Header Ads

test

Alasan Vitamin B12 Penting Untuk Tubuh

Alasan Vitamin B12 Penting Untuk Tubuh

Jika bicara tentang vitamin, mungkin anda lebih akrab dengan vitamin-vitamin yang umum seperti vitamin A, C, E dan D. Salah satu vitamin yang juga penting dan tidak bisa diabaikan fungsinya adalah vitamin B, terutama vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan kelelahan, anemia, konstipasi, tubuh lemas, daya ingay melemah, gangguan penglihatan, asma, tidak nafsu makan hingga kekurangan produksi sperma. Ini lima alasan mengapa vitamin B12 dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga : Nat B untuk Kesehatan Syaraf]

1. Mempertahankan tahanan tubuh

Vitamin B12 diperlukan untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa di dalam tubuh, yang nantinya akan diubah menjadi energi sehingga tubuh tidak mudah lelah dan lesu.

2. Membantu produksi sel darah merah

Vitamin B12 juga membantu dalam produksi sel darah merah sehingga bisa mengangkut oksigen lebih baik. Sel sarah yang segar bisa lebih baik dalam memberi nutrisi dan membuang zat sisa tubuh.

[Baca juga : Mengapa Vitamin B Penting?]

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Vitamin B12 diperlukan untuk menjaga fungsi sistem pencernaan. Vitamin ini bisa mengoptimalkan fungsi pencernaan sehingga tidak terjadi diare dan konstipasi.

4. Menjaga jantung

Selain itu, vitamin B12 juga berfungsi melindungi jantung terhadap penyakit berbahaya dengan cara menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Melancarkan pendaran darah dan mencegah penggumpalan darah.

[Baca juga : Mega B Komplex]

5. Menjaga kesehatan otak dan mental

Vitamin B12 berfungsi menjaga dan mengatur sistem syaraf, mengurangi stres, depresi serta mencegah penyusunan otak karena kurang nutrisi.

31 komentar:

  1. Makanan yang mengandung vitamin b12 itu apa aja?
    kebetulan saya suka sering cepat lelah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya seperti sereal, ikan kecil, keju, telur, daging itulah makanan yang mengandung tinggi vitamin B12 mas ...

      Hapus
    2. oke, terimakasih mba... jadi harus selalu makan-makan diatas ya

      Hapus
    3. iya mas biar vitamin B nya tercukupi :)

      Hapus
  2. Makanana apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12 kita min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. telur, daging, sereal, keju dan masih banyak lagi ...

      Hapus
  3. Selama puasa saya biasa mengkonsumsi vit B12 mbak, ... biar tetep fit drpd minum minuman instan di toko

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya syukur deh mba agar tubuh kita tidak cepat lemas ya mba hehehe betul tuh mba minuman yang instan itu tidak baik :)

      Hapus
  4. wah bisa jadi saya kekurangan vitamin b12 nih rasa lesu lemas gak semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayolah penuhi vitamin B12 nya biar tubuh kita tidak lemas seperti itu mas :)

      Hapus
    2. sumbernya vitamin b12 yang alami apa ya mba

      Hapus
    3. ya seperti telur, keju, salmon, ikan kecil, daging sapi, itulah sebagian sumbernya mas ..

      Hapus
  5. Banyak juga ya mbak manfaat B12. Btw, itu poin pertama 'tahanan tubuh' apa, ya? Ketahanan tubuh kali ya maksudnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas renggo sangat banyak sekali.. iya mas itulah maksudnya :)

      Hapus
  6. mungkin ini ya alasannya saya kalo d beri obat dokter selalu di sertakan vi b12.
    saya sering lemes soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah kekurangan vit B12 pasti akan menyebabkan ketahanan tubuh akan menurun :)

      Hapus
  7. Ternyata banya sekali kasiat dari vitamin B12 ini, kalau boleh tau kandungan vitamin B12 bisa kita dapatkan di makanan / buah apa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat banyak mas :) kita bisa dapatkan di makanan seperti daging, keju, telur, sereal, kerang, ikan seperti itu mas .. itulah sebagian dari makanan yang mengandung vit B12 mas ..

      Hapus
  8. ternyata penting sekali vitamin B12 untuk tubuh kita, apalagi puasa-puasa macam gini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penting banget mba nove, iya saat puasa kita sering lemas..

      Hapus
  9. saya sering anemia .. solusi nya gimana?

    BalasHapus
  10. sanagt respek dengan makanan yang bermanfaat untuk jantung. Eh blognya sudah saya follow ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas terimakasih :) salam kenal ya ..

      Hapus
  11. Kayaknya vitamin B12 penting nih untuk yang suka nulis.. hehehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak hanya untuk yang suka nulis saja mas untuk yang kurang vitamin B12 juga harus terpenuhi ,,

      Hapus
  12. Balasan
    1. iya mas jagalah jantung dengan baik segera mengonsumsi vitamin B12 :)

      Hapus
  13. Banyak sekali manfaat dari Vitamin B12 ini ya teh, terutama untuk mempertahankan daya tahan tubuh .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas eka banyak sekali manfaat dari vitamin B12. iya mas salah satunya itu ,,

      Hapus
  14. Terima kasih tipsnya...
    perlu cukup vitamin supaya badan kekal segar dan sihat

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba semoga bermanfaat :)
      iya mba sehat itu mahal jadi harus di jaga apalagi vitamin nya :)

      Hapus