Jumat, 19 Juni 2015

Cara Keramas yang Benar Agar Kulit Kepala Sehat

Cara Keramas yang Benar Agar Kulit Kepala Sehat

Merawat rambut dan kulit kepala dengan shampo, kondisioner, serta masker sudah menjadi rutinitas di keseharian. Tentu anda sudah tidak asing dengan cara pengaplikasiannya. Meski dilakukan hampir setiap hari, ternyata masih banyak orang yang kurang tepat dalam memakai produk-produk perawatan rambut. Alhasil kulit kepala mereka jadi indah.

Berikut adalah teknik menggunakan shampo, kondisioner, serta masker yang disarankan :

[Baca juga : Cara Membuat Rambut Lebat dan Berkilau]

1. Shampo
Shampo merupakan produk perawatan rambut paling dasar. Namun tidak semua orang tahu cara  pengaplikasiannya yang benar. Banyak wanita yang terlalu banyak memakai shampo saat keramas, cara tersebut bisa mendapatkan masalah terutama untuk orang yang kulit kepalanya sensitif. Menurutnya, shampo sebaiknya tidak diaplikasikan lebih dari 15 ml. Jangan langsung ditimpa, Pertama aplikasikan dikulit kepala lalu pijat dengan ujung jari jangan pakai kuku. Setelah itu baru di pijat. Pada saat itu kutikula rambut akan terbuka sehingga nutrisi bisa masuk ke batang rambut.

2. Kondisioner
Ketika sudah mengaplisikan shampo, banyak wanita melupakan kondisioner. Ternyata hal itu kurang tepat. Justru kondisioner dibutuhkan agar rambut nutrisi. Kondisioner sebaiknya didalam didiamkan selama kurang lebih tiga menit sebelum dibales dengan air. Jika anda ingin menggunakan masker rambut, sebaiknya pakai kondisioner setelahnya, bukan sebelum. Fungsinya nutrisi yang telah masuk ke batang rambut terkunci.

[Baca juga : Atasi Rambut Rontok dengan Vitamin B]

3. Proses pengeringan
Meluruskan atau mengeritingkan rambut menggunakan alat catok sudah menjadi aktivitas yang lazim diterapkan wanita zaman sekarang. Bahkan ada yang melakukannya hampir setiap hari. Apakah ada salah satunya? jika demikian anda mengaplikasikan produk perawatan yang berfungsi untuk melindungi batang rambut dari alat panas sebelum menatanya.

4. Masker
Dengan alasan kesibukan dan kemacetan, banyak wanita yang melakukan perawatan rambut mingguan di rumah. Biasanya mereka mengaplikasikan masker agar rambut lebih sehat dan indah. Dan itu pun wanita tidak menerapkan masker terlalu sering maksimal dua kali seminggu. Cara aplikasinya adalah dengan parting. Rambut dibelah menjadi beberapa bagian kemudian dipakaikan masker. Tidak perlu semuanya, tinggal ratakan dengan tangan. Masker ini yang akan menutrisi rambut.  Setelah nutrisi masuk, tunggu lima menit sampai tujuh menit sudah cukup. Kalau ada waktu bisa juga dilanjutkan 10 sampai 15 menit.

7 komentar

wah saya gak pernah merhatikan masalah ginian mba hehe pokoknya asal keramas :D

terlalu banyak shampo juga itu tidak baik ya mbak ?

Saya kalau keramas dipijit kepalnya biar fresh!

iya mas mulai sekarang perhatikan masalah ini biar keramasnya baik juga rambutnya sehat dan kulit kepalanya juga sehat..

betul mas kan sudah ada takarannya :) kalo terlalu banyak shampo rambut pun gampang rusak mas hary ...

iya mas harus dong di pijit kepalanya :)


Emoticon Emoticon