Jumat, 27 Februari 2015

Kesehatan Fisik dan Mental Dapat Dijaga oleh Mood

Kesehatan Fisik dan Mental Dapat Dijaga oleh Mood
Sumber gambar duniafitnes.com

Kondisi emosional bisa memengaruhi kesehatan fisik secara keseluruhan. Mood yang negatif seperti kesa, marah atau sedih bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga Anda jadi lebih mudah sakit. Sebaliknya, mood positif akan berdampak pada tubuh yang lebih sehat dan Anda pun jadi lebih optimis menghadapi tantangan hidup ke depannya. Mulai dari sekarang, jagalah mood Anda untuk kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa.

Baca juga: [Tips Agar Memulai Hidup Sehat]

1. Latihan Fisik secara Rutin

Olahraga, fitnes dan latihan fisik lainnya punya banyak keuntungan bagi tubuh. Selain membuat tubuh lebih bugar, sehat dan ideal, latihan juga membuat jam tidur Anda lebih teratur sehingga mood bisa positif seharian di keesokan paginya. Olahraga dan fitnes juga membantu Anda mengurangi rasa cemas.

2. Meditasi atau Yoga

Tenangkan pikiran dan tubuh dengan keluar sejenak dari perkotaan, sibuknya pekerjaan atau masalah yang membuat Anda penat. Cobalah meditasi di tempat yang sepi dengan udara yang masih sejuk. Bisa juga dilakukan di rumah Anda sendiri. Kunci kamar, setel musik  bertempo pelan, pasang minyak aromaterapi dan jangan pikirkan apapun selain relax.

3. Tertawa Lebih Sering (Bukan Orang Gila)

Tertawa bisa meningkatkan sistem imun tubuh, membuat awet muda, membakar kalori dan tentu saja membuat mood Anda lebih bahagia. Perbanyaklah menghabiskan waktu dengan teman-teman semasa sekolah atau kuliah dulu. Bisa juga mengajak keluarga atau teman menonton acara komedi agar hidup Anda terhibur tapi jangan tertawa berlebihan atau tertawa dikala tidak ada orang nanti dikira orang gila lagi.

Baca juga: [Badan Sehat dengan 6 Jenis Minuman]

4. Pelihara Hewan

Hewan peliharaan bisa menjadi teman Anda untuk melepas stres dan meningkatkan mood. Bercanda atau lari dengan kucing atau anjing, menggendong kucing atau bahkan sekedar memandangi aquarium yang ada ikan warna-warni bisa membuat Anda lebih bahagia. Pilih warna hewan atau hewan yang Anda suka dan jadikan hewan itu untuk menjadi teman curhat atau sekedar menemani saat waktu senggang di rumah.

5. Makan Sehat

Pancake dengan lelehan butter dan sirup, es krim sundae dan kue coklat lainnya memang 'comfort food' yang sangat kita sukai. Tapi sayang, makanan tersebut tidak menyukai tubuh kita yang artinya berdampak buruk bagi kesehatan jangka panjang jika terlalu sering di konsumsi. Selain itu efek menyenangkannya sebentar, yaitu hanya saat memakannya. Agar hidup bahagia lebih lama, perbanyaklah makanan sehat. Hindari gula dan tepung terigu yang bisa menaikkan kadar gula dalam darah dan membuat mood stabil. Jadikan makanan tersebut sebagai pilihan rekreasional. Seperti sayuran, buah-buahan dan karbohidrat kompleks lebih sehat untuk Anda.

Semoga bermanfaat :)

10 komentar

kalo utk peliharaan saya sudah beli burung dari mitoha.hee
bisa meningkatkan mood jga yah..hmm

kalo tertawa..di pasar.. bisa membantu kesehatan fisik jg kan Mab Ai..?,..

wah,, ada dari burung jg ya Mas..

Bisa, silahkan saja tertawa sebelum tertawa itu dilarang hahaha

Melihara hewan lebih mengasyikkan. Mood akan naik. Aku pelihara ikan hias..

asal jangan ikan paus aja mas rianda.heee

latihan fisik secara rutin itu yang sekarang ini kurang saya lakukan mbak, maklumlah dengan aktivitas yang sedikit padat akhir-akhir ini, tapi memang kudu diperhatikan ya mbak untuk kesehatan :D

Kalau kesehatan fisik dan mental itu sama satu lagi mba, jalan-jalan. Bisa naik sepeda dan juga bisa jalan kaki. Apalagi piknik ke tempat yang indah-indah, pasti tambah awet muda dan senang terus. he,, he, he,,,

moodku hari ini agak kesal dan pengen marah-marah. harus memperbanyak olah raga biar emosi terlampiaskan.


Emoticon Emoticon