Kamis, 18 Juni 2015

Makanan yang Perlu Di Hindari Setelah Berolahraga

Makanan yang Perlu Di Hindari Setelah Berolahraga

Menjaga kualitas tubuh memang bukan hanya dari dalam saja, tetapi juga dari luar. Bentuk tubuh yang cukup kekar atau berisi memang menjadi dambaan disaat orang beranggapan badan penuh otot nampak kurang menarik. Apalagi badan yang kurus kering yang mungkin membuat anda terlihat sakit atau tidak sehat dan yang pastinya tampak tidak segar.

Setelah berolahraga, baik baik itu di gym maupun kegiatan outdoor, anda disarankan untuk segera mengonsumsi makanan padat. Konsumsi makanan yang tepat sangat diperlukan, karena tubuh memerlukan energi untuk pemulihan otot setelah digunakan untuk beraktivitas berat. Namun tidak semua jenis makanan cocok untuk disantap setelah berolahraga.

[Baca juga : Makanan Serat Baik Untuk Pencernaan Lancar]

Lantas makanan apa saja yang harus di hindari? Berikut adalah makanan yang harus dihindari setelah olahraga :

1. Keju

Makanan tinggi lemak, terutama yang telah diproses seperti keju bukanlah santapan yang tepat dikonsumsi khususnya setelah olahraga lari. Keju mengandung lemak jenuh dan garam yang tinggi. Setelah olahraga, yang diperlukan tubuh adalah protein agar bisa diolah menjadi otot. Bukan karbohidrat, lemak, apalagi garam karena justru akan membuat bertambah gemuk.

2. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, salami atau pepperoni juga tinggi lemak, terlebih lagi garam. Kedua komponen itu akan memperlambat sistem pencernaan dan membuat perut terasa tidak nyaman.

3. Roti tawar

[Baca juga : Sumber Karbohidrat untuk Bantu Turunkan Berat Bdan]

Kandungan pati sederhana di dalam roti tawar akan cepat diolah tubuh menjadi gula. Setelah olahraga, bukan gula yang diperlukan tubuh tapi nutrisi. Sebaiknya hindari makanan roti tawar terlebih lagi dengan selai coklat atau jeli karena akan membuat hasil olahraga anda sia-sia. Jika tetap ingin makan roti, pilihlah roti gandum utuh dengan porsi kecil.

4. Sari buah

Sari buah umumnya lebih banyak mengandung gula ketimbang serat dan nutrisi. Terlalu banyak konsumsi gula akan mengingatkan kadar gula dalam darah yang meningkatkan risiko diabetes, kegemukan sampai obesitas. Jika anda ingin minum selain air putih setelah olahraga, maka minumlah yang lebih sehat dan alami seperti es teh herbal atau air kelapa.

5. Telur goreng

Telur kaya akan protein yang baik bagi tubuh setelah olaharaga. Tapi pastikan yang anda konsumsi adalah telur rebus. Bukan omelet, telur dadar atau telur mata sapi. Ketika diolah dengan cara digoreng telur akan menjadi makanan berlemak tinggi.

6. Milkshake

Campuran susu, es krim dan buah ini lebih banyak mengandung lemak dan gula ketimbang nutrisinya. Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu almond, susu putih murni atau teh hijau.

[Baca juga : Apa Sih Tips Agar Badan Cepat Gemuk?]

7. Syuran mentah

Sayuran mentah segar memang baik bagi tubuh karena kaya serat dan enzim yang membantu sistem pencernaan masih ada. Tapi bukanlah makanan terbaik untuk dimakan setelah olahraga. Sayuran mentah sangat rendah lemak dan kalori, juga minim protein. Sementara tubuh memerlukan makanan yang lebih berat untuk pemulian otot setelah sebelumnya rusak karena olahraga. Sayuran mentah saja juga tidak cukup untuk menstabilkan metabolisme tubuh. para nutrisi menyarankan anda untuk konsumsi makanan kaya protein. Misalnya dada ayam panggang dengan sayur atau tuna/ salmon di panggang.

Nah itulah makanan yang harus dihindari setelah berolahraga yang anda perlu ketahui.

8 komentar

saya suka sari buah dan telur.. gimana coba hehe.. trims ya infonya..

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ ya teh ipah, mohon maaf jika ada khilap dan salah ya..

Ternyata Milkshake tidak boleh di konsumsi setelah berolahraga ya mba, makasih sharenya

Informaasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terimakasih. Salam sehat. Numpang link ya: http://intips-tipskesehatan.blogspot.com/2015/06/manfaat-efektif-gula-aren-bagi-kesehatan.html#more.

sari buah ternyata belum tentu bagus ya diminum setelah olah raga

asal jangan berlebihan saja mba :)
iya mba sama-sama takobalminna ..

betul mas ... sama-sama semoga bermanfaat :)

sama-sama, terimakasih juga atas kunjungannya ..

betul banget sari buah sangat tidak bagus untuk dikonsumsi setelah olahraga. sebaiknya di gantikan dengan minuman yang lain saja..


Emoticon Emoticon