Sabtu, 23 Mei 2015

Alami Perut Kembung? Ini Cara Mengatasinya

Alami Perut Kembung? Ini Cara Mengatasinya

Perut kembung kerap kali membuat tidak nyaman dan menganggu aktivitas. Beberapa makanan yang kita konsumsi sehari-hari teryata dapat membuat perut terasa kembung, meskipun makanan tersebut tampak sudah cukup sehat. Penyebab dari perut kembung juga bermacam-macam. Misalnya, reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit.

Beberapa makanan bisa menyebabkan timbulnya gas berlebih adalah sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol, dan kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi, minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung sorbitol serta fruktosa.

[Baca juga : Penyebab Ulu Hati, Perut Kembung Dan Nyeri]

Makanan tersebut bisa menyebabkan gas berlebih karena tidak dipecah hingga makanan tersebut mencapai usus besar dan dicerna oleh bakteri. Proses ini menimbulkan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung.

Namun tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya seperti berikkut :

1. Mengonsumsi serat setiap hari

Sembelit sering membuat kita merasa kembung dan juga kekenyangan. Untuk mengurangi rasa kembung dan juga meningkatkan kesehatan usus, Konsumsilah makanan yang mengandung serat. Biji rami, wortel, jeruk, dan barley termasuk dalam makanan yang mengandung serat mudah larut. Sedangkan sayuran berdaun hijau gelap, bayam, kale, kacang-kacanagan serta biji-bijian termasuk dalam serat yang tidak mudah larut.

2. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet membuat anda menelan gelembung udara dalam jumlah yang lebih banyak sehingga menimbulkan perasaan kembung. Daripada mengunyah permen karet, ubah kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk pencernaan seperti youghurt.

[Baca juga : Manfaat Tersembunyi dan Rajin Mengonsumsi Sayuran]

3. Kurangi asupan garam dalam tubuh

Kurangi asupan makana yang mengandung kadar garam tinggi untuk mengurangi resiko perut kembung. Garam membuat sel-sel dalam tubuh menahan kandungan air yang dapat berkontribusi menyebabkan perut kembung. Ganti garam dalam program diet anda, dengan oregano ataupun lada hitam. Ini akan membantu mengurangi asupan natrium dan rasa kembung.

4. Minum air putih setiap hari

Minumlah satu hingga dua liter air perharinya untuk membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Air akan membantu mengeluarkan kotoran yang menyebabkan perut kembung yang berada dalam tubuh.

5. Porsi makan yang lebih kecil

Dibandingkan memakan tiga porsi besar makanan dalam satu hari, makanlah lima porsi kecil makanan setiap harinya. Dengan begitu tubuh mendapatkan waktu untuk mengekstraksi makanan dan memanfaatkan semua nutrisi yang terkandung pada makanan dengan lebih baik.

Makanan yang dapat meredakan kembung antara lain adalah daun peppermint, air lemon, nanas, pepaya, jus lidah buaya, seledri, gandum utuh, kacang-kacangan yang tidak menggunakan garam, dan yogurt.

Sedangkan makanan yang dapat membuat kembung antara lain:

- Sayuran Mentah
Meskipun mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.Sayuran mentah membuat rasa lembung pada pencernaan. Rebus terlebih dahulu sayuran agar menghilangkan efek perut kembung.

- Kubis Brussel, Brokoli, Kacang-Kacangan, Bawang dan Kubis
Makanan yang bernutrisi dan juga lezat ini adalah salah satu faktor penyebab utama perut kembung. Mereka mengembang dalam saluran pencernaan dan meningkatkan emosi. Hindari makanan ini jika anda merasa kembung.

- Alkohol
Senyawa Karbonat yang terkandung pada bir menyebabkan perut kembung dan juga teriritasi, terutama ketika zat asam yang berada pada tubuh menyebabkan pembengkakan.

- Kopi
Seperti alkohol, zat adiktif yang terdapat pada kopi juga membuat iritasi dan perut kembung. Kurangi mengkonsumsi kopi jika sedang mengalami perut kembung.


Emoticon Emoticon