Jumat, 22 Mei 2015

Makanan Serat Baik Untuk Pencernaan Lancar

Makanan Serat Baik Untuk Pencernaan Lancar

Serat merupakan salah satu bahan makanan yang perlu dimasukkan dalam menu makan anda. Selain melancarkan pencernaan, ternyata juga banyak manfaatnya untuk kesehatan, antara lain seperti menurunkan kolesterol, menurunkan lemak dan racun dalam tubuh serta mencegah kanker usus besar.

Anda pasti tahu bahwa sayur dan buah merupakan bahan makanan yang tinggi serat. Namun buah dan sayur seperti apa yang kaya serat? Ada beberapa makanan yang bisa dijadikan referensi makanan anda seperti berikut:

[Baca juga : Makanan dan Minuman Pemicu Gangguan Pencernaan]

1. Jagung 

Jagung bisa jadi sumber energi pengganti nasi yang juga banyak mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Jagung juga kaya vitamin dan antioksidan yang baik dalam mencegah radikal bebas dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Bahkan jagung juga sangat tepat dimasukkan dalam daftar makanan diet penurun berat badan.

2. Kedelai putih

Selain kaya akan serat, kedelai putih juga kaya protein, zat besi dan potassium yang akan memberikan manfaat dalam penurunan tekanan darah tinggi. Cukup makan tempe atau tahu dan berbagai masam olahan kedelai akan mampu memenuhi serat harian anda.

3. Kedelai hitam

Kedelai hitam jarang sekali dijual untuk langsung dikonsumsi. Kedelai hitam biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan kecap. Kacang kedelai hitam sendiri memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan saudaranya yaitu kedelai putih. Memiliki 15 gram serat dan protein per mangkuk. Selain kaya serat dan protein, kedelai hutam juga kaya flavonoid, semacam antioksidan kuat yang melindungi dari berbagai efek radikal bebas.

[Baca juga : Penyebab BAB Tidak Lancar]

4. Kacang merah

Kacang merah diketahui sangat sehat, apalagi jika anda sedang diet menurunkan berat badan. Bukan hanya kaya serat, namun juga bisa mengganti peran nasi, kaya protein dan zat besi. Anda bisa mengolahnya dengan cara dibuat sup, bubur atau campuran es buah segar.

5. Alpukat

Buah yang kaya asam folat ini juga memiliki lemak sehat yang menjaga jantung. Meski tampaknya memang lembut dimulut dan sebagai teman diet anda, ternyata alpukat juga memiliki kandungan serat yang sangat baik. Alpukat sangat baik menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

6. Beras merah

Meski memang beras putih kelihatan lebih bersih, namun beras merah lebih kaya nutrisi. Tampilan bersa merah dengan karbohidrat kompleks yang melancarkan pencernaan. Bukan hanya itu, karena seratnya yang tinggi, beras merah sangat cocok untuk anda yang sedang diet. Bahkan bisa menurunkan risiko terkena diabetes karena gula dalam beras merah lebih sedikit dari beras putih.

7. Edamame

Jika anda suka makanan jepang, mungkin anda akan menemui semacam kacang kedelai hijau yang besar rebus yang renyah bernama edamame. Kacang kedelai hijau ini memiliki banyak serat dan protein tinggi serta zat besi seperti saudara kedelai lainnya. Cukup direbus dan diamkan begitu saja, atau juga bisa di campur dalam sup.

[Baca juga : Pencernaan Bermasalah? Atasi dengan Olahraga Ini]

Itulah beberapa sumber serat yang bisa anda konsumsi setiap hari di rumah. Bukan hanya memenuhi kebutuhan serat saja, mengurangi makanan berlemak dan gorengan juga sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

4 komentar

kalah saya pribadi sih lebih suka buah kates

slain murah, rasanya enak

kalau saya pilih jagung ya mbak, enak soalnya :D

buah ketes itu seperti apa mas hehe baru dengar ? hehehe

hahaha iya mas jagung itu salah satu makanan kesukaan saya juga loh :D


Emoticon Emoticon