Header Ads

test

Terong Bisa Jadi Menu Pilihan Saat Diet

Terong Bisa Jdi Menu Pilihan Saat Diet

Terong mungkin salah satu bahan makanan yang sering anda jumpai dalam masakan indonesia. Terong mengandung sedikit kalori hanya 20 kalori per cangkir. Selain karbohidrat yang merupakan kandungan utamanya, terong juga mengandung vitamin dan mineral. Namun itu hanya sebagian kecil dari kebaikan terong. Terong dipercaya mengandung senyawa lain yang dapat membantu mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol. Berikut ini senyawa-senyawa dalam terong yang baik untuk kesehatan anda seperti :

[Baca juga : Godaan Makan yang Paling Sering Gagalkan Diet]

1. Asam klorogenat

Asam klorogenat adalah senyawa pada tanaman dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan akan melindungi sel-sel anda dari oksidasi, kimia yang dapat merusak sel. Berdasarkan penelitian asam klorogenat merupakan senyawa antioksidan yang paling dominan pada terong. Hal ini bagus sekali, karena selain merupakan antioksidan, asam klorogenat juga mampu menurunkan kolesterol.

2. Nasunin

Penelitian menunjukkan bahwa nasunin yang merupakan senyawa antioksidan dalam terong mampu mencegah terjadinya angiogenesis. Angiogenesis adalah keadaan yang merangsang pertumbuhan pembuluh darah dan menyuplai darah. Hal ini akan berdampak buruk jika terjadi pada sel kanker, karena sel kanker akan dapat berkembang dan meningkatkan pasokan darah mereka sendiri. Akibatnya sel kanker tumbuh lebih cepat.

[Baca juga : Kenapa Wanita Dilarang Diet Ekstrem? Ini 5 Alasannya]

3. Serat, vitamin dan mineral

Terong juga mengandung serat yang dapat membantu melindungi tubuh dari diabetes dan menjaga sistem penernaan. Selain itu terong mengandung vitamin A (dalam bentuk beta-karoten), vitamin B, asam folat dan vitamin C. Terong juga kaya mineral antara lain kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor.

Selain manfaar di atas, terong tidak memiliki kandungan lemak jadi sangat disarankan bagi anda yang sedang diet. Setelah mengetahui manfaat terong anda tentu berminat memasukkannya dalam daftar makanan sehat anda, bukan?

30 komentar:

  1. terung sedap. kalau dibuat berlada lebih sedap. banyak juga khasiat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba sedap sekali ,, betul mba banyak manfaat nya bisa di jadikan menu makanan diet juga ....hehehe

      Hapus
  2. tp kalau kebanyakan terong katanya malah bikin lemes mbak.
    bener nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih mas setelah aku baca-baca kebanyakan makan terong malah bikin lemes tapi ya kalo mengonsumsinya berlebihan pasti begitu mas :) tapi terong juga bisa meningkatkan kesuburan pria loh :D

      Hapus
    2. oh kalau gitu mesti diatur nih konsumsinya yambak

      Hapus
    3. iya mas yanto kan makan berlebihan itu gak baik jadi ya harus di atur mengonsumsinya :)

      Hapus
  3. Sambal terong itu nikmat
    Apalagi digoreng dulu

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba bener banget aku juga suka di sambal balado terong nya hehehe

      Hapus
  4. Ada 3 manfaat bagus sih di dalam kandungan terong untuk diet tapi sayangnya saya nggak suka mengkonsumsi terong ungu. Lebih suka mengkonsumsi terong hijau saja lebih enak di jadikan lalapan di temani sambelnya yang khas pedas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata aku sih lebih enak terong ungu wied di sambal balado euuuuh mantap dari pada terong hijau aku kurang suka kata aku sih gatal pas di makan nya :D

      Hapus
  5. Terung memang enak kalau dibuat sayur. Apa lagi setelah beberapa hari makan makanan lebaran yang kebanyakannya berlemak dan bersantan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mba fidah aku sangat suka banget sama terong hehehe

      Hapus
  6. paling suka sama terong balado, asikkk banget itu, tapi kalo di balado ada tambahan lemak dari minyak ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga suka mba :D iya sih mba kurangi sedikit minyak ajah mba hehehe

      Hapus
  7. terong itu sayur kesukaanku, enak dan empuk, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga suka :D di bandingkan dengan terong yang hijau aku kurang suka hehehe

      Hapus
  8. disambal balado atau disayur santan, terong tetap enak

    BalasHapus
  9. Minalidzin wal faizin
    mohon maaf lahir dan batin

    kesukaan saya tuh sayur terong mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas :)
      iya mas selain enak ternyata terong banyak manfaat nya hehe

      Hapus
  10. terong kesukaan saya ini
    kalau makan terong usahakan minum air sebanyak mungkin biar racunnya bisa larut

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesukaan aku juga loh mba :D iya mba ,,,

      Hapus
  11. Wah, terung ungu ternyata memiliki keistimewaan dan khasiat luar biasa untuk diet ya mbak...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas uda rasanya enak banyak juga manfaat nya hehehe

      Hapus
  12. Saat di pondok dulu hampir setiap hari saya makan terong; karena di kebon pondok tanaman terong, tomat, dan cabe selalu ditanam dan jadi andalan kebutuhan dapur para santri yang masak sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas memang terong itu sangat enak apa lagi punya kebun nya sendiri :D bisa masak terong tiap hari. hahaha

      Hapus
  13. Diet gak diet, saya tetep pecinta terong mba :D hahaa

    BalasHapus
  14. acar terung pilihan hati . makan gitu aja tanpa nasi pun dah ok banget ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget tuh terong pokok nya mantap deh :D

      Hapus