Jumat, 20 Februari 2015

Penyakit yang Disebabkan oleh Kurang Tidur

Penyakit yang Disebabkan oleh Kurang Tidur
Apakah Anda sering mengalami gangguan tidur atau insomnia? Hati-hati kurang tidur bisa meningkatkan risiko diabetes. Dan ini adalah penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur, diantaranya sebagai berikut.

1. Penyakit Kardiovaskuler

Orang yang kurang tidur dari 8 jam setiap malam, lebih berisiko terhadap penyakit jantung. Selain itu, wanita di bawah 60 tahun yang tidur kurang dari 5 jam, berisiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

2. Penyakit Diabetes

Penderita diabtets yang disebabkan oleh kurang tidur dapat mengembangkan produksi kadar glukosa sebesar 9% kadar insulin puasa (fasting insulin) sebesar 30% dan resistensi insulin meningkatkan hingga 43%. Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh, yang salah satu caranya dengan tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak langsung pada kontrol gula darah.

Baca juga: [Yoga Dapat Mengatasi Penyakit Kronis]

3. Kanker Payudara

Kurang lebih 24.000 wanita dengan rentan usia 40 sampai 79 tahun yang kurang tidur dari 6 jam dalam sehari, memiliki risiko 62% lebih tinggi terhadap kanker payudara, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam.

4. Masalah Urin

Dari data 4.145 pria dan wanita paruh baya yang memiliki masalah tidur. Hasil yang ditemukan, kurang tidur dalam jangka waktu 5 tahun (tidur kurang dari 5 jam semalam) akan meningkatkan 80 hingga 90% risiko pada wanita dan 34% pada pria untuk bangun di malam hari dan buang air kecil (nokturia). Bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

Baca juga: [Kenali Gejala Usus Buntu Pada Pria dan Wanita]

5. Kanker Usus Besar

Meraka yang kurang tidur dari 6 jam semalam memiliki risiko 47% lebih mungkin untuk mengalami polip kolorektal, yang dapat mengakibatkan kanker, dibanding mereka yang tidur minimal 7 jam semalam.

Source of wolipop.com

7 komentar

Jadi takut juga ya kalau bahaya yang disebabkan oleh kurang tidur sampai seperti itu, untung aja saya sebisa mungkin akan tidur jam 10, entah ngantuk atau tidak :)

bahaya sekali memang kalau penyakit kurang tidur.

Bagus, dan usahakan istirahat secukupunya aja

Kabarnya kolesterol juga ya mbak bisa disebabkan karena kurang tidur, apalgi begadang :D

Iya bisa, dan usahakanlah istirahat secukupnya mas agar terhindar dari penyakit-penyakit :)

Harus banyak2 tidur nih. Ada waktu dikit, usahakan langsung tidur


Emoticon Emoticon