Sabtu, 21 Februari 2015

Selain Menjaga Ginjal, Ini 3 Manfaat Lobak Putih Lainnya

Selain Menjaga Ginjal, Ini 3 Manfaat Lobak Putih Lainnya
Bagi anda yang suka makan sayur, anda pasti tidak asing dengan sayur berwarna putih bernama lobak. Meski mungkin tidak sepopuler sayur kangkung atau bayam, namun lobak juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak bisa diragukan.

Ada banyak manfaat lobak putih untuk tubuh, beberapa diantaranya adalah menjaga kesehatan ginjal dan sistem pembuangan urin, membantu menyembuhkan dari gigitan serangga, mengontrol tekanan darah dan melamcarkan pencernaan.

[Baca juga : Penyakit Berbahaya yang Menyerang Sistem Pencernaan]

1. Detoksifikasi

Lobak putih merupakan sayur umbi-umbian yang memiliki banyak air dan sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. Kandungan air dalam lobak membantu meluruhkan racun dan zat sisa didalam tubuh terutama didalam perut dan hati, Sekaligus juga membantu membuang racun di dalam pembuluh darah.

[Baca juga : Bisakah Ginjal Sehat dengan Mengonsumsi Sayuran?]

2. Mencegah batu ginjal dan infeksi kandungan kemih

Sayu yang memiliki tekstur crunchy atau renyah ini juga terkenal baik membantu membersihkan sistem pembuangan air seni. Sifat diuretik seperti ini akan mencegah timbulnya batu ginjal atau pengkristalan air di dalam saluran pembuangan, mencegah segala jenis infeksi dan mengeluarkan racun berlebih di aliran darah.

3. Menjaga tekanan darah

Lobak putih kaya akan potasium, sekaligus serat dan menjaga kadar kolesterol dalam darah. Hal ini sangat baik juga dalam menjaga tekanan darah agar tidak melonjak. Bahkan lobak mentah bisa dibuat ekstrak atau dioles begitu saja ke bagian kulit yang di gigit serangga karena memiliki sifat anti-radang yang membantu menghilangkan nyeri dan bengkak.

[Baca juga : Jaga Kadar Kolesterol agar Tetap Stabil]

Jadi, meskipun memang tidak populer, namun jangan ragu membeli jika menemukan lobak putih di pasar dan mengolahnya menjadi sup yang lezat.

8 komentar

byk juga khasiatnya ya Mba Ipah..!, termasuk menjaga tekanan darah jug
sepertinya cocok buat yg sering naik darah..ya he.he.he..

iya mas aldi cocok banget mas buat yang sering naik darah :)
buat mas aldi juga cocok ko :D

Kalau aku biasanya suka makan daunnya aja,,, ternyata buahnya juga mengandung banyak manfaat ya hehehehhee
Nanti kalau makan lobak bakalan di makan semuanya :D

ternyata daunnya bisa di makan iya baru tau saya hehe
iya mas irfan lobak putih memang banyak manfaatnya :) hihihi di sayur juga enak tuh lobak mas ..

wah ternyata buah lobak manfaatnya lumayan juga yah,saya baru tau..

iya mang kodik, kan sekarang udah di kasih tau hahaha

wah sayang , di kota saya jarang atau hampir tidak pernah melihatnya di pasar. saya jauh dari supermarket
ternyata banyak manfaatnya ya

ohh gitu iya mba .. kalo di kota saya ada mba di pasar hehe


Emoticon Emoticon