Kamis, 19 Februari 2015

Manfaat Tersembunyi dari Rajin Mengonsumsi Sayuran

Manfaat Tersembunyi dari Rajin Mengonsumsi Sayuran
Mengonsumsi banyak sayur dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Pola makan kaya sayur serta buah bisa melindungi tubuh dari risiko kanker, penyakit jantung dan gangguan pada usus serta sistem pencernaan lainnya. Lebih dari itu, masih banyak khasiat tersembunyi dari konsumsi sayur sedikitnya 7-8 porsi setiap hari. Berikut inilah manfaat tersembunyi dan rajin mengonsumsi sayuran seperti dibawah :

[Baca juga : Penyebab Sakit Ulu Hati, Perut Kembung Dan Nyeri]

1. Mencegah Perut Kembung

Beberapa jenis sayuran memang bisa meningkatkan produksi gas di dalam perut yang menyebabkan kembung. Tapi itu hanya sebagian kecil. Sebagian besar sayur justru memberikan efek sebaliknya. Sayuran kaya akan serat yang bisa menyingkirkan 'sampah' sisa pencernaan serta bakteri jahat dari sistem pencernaan seperti usus dan lambung, sehingga dapat mencegah sembelit.

Sayur juga bisa membantu Anda terlihat lebih rampng dengan menangkal kembung dan pembengkakan yang disebabkan oleh konsumsi garam berlebihan, dari makan biskuit, junk food atau makanan instan. Sayuran mengandung banyak potassium dan air yang bisa membantu menyingkirkan kelebihan garam, sekaligus menyeimbangkan cairan dan elektrolit di dalam tubuh.

[Baca juga : Tips Menjaga Lambung Tidak Mudah Kambuh]

Untuk mengatasi rasa kembung pada perut, disarankan mengonsumsi ketimun, jeruk, selada hijau, selada merah dan tomat. Sebaiknya makan sayuran dalam keadaan mentah segar karena sayuran yang sudah mengalami proses pemanasan akan mematikan enzim dan mengurangi serat yang penting dalam proses mencerna makanan.

2. Membuat Wajah Tampak Cerah dan Muda

Ingin awet muda? Maka banyak-banyaklah makan sayur. Sayuran bisa mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dan membuat kulit tampak muda serta kenyal. Di dalam sayuran segar terdapat phytonutrient, vitamin C dan tinggi kandungan airnya. Sebagian besar sayuran memiliki 85 persen hingga 95 persen air, yang bisa membantu melembabkan kulit sekaligus mengurangi kerutan. Sementara itu phytonutrient berkhasiat mencegah penuaan dini dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat stres, paparan sinar matahari, polusi dan radikal bebas. Sementara vitamin C mendukung pembentukan kolagen alami pada tubuh.

Konsumsilah makanan berwarna oranye atau merah yang kaya akan beta-karoten. Jenis antioksidan ini bisa membuat wajah tampak glowy dengan semburat rona merah pada kulit. Selain itu juga menambah pertahanan kulit dari sinar UV yang merusak. Likopen yang juga terkandung dalam sayuran merah seperti tomat pun sudah terbukti bisa menjadi tabir surya alami bagi kulit. Selain tomat, sayuran yang berkhasiat membuat kulit awet muda adalah ketimun, paprika, brokoli, kentang dan ubi manis.

3. Mengurangi Stres

Stres bisa membuat Anda terasa lelah dan mood menjadi tidak stabil. Stres juga berpotensi memengaruhi otak untuk lebih memilih junk food ketimbang makanan sehat. Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan mengasup magnesium dan vitamin C. Dua nutrisi ini banyak terkandung dalam sayuran. Selain itu sayuran juga memiliki nutrisi pereda stres lainnya seperti asam lemak omega-3, vitamin B dan potassium yang bisa melawan kelelahan serta depresi.

[Baca juga : Tanda-Tanda Anda Banyak Konsumsi Kafein]

Potassium dan magnesium yang terdapat dalam sayuran juga bisa membuat Anda lebih relaks dengan menjaga tekanan darah tetap stabil. Untuk meredakan stres, Anda bisa makan hampir semua jenis sayuran. Mulai dari sayuran berdaun hijau, kentang, paprika, bayam, bok choy, edamame, jamur dan tomat.

4. Melindungi Tulang

Selama ini susu dan produk susu olahan yang dianggap paling baik untuk menjaga kekuatan tulang. Tidak salah memang, karena susu tinggi akan kalsium dan vitamin D. Tapi tidak hanya susu, beberapa jenis sayuran juga memiliki nutrisi yang sama, yang bisa membentuk tulang seperti vitamin K, magnesium, potassium dan serat prebiotik.

Tomat telah lama diketahui bisa membantu memperkuat tulang. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang jarang makan tomat, risiko mengalami osteoporosis di kala tua lebih tinggi. Selain tomat, sayuran lainnya adalah tanaman berdaun hijau pekat, bayam (masak sebentar agar kandungan kalsiumnya bertambah), brokoli, kacang polong, jamur, asparagus, kale, bawang putih dan daun bawang.

17 komentar

Suka makan sayur, kalau tidak makan sayur nanti sembelit..susah nak ke tandas.

Setiap hari masak mesti kena ada sayur.

yang jelas di balik sayuran adalah membuat diri kita sehat, baik itu sehat dalam berpikir maupun dalam berbuat. karena sayuran ternyata mengandung banyak hal untuk kehidupan kita.

sayuran memang banyak manfaatnya ya mbak :D

mengonsumsi sayuran memang sangat banyak sekali manfaatnya ya mbak,, bahkan juga bisa mencegah datangnya beberapa penyakit yang sampai bisa mematikan,, dan harganya serta untuk mendapatkannya juga sangat mudah sekali... terima kasih mbak...

iya mba tidak makan sayur pencernaan pun tidak baik bisa jadi susah BAB..
betul mba ..terimakasih kunjungannya :)

iya mba defa juga baik untuk kesehatan :)

iya mas wicky jadi mulai sekarang perbanyak lah makan sayuran biah tubuh kita tetap sehat juga tidak gampang terkena penyakit. sama-sama mas ..

Makanan bergizi dari sayuran memang banyak manfaatnya bagi tubuh dan juga kesehatan ya mba. Apalagi saya, kalau tidak makan sayur sepertinya ada yang kurang dalam tubuh ini. Seperti popaye..... he,, he, he,,

Bener nih! Membuat wajah tampak cerah dan muda. :D

iya betul mas..
hihi iya popaye juga kalo engga makan bayam tubuh nya akan mengecil iya mas :D

iya mas silahkan aja coba :) mengonsumsi sayur tiap hari..

memang sayuran ini banyak manfaat nya ya peh..

Suka makan sayur, tapi kalau sayur yg pahit. Kurang suka juga

iya makan yang sukanya saja mas :)

kalau saya senang makan sayuran pas jadi salad.... tapi makannya jarang2 :D


Emoticon Emoticon