Sabtu, 27 Juni 2015

Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh tentunya memerlukan asupan makanan yang lebih dari cukup agar tidak bekerja terlalu berat. Oleh karenanya, untuk anda yang tengah menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi. Sering lemas ketika berpuasa? mungkin anda kekurangan vitamin dan mineral dalam santapan sahur anda.

[Baca juga : Suplemen Daya Tahan Tubuh]

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan energi untuk menjalani ibadah puasa anda :

1. Oatmeal

Dibanding makan nasi putih saat sahur, mengonsumsi oatmeal akan membuat anda kenyang lebih lama karena jenis makanan ini dicerna perlahan oleh tubuh. Oatmeal akan menyediakan energi berjam-jam karena kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi. Makanan ini juga menjaga gula darah pada tingkat yang optimal.

2. Pisang

Pisang akan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, dan disarankan untuk konsumsi buah ini beberapa jam sebelum anda berpuasa agar tetap berenergi. Selain menjadi sumber karbohidrat, pisang juga efektif untuk memicu pelepasan dopamin atau zat kimia yang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus anda.

[Baca juga : Makanan Serat Baik Untuk Pencernaan Lancar]

3. Kacang-kacangan

Tambahkan kacang-kacangan dalam menu sahur anda. Kacang yang mengandung mineral dan zat besi ini akan membantu tubuh menghasilkan sel darah merah, yang akan membawa oksigen ke otak ketika anda beraktifitas dan juga membangun stamina.

4. Sayur-sayuran

Selain sehat, sayuran hijau juga akan membantu tubuh anda terhindar dari lemas saat berpuasa. Sayuran mengandung mikronutrien yang penting dalam pembntukan stamina dan sel darah merah. Selain itu, sayuran juga mengandung serat sehingga dicerna perlahan dan tetap mempertahankan tingkat glukosa darah tetap imbang.

5. Daging tanpa lemak, ikan dan telur

Konsumsi daging tanpa lemak jika anda ingin kuat berpuasa. Daging membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna sehingga perut akan merasa kenyang lebih lama. Konsumsi makanan mengandung protein seperti daging, ikan dan telur sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan juga memperbaiki dan membangun otot-otot tubuh anda.

6 komentar

semua makanan bisa untuk tingkatkan energi saat berpuasa, asalkan tidak dimakan pas saat sedang berpuasa :)

Terima kasih tipsnya
Dari hari pertama bersahur saya coba untuk makan oat..nampaknya belum berjaya :D

iya dong pastinya jangan kan lagi puasa hahha

sama-sama mba fidah ..
semoga bermanfaat ..

Tip yang bagus nih, saat berpuasa asupan gizi juga perlu diperhatikan, kalau berlebih atau berkurang tentu saja tidak baik ya :-D

iya betul banget mas asupan gizi saat puasa harus di perhatikan.. kurang gizi pun tak baik apalagi kelebihan gizi tidak baik juga ...


Emoticon Emoticon