SMLC sekarang semuanya menggunakan huruf kapital pada ibukota negara. Awalnya yang huruf kapital semua hanya shade baru tapi sekarang shade lama yang packaging baru juga kapital semua ditambah lagi tidak ada tanda love. -xoxo

Diameter stiker pada bagian bawah botol yang palsu agak kebesaran. And thanks God, pada tutup botol peniru lupa memasang kode warna sepertinya ^^



3. Dimanakah NYX SMLC dibuat?
  • Produk yang asli ada keterangan Made in P.R.C / Fabrique en Republique de Chine, dapat dipakai 18 bulan setelah dibuka.
  • Produk yang palsu ada keterangan Made in P.R.O.C. Entahlah. Konon katanya bisa dipakai 12 bulan setelah dibuka.



4. Setelah dibuka Anda akan tahu bahwa NYX palsu memiliki leher transparan, tidak sama seperti botol asli yang memiliki warna sama pada keseluruhan.


5. NYX SMLC yang asli ketika dibuka akan tercium wangi yang enak, membuat Anda tergoda untuk menghirupnya lagi. Sedangkan NYX palsu tidak wangi malahan bau sedikit mengganggu.


6. Dulu kuas aplikator pada NYX palsu bentuknya bulat, sekarang meruncing seperti produk aslinya. Sepertinya bukan hal yang sulit bagi peniru untuk menyamakan bentuk kuas. Akan tetapi kuas yang palsu lebih panjang dan terasa lebih kasar dibanding yang asli.



7. NYX SMLC palsu susah dihapus tapi lebih encer. NYX SMLC yang asli lebih mudah dihapus, dan tesktur-nya juga lebih padat karena kan namanya Lip Cream bukan Lip Gloss atau Liquid Lip Color apalah itu. 



Watch this video!


video

Demikianlah 7 ciri produk abal-abal NYX yang semakin mirip dengan NYX SMLC asli. Tidak masalah jika Anda sengaja membeli yang palsu, karena artikel ini dibuat supaya tidak ada orang tertipu membayar mahal untuk barang palsu.

19 komentar

Mbaa, makasih infonyaa. Aku pernah beli yang di pasar tradisional gitu. Warnanya nggak sewangi yang aku beli di tok asli. Harganya emang lebih murah. ntunglah yang palsu itu udah ilang :)

Waduh mesti di edit nih artikel yang dulu, trnyata sekarang mah sudah pake nama ibu kota juga yang palsu itu. :)
pantesan atuh ada yang bilang terlalu mahal ke cs saya Mba,heuheu

kesini-kesini nyx yang kw makin mirip aja sama yang asli jadi kalau melihat ciri-ciri sebelumnya gak akan ketahuan palsu XD

Iya mbak yang asli lebih wangi, ngeri-ngeri gimana gitu kalau dipake ke bibir soalnya susah dihapus. Masih mending kalo merk ternama lha ini abal-abal kan takut ^^

Ooh macam tu. Wah kalo begini, konsumen makin percaya ya teh. Good review lah... And sukses selalu

hehehe nyimak, abis tuh beli buat bidadari ku ah,, hehe

iyah sayah ge baru tau nih udah mirip yang asli aja yaah

ampun deh, sekarang banyak banget ya barang2 yang dipalsukan T^T aku juga terakhir beli mane n tail, eh palsu duong, syedih banget lah

http://farrelandmerry.blogspot.co.id

Halo mbak salam kenal..^^ lg nyari referensi nyx palsu, kesangkut di sini. Nice post you have there.. Btw tanya mbak, klo yg tanda love di bawah tulisan NYX di botol itu gak ada, katanya packaging baru ya? Sama misal nggak ada logo recycle di botol bagian belakangnya itu bagaimana ya? Ini saya galau jdinya sm nyx smlc yg saya punya. Dari tekstur sm wangi dan bentuk fisik botol persis deskripsi ori, cuma kok ragu begitu lihat detail tulisan yg ada d botolnya. Maap jd panjang mbak, makasi perhatiannya..^^

packaging baru tidak ada tanda love nya barang di aku juga sebagian begitu, terus tulisan di bawah botolnya kapital semua.. untuk lebih meyakinkan bisa cek akun instagram nyxcosmetics

jadi sekarang tulisan kota dibawahnya kapital semua mbak?

Mbak mw tanya, kalo yg packaging baru tulisan made in nya masih made in PRC atau made in china? Walaupun PRC artinya made in china juga tapi beda tulisan kan bisa jadi indikator bwt bedain adli sama palsu.

Nice post mbak. Oh iya mw nanya mbak. Kalo yg packaging baru tulisan made in nya masih made in PRC ato made in china? Kebetulan baru beli nyx ini di salah satu olshop dan aq nemu review dari yg sdh beli katanya tulisan made in nya made in china, bukan made in prc. Jadi was-was aja sebelum barangnya datang padahal harga masih dalam rentang yg mbak tulis di atas. Mohon infonya ya mbak, soalnya aq gak punya perbandingan untuk packaging barunya. Trima kasih :)

packaging baru yang sekarang made in china, tetapi kalo barang mbak shira made in PRC (People's Republic of China) juga masih asli karena bisa jadi itu kemasan lama. asal jangan made in PROC karena gak ada singkatannya :D

salam kenal mbak... waah membantu skali ini penjelasannya... saya br beli ni lipstik nyx smlc... yg 1 ada ada tanda love, made in prc, dan tulisan kode kotanya cm kapital di dpnnya aja tp yg 1nya lg g ada tanda love, made in chine dan kode kotanya kapital smw... apakah asli?

asli mbak
kemasan lama: ada tanda love, made in PRC, huruf kapital di depan saja
kemasan baru: tidak ada tanda love, made in china, huruf kapital semua

saya kira produk yang saya beli palsu, setelah baca komen di dsni utungnya produk yg sya beli asli.
kemasan baru tidak ada love dan tulisan huruf kapital semua, sya cek sndri di nyxcosmetics

Iya mbak Ambar, syukurlah jika kekhawatiran mbak bisa terselesaikan disini :)
Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar.


Emoticon Emoticon