Senin, 18 Mei 2015

Fakta Kesehatan Menarik Tentang Bayam

Fakta Kesehatan Menarik Tentang Bayam

Bayam merupakan tumbuhan yang biasa di tanam untuk di konsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini di kenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.Bayam telah lama diyakini sebagai syuran sehat dan kaya nutrisi, serta memiliki rasa yang bersahabat di lidah hampir setiap orang, bayam memang sudah cukup akrab sebagai makanan sehari-hari. Tapi apakah anda sudah tahu fakta kesehatan tentang sayuran ini?

Ketahuilah beberapa fakta menarik tentang bayam seperti berikut :

[Baca juga : Makanan dan Minuman Pemicu Gangguan Pencernaan]

1. Daun

Semakin lebar daunnya, maka semakin matang dan lebih banyak serabutnya yang menandakan kualitasnta lebih baik. Simpanlah bayam di tempat yang cukup sinar karena mengandung lebih banyak nutrisi daripada bayam yang ditempatkan di tempat gelap.

2. Dimasak

Proses pemesanan akan meningkatkan nutrisi dan manfaat bayam bagi tubuh. Satu setengah cagkir bayam yang dimasak akan memberikan anda nutrisi tiga kali lebih banyak dari satu cangkir bayam mentah. Sebab, tubuh tidak bisa sepenuhnya mencerna nutrisi yang ada pada bayam mentah untuk segera digunakan.

3. Jus Bayam

Sejumlah penelitian menunjukkan, membantunya jadi jus adalah cara paling sehat untuk mengonsumsi bayam. Blender bayam (yang sudah direbus sebentar) dengan sayuran lainnya atau buah-buahan agar rasanya lebih enak.

[Baca juga : Mengatasi Gangguan Pencernaan dengan VitaMag]

4. Oxalic Acid

Senyawa ini akan menghambat penyerapan kalsium dan zat besi jika dikonsumsi dengan cara yang kurang tepat. Oleh karena itu, kombinasikan konsumsi bayam dengan makanan yang kaya vitamin C. Misalnya jeruk atau tomat. Cara lain untuk mengurangi kandungan oxalic acid adalah dengan merebusnya selama dua menit.

5. Nutrisi dalam bayam bisa berkurang jika...

Ditaruh dalam kulkas atau dibekukan. Jika ingin mengadakan manfaat maksimalkan dari bayam, belilah di pasar tradisional dalam keadaan segar dan dikonsumsi hari itu juga.

6. Baik untuk penernaan

Selain baik untuk mata dan tulang, bayam juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Bayam membantu mengatasi konstipasi dan melindungi mucus (sejenis lendir yang melapis dibagian dalam lambung), yang mencegah anda dari sakit maag. Sayuran kesukaan popeye ini juga bisa membersihkan racun-racun dari usus besar.

[Baca juga : Manfaat Tersembunyi dan Rajin Mengonsumsi Sayuran]

7. Kulit sehat

Banyak yang belum tahu kalau bayam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Sayuran hijau ini kaya akan vitamin dan mineral yang membantu mengatasi kekeringan kulit dan membuat rona kulit lebih bercahaya. Konsumsi bayam secara teratur (tiga kali seminggu) bisa meningkatkan kualitas kesehatan kulit secara signifikan.

6 komentar

bayam itu saya suka mba.. selain manfaatnya banyak, juga mudah dan murah mendapatkannya ya

iya mba saya juga sangat suka bayam hehe dan juga biar kuat kaya popeye iya mba hihihihi

Ini sayuran kedua favorit saya setelah selada

kalau bayam, saya lebih suka kalau dijadiin sayur bening

tapi kalau dibuat jus belum pernah coba..

udah pasti lah mas kalo di buat sayur bening pasti enak hehe aku juga suka ..
di cobain saja mas jus nya :)

Dulu suka banget sama bayam mbak, tapi setelah Ibu aku jarang masak bayam sekarang jarang makan bayam.

Tapi kalo di jus kok kayaknya agak aneh ya.

iyalah mas kalo setiap hari makan bayam nanti bosen mas hehehe


Emoticon Emoticon