Kamis, 26 Februari 2015

Manfaat yang Didapat dari Bersepeda

Manfaat yang Didapat dari Bersepeda
Apakah anda suka bersepeda? Bersepeda mampu membakar kalori sebanyak 300 sampai 700 kalori setiap jam. Jadi, akan berguna untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, bersepeda dapat meningkatkan volume paru-paru sampai 50% sehingga oksigen yang dapat ditampung lebih banyak.

Untuk penderita obesitas, bersepeda merupakan olahraga yang dianjurkan karena bersepeda relatif aman dibandingkan kebanyakan olahraga yang mengharuskan berlari atau melompat. Benturan akibat berlari atau melompat dapat menyebabkan cedera kaki, pinggang, punggung bagi mereka yang obesitas karena berat badan yang berlebih membuat benturan semakin keras.

Bersepeda juga baik untuk mereka yang memiliki sakit jantung.
Salah satu alasan bersepeda menjadi olahraga yang menarik adalah karena bersepeda dapat menjadi salah satu cara relaksasi. Menikmati pemandangan secara santai dan merasakah hembusan angin dapat menjadi salah satu sarana rekreasi yang menyegarkan. Jadi Anda dapat sehat secara fisik plus menyegarkan pikiran.

Bersepeda tidak hanya bisa membuat berat badan ideal saja. Ada beberapa manfaat baik yang di dapat oleh tubuh dengan cara bersepeda. Apa saja?  Bersepeda dengan sepeda statis atau sepeda biasa merupakan salah satu latihan kardio yang baik. Namun, seperti yang dikutip dari ezinearticle, ada beberapa manfaat bersepeda lain yang bisa anda dapatkan berikut ini :

[Baca juga : Menjaga Jantung Tetap Sehat Rajinlah Konsumsi Sayuran Hijau!]

1. Jantung sehat

Denga bersepeda detak jantung akan meningkat dan nafas menjadi berat, tetapi bukan berarti kebiasaan nafas. Hal ini justru meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Latihan kardio seperti ini diperkirakan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 22%.

2. Mengurangi obesitas

Bersepeda juga bisa dinilai sebagai kegiatan aerobik yang dapat bantu membakar  kalori hingga 300 kalori tiap 30 menit. Olahraga ini terbukti sangat efektif dalam program penurunan badan, jika anda terus bersepeda minimal lima kali dalam seminggu.

3. Meningkatkan mood

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bersepeda terbukti efektif dalam mengurangi stres dan depresi. Selain itu, kegiatan ini juga bisa bantu tingkatkan rasa percaya diri dan buat anda lebih menghargai diri sendiri. Anda bisa mengalihkan perhatian dari hal-hal yang mengkhawatirkan dan mencurahkan waktu untuk diri sendiri.

[Baca juga : Wow, Cara Ini Dapat Membantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi]

4. Meningkatkan kekuatan

Selain membakar lemak, bersepeda juga bisa meningkatkan stamina dan memperkuat otot-otot sehingga dapat menjaga keseimbangan dan stabilisasi. Hal ini membuat anda lebih kebal terhadap luka saat jatuh dan mengurangi risiko patah tulang pinggul di usia lanjut.

5. Meningkatkan kebugaran

 Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat orang sehat tanpa perlu modal dan usaha yang berat. Bersepeda sangat efektif untuk meningkatkan kebugaran seseorang. Hal ini membantu anda mendapatkan kaki yang kuat dan terhindar dari cidera tulang.

22 komentar

Makasih banyak gan infonya :)

Nama : Sharing Info Kuliah
Url : http://sharing-infokuliah.blogspot.com/

iya sama-sama semoga bermanfaat iya mas :)
terimakasih kunjungannya ..

bersepeda juga baik untuk diet dan mengecilkan paha Gan

emang asik sih bersepeda... sehat seruuuu

Saya hampir setiap hari bersepeda di sore hari, tapi sekarang jarang karna pasti sore hari turun hujan dan efectnya badan jadi kurang berstamina..

Sue suka berspeda, dulu masa kecil waktu petang mesti berspeda depan rumah. sejak berkahwin memang tak berspeda sebab kawasan rumah yang kurang sesuai..

bagus info ni :)

iya mas terimakasih tambahannya :)
terimakasih juga kunjungannya..

betul banget tuh apalagi bersepeda rame-rame bakal tambah seru deh hehe

bener mba dian sekarang sore nya lagi musim hujan :)

hehe iya mba sudah menikah memang susah untuk main bersepeda apalagi kalo udah punya anak hehe

ngas nges ngos yang saya dapat.apalagi bersepeda ke gunung..

sdh jarang lagi olahraga inih.. bersepeda memang enak.. seperti terbang Mba..:)

hahaha biar pun ngas nges ngos yang di dapat tapi ujung nya sehat kan mang kodik :) keliling kampung ajah jangan jauh-jauh ke gunung ..

tiap kali berangkat ke wifi corner pasti saya naik sepeda :)

Udah lama ndak goes, jd kagok lagi nyepedah :)

kalo ke gunung pemandangan nya enak.udaranya jga seger peh.itu bedanya..

Belakangan ini aku jarang naik sepeda nih. Sepedanya uda rusak, sebagian juga uda di jual. Hehe..

begitu ya mas .. lebih sehat naik sepeda iya mas :)

benar mba yang lama engga bersepesah pasti kaku :)

hehehe beli lagi yang baru mas rianda biar bisa bersepeda lagi :p

udah lama ga aktif lagi bersepda... sekarang jadi pengen nyoba lagi nih... hehe..


Emoticon Emoticon