Rabu, 17 Juni 2015

Suka Begadang? Siap-siap Terkena Efek Buruk Kurang Tidur

Suka Begadang? Siap-siap Terkena Efek Buruk Kurang Tidur

Kurang tidur bisa menimbulkan dampak negatif yang cukup serius terhadap kesehatan tubuh, sampai menurunkan kualitas hidup. Tidurlah minimal delapan jam sehari, agar terhindar dari efek buruk berikut ini. Sebagian orang hidup seperti kelelawar. Mereka sering membuka mata sampai tengah malam dan tidur ketika pagi menjelang. Alasannya cukup banyak. Ada yang memeng memiliki pekerjaab yang harus dikerkjakan tengah malam, atau mereka mengalami insomnia. Akibatnya jam tidur malam yang wajar antara 6-8 jam tidak dapat terpenuhi. Sebenarnya hal ini di anggap enteng.

Kekurangan jam tidur malam memiliki pengaruh bagi kesehatan tubuh. Sekitar 8 efek samping sudah menunggu orang yang biasa begadang :

[Baca juga : Suplemen Untuk Menuruknan Berat Badan]

1. Kenaikan berat badan

Saat kurang tidur, metabolisme tubuh menjadi lambat sekaligus membuat makan tak terkontrol. Secara tidak sadar, anda menginginkan makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak.

2. Mood tidak stabil

Perubahan emosi saat anda kelelahan adalah yang seringkali terlihat. Bila anda benar-benar lelah, perubahan drastis seperti menjadi mudah menangis saat mungkin terjadi. Setidaknya 50% dari orang dengan depresi memiliki beberapa jenis masalah tidur biasanya insomnia.

3. Mata bengkak dan bayangan hitam di bawah mata
Bila seseorang kurang tidur tubuh dapat kehilangan kelembaban sehingga kulit kekurangan cairan. Akibatnya timbul lingkaran gelap dibawah mata. Masalah dini dapat disiasati dengan minum secangkir teh satu jam sebelum tidur. Teh dapat membuat seseorang merasa santai karena tidak mengandung kafein.

4. Gangguan ketika berkendara

Salah satu penyebab kecelakaan ketika berkendara adalah kelelahan, ketika mengantuk, kesadaran berkurang. Bahkan salah satu penelitian di australia menemukan bahwa tidur selama 24 jam efek negatifnya setara dengan mengonsumsi alkohol pada taraf 10 (taraf yang diperbolehkan 08). Jika anda akan berkendara dalam keadaan tubuh yang kurang fit, minum jus ceri sebelum tidur. Karena buah ini mengandung melantonin dan membantu seseorang tidur 39 menit lebih lama per malam.

[Baca juga : Suplemen Untuk Kesuburan Pria]

5. Tingkat depresi yang tinggi

Jam tidur yang kurang dari 6 jam dapat mengganggu dalam tubuh yang mengatur depresi. Hal tersebut berdasarkan sebuah studi pada februari 2013 yang dilakukan oleh university of surrey di inggris. Hal yang dapat dilakukan adalah melakukan meditasi selama 5 menit, lalu peregangan otot atau dengan melakukan yoga.

6. Sulit berfikir jernih

Ketika anda merasa sulit berpikir jernih saat anda kurang tidur, terutama saat bekerja di kantor, hal itu disebabkan karena efek negatif dari kurang tidur mempengaruhi kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat informasi baru.

7. Gairah seks berkurang

Seseorang yang sangat lelah cenderung enggan berhubungan intim dengan pasangannya. Orang yang tidak tidur biasanya lebih stres dan libidonya rendah, serta suasana hati tidak mendukung untuk berhubungan seks. Hindari menonton tv atau main komputer satu jam sebelum tidur karena sinar dari layar dapat mengurangi hasrat anda untuk tidur.

[Baca juga : Suplemen Untuk Daya Tahan Tubuh]

8. Imunitas rendah

Kelelahan dapat menyebabkan anda mudah terserang penyakit. Orang yang tidak mendapatkan tujuh hingga delapan jam tidur memproduksi antibodi lebih sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh tidak sekuat ketika anda fit. Makan makanan yang bergizi dan mematikan lampu rumah dapat memberikan sinyal pada tubuh untuk segera beristirahat.

13 komentar

Sangat penting punya waktu tidur yang cukup untuk hidup lebih sihat dan bebas deprasi
Terima kasih tipsnya..

saya nih salah satu orang yg suka begadang mbak.
padahal efeknya buruk banget tp entah kenapa sulit banget menghilangkan kebiasaan ini

betul mba :) tidur yang cukup itu penting bagi kesehatan ..
sama-sama semoga bermanfaat ..

para blogger yang suka begadang mesti hati2 ni :)
dikatakan banyak begadang membuat gemuk, juga membuat imunitas tubuh berkurang...
kalau imunitas tubuh berkurang terus sakit, bukannya biasanya jadi kurus ya?

saya ga mau begadang, soalnya dilarang pak haji :(

Saya kalo tidur kurang pasti besoknya naik motor jd kurang konsentrasi mbak... Hehe
Makasih info sehatnya.. :)

Saya kurang tidur, ada bayangan hitam di bawah mata, tapi itu sejak saya masih kecil sudah ada hehe..

saya sendiri juga termasuk orang yang suka begadang mas :) dan efeknya pun sangat saya rasakan, memang begitu mas orang yang sering begadang sangat sulit untuk menghentikan kebiasaannya. biarpun suka begadang asalkan tetap sehat saja ya mas :)

ya mas kalo di larang ya jangan begadang hehehe

pastinya mas kurang tidur banyak penyebabnya jadi tidurlah dengan cukup biar pagi harinya bisa fres hehehe
sama-sama mas semoga bermanfaat ..

yaaaah itu bukan efek dari kurang tidur dong mba hehehe itu bawaan lahir mungkin ya :)

Kalau saya kurang tidur malah berat badan saya turun. soalnya bukan tipe orang yang suka ngemil :(

iya memang begitu mas kalo yang engga doyan ngemil kurang tidur jadi berat badannya turun...


Emoticon Emoticon