Sabtu, 11 Juli 2015

5 Makanan Untuk Tulang Selain Susu

5 Makanan Untuk Tulang Selain Susu

Susu memang menjadi minuman yang banyak disukai orang karena selain protein dan lemak sehat, susu juga kaya kandungan kalsium yang menutrisi tulang agar terhindar dari osteoporosis. Namun Tidak semua orang bisa minum susu, ada yang tidak suka dan ada juga yang alergi dengan kandungan susu. Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa mendapatkan kalsium tanpa minum susu? Bahkan makanan berbahaya kedelai seperti tempe dan tahu serta kedelai juga kaya kalsium.

Ada banyak makanan yang kaya kalsium selain susu, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

[Baca juga : Mengapa di Lansia Sering Mengalami Osteoporosis?]

1. Bok coy

5 Makanan Untuk Tulang Selain Susu

Sawi hijau dengan daging lembut dan renyah ini juga kaya kalsium. Selain mudah dimasak, bak coy juga mudah didapat. Tidak masalah tidak minum susu, anda tetap bisa mendapatkan kalsium dengan makan bok coy.

2. Salmon

5 Makanan Untuk Tulang Selain Susu

Ikan salmon memang mahal dan tidak banyak dijual di pasar tradisional, tapi bisa memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Anda bisa mencobanya sesekali. Ikan salmon bisa dimakan mentah seperti pada sajian sushi atau matang dengan cara di panggang sebentar.

[Baca juga : Suplemen Untuk Pertumbuhan Tulang]

3. Jeruk

5 Makanan Untuk Tulang Selain Susu

Selain kaya vitaminC, jeruk ternyata menyimpan kalsium yang bisa menjauhkan anda dari osteoporosis. Jeruk jelas bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari penyakit dan menjaga sel tubuh serta kulit sehat awet muda karena antioksidannya.

4. Sarden

5 Makanan Untuk Tulang Selain Susu

Ikan kalengan seperti sarden bukan hanya nikmat, tapi juga mengandung banyak kalsium. Namun tentu saja tidak boleh berlebihan makan sarden kemasan karena mengandung pengawet dan garam bisa meningkatkan tekanan darah.

[Baca juga : Suplemen Untuk Pertumbuhan Tulang Anak]

5. Okra

5 Makanan Untuk Tulang Selain Susu

Sayuran yang mirip dengan bentuk cabai ini juga sangat enak di jadikan menu makanan malam selain juga kaya kalsium. Anda bisa memasaknya dengan cara menumis, panggang atau dijadikan sup untuk mendapatkan nutrisinya.

Jadi, sekarang anda tidak perlu bingung jika ingin memenuhi kebutuhan kalsium karena banyak makanan di sekitar anda selain susu yang mengandung banyak kalsium.

2 komentar

Makasih info nya gan.. bisa nih ane saranin ke nenek saya.

sama-sama semoga bermanfaat :) terimakasih kunjungannya ..


Emoticon Emoticon