Selasa, 16 Juni 2015

Kesalahan Saat Mencuci Wajah yang Buat Kulit Jadi Berjerawat

Kesalahan Saat Mencuci Wajah yang Buat Kulit Jadi Berjerawat

Meski sudah mencuci wajah, bukan berarti kulit anda bebas jerawat. Tanpa disadari, beberapa dari anda mungkin melakukan kesalahan dalam pembersihan wajah. Ketika hal tersebut terjadi maka jerawat bisa timbul atau justru semakin parah. Ada beberapa teknik dalam membersihkan wajah yang tepat. Meski terkesan sepele namun memberikan wajah dengan benar memberikan keuntungan bagi kulit. Selain bersih, wajah juga bisa lebih cerah dan terbebas dari jerawat.

Berikut ini beberapa kesalahan dalam mencuci wajah yang sebaiknya tidak diikuti:

[Baca juga : Jenis-Jenis Jerawat Berdasarkan Penyebab]

1. Tangan yang kotor
Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat membersihkan wajah adalah membiarkan tangan anda dalam kondisi kotor. Jika anda tidak memicu tangan  sebelum mencuci wajah sama saja anda tidak benar-benar membersihkan wajah dengan benar. Dengan kondisi tangan yang kotor semua kotoran minyak dan bakteri di tangan dapat dengan mudah pindah ke wajah anda. Oleh karena itu, mencuci tangan terlebih dahulu adalah hal yang penting ketika membersihkan wajah.

2. Pembersih yang salah
Kesalahan umum lainnya yang sering dibuat adalah menggunakan pembersih muka yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda. Terkadang banyak orang tidak menyadari apa jenis wajahnya dan tetap menggunakan pembersih yang salah. Untuk kulit wajah yang kering sebaiknya gunakan pembersih yang mengandung krim. Sedangkan pembersih yang mengandung busa atau gel cocok bagi kulit berminyak. Selain mengenali jenis kulit anda sendiri juga perhatikan bagaimana reaksi kulit anda setelah dibersihkan. Jika kulit terasa kering dan merasa bersih setelah mencuci wajah, mungkin anda perlu beralih ke pembersih wajah yang lain.

3. Kesalahan eksfoliasi
Eksfoliasi atau pengelupasan kulit adalah bagian utama dari rutinitas perawatan kulit. Tapi jangan terlalu sering atau sangat jarang. Jika terlalu sering kulit bisa teriritasi dan membuat minyak alami kulit terlalu banyak terangkat yang memicu kering. Sedangkan bila sangat jarang melakukan eksfoliasi, maka yang terjadi adalah wajah jadi kotor dan kasar karena sel kulit mati yang terlalu banyak menumpuk. Eksfoliasi yang benar sebaiknya dilakukan sekali atau paling banyak dua kali dalam seminggu. Malam hari adalah waktu yang ideal untuk proses pengelupasan kulit, karena pada malam hari kulit anda akan menghasilkan sel-sel kulit baru.

[Baca juga : Vampire Whitening Soap By Benny Beauty White]

4. Terlalu sering mencuci wajah
Tidak peduli apa jenis kulit yang dimiliki, membersihkan wajah terlalu sering adalah hal yang tidak baik bagi kulit wajah. Selain merusak wajah, mencuci muka terlalu sering juga dapat membuat kulit iritasi dan kering. Selain itu, bagi jenis kulit wajah yang berminyak, kulit bisa semakin menghasilkan lebih banyak minyak bila mencuci wajah terlalu sering. Untuk itu bersihkan wajah dua kali dalam satu hari. Anda mungkin bisa mencuci wajah lebih dari dua kali kondisinya setelah berolahraga, agar kulit tidak mudah berjerawat karena keringat yang menempel.

5. Membilas kurang bersih
Setiap kali anda mencuci muka, cobalah perhatikan hal sederhana yang satu itu. Karena banayak dari kita sering membersihkan muka tanpa membilasnya dengan bersih. Meninggalkan sabun pada kulit dapat mengeringkan dan iritasi wajah. Hal ini sama seperti saat anda menggunakan tisu make-up untuk menghapus riasan yang digunakan. Hal ini tampak seperti cara yang mudah untuk menghapus riasan saat anda merasa lelah atau sedang terburu-buru, tapi tahukah anda kulit masih tetap perlu dibilas setelahnya untuk menyingkirkan sisa riasan yang benar-benar belum terangkat.

6. Air panas atau air dingin
Sebagian dari anda mungkin mempercayai tentang perawatan kulit di masa lalu, yakni membersihkan wajah menggunakan air panas untuk membuka pori-pori dan air dingin untuk menutupnya. Suhu air terbaik saat membersihkan wajah adalah dengan menggunakan air hangat. Jika anda menggunakan air yang terlalu panas dapat mengeringkan kulit. Sedangkan air yang terlalu dingin dapat merusak pembuluh kapiler pada wajah.

6 komentar

Terima kasih tipsnya Miss Ipah..
Kalau tersalah memilih pembersih...kulit saya akan menjadi terlalu kering juga. Makanya harus berhati hati ya..

sama-sama mba fidah semoga bermanfaat :)
betul mba salah memilih pembersih akan mengakibatkan kulit jadi kering dan rentan berjerawat.

oke paling banyak 2x seminggu ya untuk pembersihan pengelupasan kulit

wah ternyata keseringan mencuci wajah itu juga tidak baik untuk kulit toh mbak

iya betul mas.. terimakasih kunjungannya :)

betul mas, terlalu sering membersihkan kulit wajah akan menyebabkan kulit menjadi kering. jadi cukuplah membersihkan kulit wajah dengan 2x sehari mas ...


Emoticon Emoticon