Jumat, 08 Mei 2015

Jika Kulit Sudah Lebih Cerah, Bisakah Kembali Gelap?


Mencerahkan kulit merupakan salah satu cara untuk membuat dirimu lebih menarik, karena kulit yang lebih cerah  benar-benar memberikan penampilan yang lebih baik dari sebelumnya. Ketika ada sekumpulan orang duduk di meja yang sama, maka perhatian masyarakat tertuju pada orang yang berkulit paling cerah. Itulah sebabnya mengapa produk pencerah kulit ada dimana-mana, dari mulai abal-abal sampai brand ternama. Namun apabila sudah berhasil mendapatkan kulit yang lebih cerah, akankah kulit menjadi gelap kembali?

Faktor Penyebab Kulit Gelap

Sebelumnya mari kita kenali terlebih dulu faktor apa saja yang membuat kulit menjadi gelap.

Genetik/Keturunan

Warna kulit seseorang ketika lahir tidak akan jauh berbeda dari warna kulit orang tuanya. Sekeras apa pun usahamu untuk mencerahkan kulit, kamu akan tetap memiliki warna kulit aslimu. Kecuali jika produk yang kamu gunakan mengandung bahan keras, kulitmu dipaksa menjadi seputih mungkin akan tetapi ini cara yang tidak baik karena bisa mendatangkan efek berbahaya di masa mendatang.

Sinar Matahari

Keluar rumah di siang hari terutama saat matahari bersinar terik dapat memicu penggelapan kulit. Jadi jika kamu sering melakukan aktifitas outdoor, besar kemungkinan itulah penyebab kulitmu menjadi gelap. Disarankan untuk menggunakan sunblock atau minimal lotion yang mengandung SPF untuk meminimalisir efek negatif sinar matahari, karena selain memicu penggelapan juga bisa menyebabkan kanker kulit.

Bagaimana Cara Mencerahkan Kulit?

Berdasarkan kedua faktor penyebab, setiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dengan perawatan dalam dan perawatan luar. Perawatan dalam yaitu dengan cara mengkonsumsi suplemen yang memberikan vitamin dan nutrisi agar kulit menjadi lebih cerah. Sedangkan perawatan luar yaitu dengan lotion whitening dan lulur untuk pengelupasan. Perawatan dalam dan perawatan luar adalah kedua hal yang sama-sama penting dalam mencerahkan kulit.

Bisakah Kulit Menjadi Gelap Kembali?

Jawabannya adalah ya, tapi bisa dicegah. Perawatan dalam seperti suplemen dapat membantu mencerahkan kulit, namun tetap harus dibarengi perawatan luar. Karena sebagus apa pun produk pencerah kulit yang kamu pakai, tidak akan berarti apa-apa jika perawatan dari luar terputus. Daripada kamu sibuk memikirkan apakah kulit bakal balik gelap lagi atau tidak, lebih baik kamu fokus melakukan perawatan baik dari dalam maupun dari luar untuk menjaga kulitmu tetap cerah bersinar setiap hari. Tidak ada kulit bagus yang bisa didapatkan tanpa usaha.

Apa pun produk pencerah kulit yang kamu gunakan, selalu pastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Jangan sampai tergoda produk abal-abal hanya karena testimoni palsu dan harga murah. Ada harga ada kualitas.

29 komentar

Saya bangga punya kulit agak gelap, biar gak disukai orang indonesia tapikan eksotis dimata bule

Kulit yang cerah memang banyak menjadi dambaan orang-orang ya mbak, khususnya wanita.

Heheee iya kalau keturunan sawo kusem ya gimana lagi ya, kulit aslinya itu :D

Warna kulit memang dipengaruhi gen dan pigmen yang terkandung dalam kulit. pigmen tersebut selalu aktif membuat kulit kembali ke warna asalnya. Tapi sinar UV menghambatnya. Kalo secara alami, menghindari sinar matahari udah bisa mengembalikan dan menjaga warna kulit tetap terang. masalahnya, agak susah kalo terus-terus dalam gedung. xD Mungkin suplemen dan lotion itu memang perlu sih.

