Senin, 15 Juni 2015

5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Gigi Cepat Rusak

5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Gigi Cepat Rusak

Kebiasaan sering dilakukan tanpa disadari. Tidak pernah sakit gigi atau ngilu saat makan makanan manis atau dingin bukan berarti menunjukkan kesehatan mulut yang tanpa masalah. Adat kebiasaan-kebiasaan tertentu mungkin tanpa sadar anda lakukan dan dapat merusak kesehatan mulut, seperti enamel gigi menipis, gigi menguning, gusi menghitam dan lain-lain.
Malas gosok gigi dan tidak pernah kontrol le dokter merupakan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan gigi. Tapi tak hanya itu saja, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat gigi rapuh bahkan keropos.

[Baca juga : Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos]

Nah, agar kesehatan mulut dan menghindari gigi sakit dan tetap terjaga, mulai sekarang hindarilah melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut :

1. Menyikat gigi dua arah
Orang terbiasa menyikat gigi dengan gerakan horizontal, yaitu menyamping ke arah kanan dan kiri. Cara ini ternyata bisa mengikis gigi karena gerakannya statis, sehingga hanya bagian itu saja yang disikat. Untuk menyikat gigi dengan gerakan memutar, dan perhatikan juga membersihkan di garis antara gigi dan gusi. Jangan hanya fokuskan penyikatan pada bagian depan saja tapi juga bagian belakang dan sela-sela gigi.

2. Kurang lama
Kebanyakan orang berpendapat, asalkan sudah menyikat gigi maka gigi sudah bersih dan bebas dari keropos atau gigi berlubang. Padahal sikat gigi perlu waktu yang cukup lama. Perlu setidaknya sikat gigi selama 15 menit agar bersih sempurna. Waktu 15 menit sudah termasuk flossing, menyikat dan berkumur.

Menggunakan sikat gigi dengan kepala kecil dan berbentuk bulat, karena membantu membersihkan gigi lebih detail. Sikatlah gigi satu per satu dengan gerakan memutar dan tekanan yang ringan. Akan lebih bijak jika sikat yang digunakan adalah sikat gigi elektrik. Jadi tidak perlu memberi tekanan terlalu keras saat menyikat. Karena kalau terlalu keras enamel gigi bisa menipis. Sikatlah sampai gigi terasa licin dan bersih. Kalau menyikatnya secara benar, gigi akan terasa bersih dan aroma mulut juga segar lebih lama bisa sampai 24 jam.

[Baca juga : Suplemen Untuk Pertumbuhan Tulang]

3. Menggunakan gigi sebagai "alat"
Banyak orang memilih menyobek bungkusan camilan dengan gigi taring ketimbang mencari gunting untuk membukanya. Bahkan yang lebih ekstrem lagi, membuka tutup botol dengan gigi. Kebiasaan itu sangat berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut. Gigi anda tidak diciptakan untuk melakukan aksi-aksi yang ekstrem.

4. Mengunyah es batu
Beberapa orang suka menggigit atau mengunyah es batu. Kebiasaan ini kelihatannya tidak berbahaya bagi gigi tapi sebenarnya gigi tidak punya ketahanan untuk menerima tekanan sekuat itu. Es batu yang sangat dingin bukanlah suhu yang ideal bagi bagian dalam mulut yang cenderung hangat. Ketika ditempa benda keras dengan suhu dingin yang ekstrem, tekanan seringan apa pun bisa membuat enamel mengalami keretakan kecil. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka retakan itu akan melebar dan menyebabkan gigi sensitif.

5. Minum minuman manis setiap hari
Minuman manis yang tinggi gula bisa menyebabkan penyebaran bakteri di dalam mulut, terlebih dahulu lagi jika anda malas menyikat gigi sebelum tidur. Jika tetap tidak bisa menghindari miminum air putih. Bisa juga dengan berkumur air putih setelahnya. Untuk mengurangi konsumsi makanan maupun minuman sedini mungkin.

19 komentar

kayaknya saya banyak minum es makanya giginya keropos

iya mba makanya mulai sekarang jangan sering minum es biar giginya sehat engga rusak :)

kerosakan gigi boleh dicegah dgn mengamalkan tips yg diberi..tq perkongsian info.

Bagaimana membuka tutup botol denga gigi ya??..

Sememangnya harus menjaga gigi dengan baik. Kalau sudah rosak, bukan saja sakit, kos ke doktor gigi juga mahal...

wah saya sendiri belum pernah menyikat gigi selama 15 menit nih mbak.
perlu dirubah kebiasaan ini nih agar gigiku awet

Ternyata dalam menyikat Gigi juga kalo caranya salah bisa merusak gigi ya teh. Nah itu saya jga sering memakai gigi untuk membuka botol minuman, abis kalo pake tangan susah buka nya... mulai sekarang harus dihindari yah. makasih Teh atas Tips nya :)

jangan sering-sering loh mbah Dinan.. perbanyak minum ari putih saja :)

kalau boleh menambahkan selain dari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi cepat rusak adalah rokok. rokok lebih cepat merusak gigi

iya mba betul rokok juga mengakibatkan gigi cepat rusak .. terimakasih tambahannya mba ana :)

iya mba sama-sama semoga bermanfaat ...

caranya dengan di gigit mba tutup botolnya :) memang banyak mba orang yang sering buka tutup botol menggunakan gigi tapi sekarang udah jarang kali ya soalnya saya belum liat lagi hehehe
betul banget mba harus dijaga .. kos ke doktor tuh mahal engga cukup 50rb ya mba hehehe

mulai sekarang cobalah mas menyikat gigi selama 15 menit demi kesehatan giginya :)

betul mas salah menyikat gigi akan menyebabkan gigi cepat rusak mas eka. loh mas eka suka buka tutup botol dengan gigi toh. pake tangan susah kan masih banyak alat lain mas yang bisa di gunakan untuk buka tutup botol nya :) sama-sama mas mudah-mudahan bermanfaat ya ...

gigiku rusak karena waktu kecil dulu, suka iseng...pasta giginya dibuang lalu sikat giginya dicuci, bapaaaak, udah sikat giginya..pinteeeer. Eeeeh rusak dech gigiku sekarang

hah..? kudu 15 menit gosok giginya say.? Waduh, kalau sosialita dan mantan miss universe kayak aku, sepertinya susah deh sampe 15 menit...hahahaha...

Paling aku cuma 2 menit gosok giginya..;(

jiahahaha itu balasannya mungkin mas/mba soalnya sudah ngebohongin papah nya :D jadi giginya rusak deh hihihihi

iya mba 15 menit kalo sempet hehe tapi ya gapapa mba kalo engga sempet sampai 15 menit ya 5 menit saja hehe

banyak makan permen tapi jarang gosok gigi

yaaaah tambah rusak dong mas kalo gitu mah :D


Emoticon Emoticon