Rabu, 10 Juni 2015

Nutrisi Penting Untuk Wanita

Nutrisi Penting Untuk Wanita

Semakin lanjut usia, seseorang akan semakin membutuhkan nutrisi-nutrisi yang harus terpenuhi setiap harinya untuk bisa selalu sehat dan kuat, terutama bagi wanita. Aktivitas masih padat, namun umur sudah semakin bertambah dan sudah tidak betenaga seperti dahulu lagi. Hal ini tentu sangat menyebalkan. Maka dari itu, seorang wanita yang sudah lanjut usia harus bisa menjaga dan tetap mengontrol asupan nutrisi pada tubuhnya.

Anda pasti sudah tahu, vitamin dan mineral adalah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Anda mengenal berbagai macam jenis nutrisi. Tapi bagi para wanita , ada lima nutrisi yang paling penting untuk dicukupi.

1. Vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang paling populer karena kaya akan manfaat. Vitamin C ini bisa membantu pembentukan tulang, gigi, otot dan kulit. Namun yang paling penting bagi wanita, vitamin C penting untuk proses penyerapan zat besi. Hal ini dikarenakan zat besi membantu memberi anda cadangan energi dan mencegah kelelahan.

[Baca juga : Suplemen Daya Tahan Tubuh]

Beberapa banyak vitamin C yang baik dikonsumsi oleh tubuh tiap harinya? jumlah harian yang disarankan oleh para ahli adalah 75-90 miligram. Satu cangkir jeruk bisa penuhi jumlah vitamin C yang diperlukan tubuh tiap harinya.

2. Kalsium
Mengonsumsi kalsium bagi wanita yang memasuki lanjut usia akan membantu pembentukan sel baru pada tulang. Kalsium bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen kalsium sebanyak 2 kali sehari. Selain itu kalsium juga bisa ditemukan pada tahu, sereal, kedelai, minuman dari bersa, sayuran seperti kubis, brokoli, sawi, ikan sarden atau salmon.

3. Vitamin B12
Vitamin ini merupakan vitamin yang penting dalam diet keseharian wanita. Vitamin B12 bisa bantu mencegah kehilangan memori, kerusakan saraf, anemia, penyakit jantung hingga depresi. Sering merasa lelah? Tambahkan vitamin B12 untuk bantu tingkatkan stamina. Masukkan susu, telur dan daging unggas ke dalam menu makan anda.

4. Asam folat
Berpikiran untuk segera memiliki momongan? Asam folat adalah sebuah keharusan. Ketika seorang wanita memiliki aslupan asam folat yang cukup saat hamil, maka hal itu bisa mencegah terjadinya cacat lahir bawaan seperti spina bifida (sumbing tulang belakang) dan anencephaly (keadaan dimana sebagian besar tulang tengkorak dan otak bayi tidak terbentuk).

[Baca juga : Manfaat Tersembunyi dan Rajin Mengonsumsi Sayuran]

Selain itu asam folat juga berguna bagi wanita berusia senja karena bisa bantu memberikan makan otak, Meningkatkan penglihatan dan juga memberi tambahan energi. Menurut para ahli wanita harus mendapatkan 400 hingga 800 mcg asam folat tiap harinya.

5. Vitamin D
Vitamin D ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Jika anda kekurangan vitamin D, anda bisa mengalami kerapuhan tulang bahkan osteoporosis. Jika anda mengonsumsi vitamin D merupakan nutrisi penting untuk tulang. Kurangnya vitamin D dalam tubuh akan menyebabkan tulang rapuh atau dari kulit. Wanita berumur harus mengonsumsi 8 ons susu rendah lemak sebanyak 4 kali sehari. Namun, menurut penelitian wanita tidak dianjurkan untuk terlalu banyak mengonsumsi susu dan mengganti dengan multi vitamin.

8 komentar

sama-sama mba semoga bermanfaat :) terimakasih atas kunjungannya ...

saya cuma bisa nyimak saja mbak, ini khusus utk wanita ya hihihiih

iya mas hary silahkan :) terimakasih atas kunjungannya ...

Banyak banget nutrisi pentingnya ya, hehe. Wanita memang mahluk istimewa hehe

betul mas sangat banyak nutrisi yang penting untuk wanita biar sehat dan kuat dalam aktivitas :)


Emoticon Emoticon