Berarti harus konsisten ya kalau mau pakai produk pemutih

Kulit sawo matang jika dirawat akan lebih menarik, contohnya Anggun C Sasmi. Cantik tidak harus putih :)

Iya mbak, soalnya kulit cerah merona membuat wanita lebih cantik. :)

Yang penting perawatan aja mbak, kulit sawo matang bisa kok keliatan cerah. Gak harus putih :)

Betul sekali mas Haw. Itulah sebabnya produk sunblock dihadirkan, untuk melindungi kulit kita dari efek negatif sinar UV dah menghambat pigmentasi.

Iya mas, untuk produk perawatan kulit harus digunakan jangka panjang. Bukan masalah ketergantungan atau tidak karena sepanjang usia kulit akan terus membutuhkan perawatan :)

kulit saya sawo matang, kerjanya di lapangan, jadi deh makin gelap, tapi pake lotion yang khusus outdoor sih melindungi dari sinar matahari

Saya cowok pake sunblock juga, tapi bukan buat memutihkan, soalnya kulit berminyak.

matahari siang hari memang jahat, tapi manusia juga melemah tanpa matahari. jadi ya harus sempet-sempetin juga panas-panasan (pagi dan sore) X)

saya mau nambahin, untuk mencerahkan kulit itu bisa sering-sering minum air putih, sih. IMO.

saya herannya.. kulit mka saya putih dan cerah, tapi tangannya gelap banget.. kalao dibandingin kontras banget perbedaan warna kulitnya

Lotion yang mengandung SPF emang cukup membantu melindungi kulit kita dari penggelapan. Minimal gak gosong-gosong amat :)

Kulit berminyak bisa dibikin lebih cerah kok mas. Tapi kalo sudah puas dengan kondisi yang sekarang, udah bagus dilindungi sunblock :)

Betul mas sinar matahari di pagi hari mengandung banyak vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Tapi di siang hari, kandungan vitaminnya dikit malah memicu penggelapan.
Air putih benar dapat membantu mencerahkan kulit. Sudah pernah saya posting di http://www.elsawati.com/2015/03/manfaat-minum-air-putih-secara-rutin.html

Berarti yang harus dimaksimalkan perawatan tubuh, karena bagian wajahnya sudah cerah :)

Saya juga bangga punya kulit yang hampir dibilang hitam gelap, soalnya daya tahan tubuh ikut kuat, hehe

berarti orangbule itu karena gen ya padahal panas lagi terik mereka pede aja bejemur

nah ini masalah banyak wanita nih, walo dah di dalem rumah kok kulit tetep kusem yak huhu

ingin punya kulit cerah kudu usaha ya Mbak, dengan melakukan perawatan dalam dan luar, terus supaya nggak mau gelap lagi kudu juga rajin-rajin melakukan perawatan.... siiiippp Mbak... :)

kalo bule lebih suka kulit coklat yang eksotis mas soalnya yang putih udah terlalu mainstream :D

sinar UV bisa nembus kaca dan berpengaruh ke kulit, tapi efeknya gak seburuk keluar rumah

walau sudah cantik/ganteng dari turunan juga kalo ga dirawat malah gak keliatan mas :D

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Mungkin karena bagian wajah lebih sering terpapar matahari ketimbang kulit badan.

Kira kira kalau kulit putih karena faktor keturunan bisa jadi hitam nggak? Terus apakah proses pemutihan kulitnya harus menggunakan perawatan seperti yang anda sudah katakan tadi?

meskipun punya kulit putih sedari lahir kalau tidak dirawat pasti ujungnya akan jadi gelap. cara memutihkan kulit adalah dengan mengkonsumsi suplemen, memakai lotion pemutih dan sunblock


Emoticon Emoticon