Selasa, 23 Juni 2015

Ingin Tetap Olahraga Saat Puasa? Perhatikan Tips Ini

Ingin Tetap Olahraga Saat Puasa? Perhatikan Tips Ini

Amankah berolahraga saat puasa? Pertanyaan itu sering kali menimbulkan perdebatan di kalangan pecinta fitnes dan olahraga. Beraktivitas fisik dalam keadaan perut kosong mungkin menjadi tantangan karena tidak adanya cadangan energi. Namun bukan berarti olahraga saat berpuasa tidak bisa dilakukan. Justru ada beberapa keuntungan ekstra yang akan didapat dengan berolahraga kala puasa.

[Baca juga : Suplemen Kesuburan Pria]

Salah satunya mengoptimalkan kinerja hormon. perut yang kosong memicu perubahan hormon didalam tubuh yang bisa membantu pembentukan otot dan pembakaran lemak lebih cepat. Olahraga ketika puasa juga meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes. Selain itu, olahraga ketika berpuasa juga meningkatkan hormon pertumbuhan yang penting dalam pembentukan jaringan otot, membakar lemak, meningkatkan kepadatan tulang dan harapan hidup lebih lama. Jika diimbangi juga dengan tidur yang cukup, olahraga ketika berpuasa bisa sangat efektif dan menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda ingin fitnes atau olahraga saat berpuasa. Apa saja?

1. Kurangi intensitas

Seorang pakar fitnes menyarankan untuk melakukan olahraga seperti biasanya secara teratur. Hanya saja perlu dikurangi intensitas dan durasinya. Intinya berolahraga sesuai kemampuan apabila anda sudah merasakan lemas dan sulit bernapas, segera berhenti.

2. Perhatikan waktu

[Baca juga : Suplemen Untuk Menurunkan Berat Badan]

Berolahraga seminggu tiga kali bagi anda yang tubuhnya sehat atau tidak menderita penyakit tertentu. Disarankan untuk berolahraga dimalam hari setelah berbuka, namun jika tubuh bermasalah terdapat pada dua pilihan melakukan latihan beberapa jam sebelum berbuka atau setelah berbuka puasa.

3. Pola makan

Makanan juga harus dijaga untuk memberikan energi dalam tubuh. Sebaiknya dari buka hingga sahur anda mengonsumsi makanan yang sehat, seperti nasi merah, roti, oatmeal, serta sayur-sayuran. Hindari makanan berlemak tinggi agar tidak cepat lapar atau justru membuat tubuh lesu setelah makan.

4. Pentingnya olahraga saat puasa

Selain penjelasan yang sudah diuraikan di atas, olahraga ternyata memang penting dilakukan saat berpuasa. Henry mengatakan bahwa olahraga perlu untuk menjaga kondisi tubuh dan berat badan agar tidak 'melambung' ketika bulan puasa dan setelah lebaran.

16 komentar

Paling enak sebelum berbuka ya. Kalau tidak lemes duluan. hihihihi

wah, biar puasa, tapi olahraga tetap diperlukan ya, tapi..haduuh, kadang gak kuat euy..hehehe

iya bener mba sambil ngebuburit :)

betul mba biar daya tahan tubuhnya kuat hehe ...iya sih mba saya juga kadang engga kuat kalo main sepeda lemes nyah ituloooooh hehehe

saya kalau olahraga sebelum buka puasa. yah sekitar jam 5 gitu. biar pas selesai olahraga langsung buka puasa :)

sama dong mas saya juga suka olahraga sore sambil ngebuburit hehehe

Tidak berani berolah raga kerana takut keletihan..
Boleh di coba tips ini ya....thanks Miss Ipah

Perkongsian yang bermanfaat...

kalau sudah biasa juga engga bakal terasa letihnya mba :)
iya silahkan di coba mba .. sama-sama semoga bermanfaat ...

terimakasih atas kunjungannya mba :)

wah tipsnya mesti saya terapkan nih mbak,soalnya saya belum pernah berolahraga pada puasa kali ini

Kalau saya suka olahraga senam jari buat nulis artikel mbak ipah..hehe.. Makasih info sehatnya :)

hehehe iya sama dong mas saya juga begitu :D jari nya saja yang bergerak badannya engga hehehe sama-sama mas ...

Makasih infonya, jadi semangat buat ntar puasa,,,,


Emoticon Emoticon