Senin, 16 Februari 2015

Jaga Kadar Kolesterol agar Tetap Stabil

Jaga Kadar Kolesterol agar Tetap Stabil
Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroid ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus.

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk menghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolesterol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolesterol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca juga: [Makanan Alami Penurun Kolesterol]

Untuk menjaga kolesterol agar tetap stabil perlu mengkonsumsi melakukan hal-hal seperti di bawah ini :

1. Berhenti Merokok

Bagi sebagian laki-laki yang sudah menjadi pecandu rokok, ada baiknya mulai dari sekarang untuk menghindari merokok dan berhenti merokok. Merokok itu sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda, dan akan ada akibatnya apabila merokok berlebihan. Dan berhenti merokok juga dapat mengurangi tingkat kolesterol.

Baca juga: [Gejala Fisik Penanda Tingginya Kolesterol]

2. Rajin Berolahraga

Olahraga adalah hal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda tentunya. Kalau dilakukannya secara rutin akan membuat badan Anda semakin sehat dan fresh. Berolahraga adalah pengobatan terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol . Dan jangan lupa menjaga asupan makan Anda. Untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil bisa menghindari makanan berlemak, daging yang mengandung lemak, kuning telur, gorengan dan produk susu yang mengandung banyak lemak. Maka dengan cara ini dapat dipastikan kadar kolesterol Anda akan tetap stabil.

4. Hindari Minuman Beralkohol

Terlalu sering mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung alkohol membuat perut Anda tidak nyaman tentunya. Untuk itu jika Anda ingin tetap sehat pada masa sekarang dan menjelang lanjut usia hindari minuman beralkohol dan atur pola makan yang sehat.

Baca juga: [Cara Mencegah Kolesterol Tinggi]

5. Turunkan Berat Badan

Apabila Anda termasuk orang yang penderita obesitas, usahakan untuk mengikuti program diet. Agar kadar kolesterol Anda terjaga, apabila terlalu banyak menyimpan kolesterol dalam tubuh akan memicu penyakit. Jangan sampai tubuh Anda diserang oleh berbagai penyakit yang akan merugikan tubuh Anda.

Demikian ulasan tentang kolesterol kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya. Dan jagalah terus kesehatan Anda dari berbagai sumber penyakit yang akan mencoba menyerang Anda. Usahakan untuk mengatur pola hidup sehat dan atur juga kadar kolesterol Anda agar tetap stabil. Maka dengan Anda hidup sehat, tentunya akan baik juga untuk diri Anda sendiri. Salam sehat :)

7 komentar

trimakasih infonya, web ini memang bagus dalam artikel kesehatan nya..

Dari kelima poin diatas, sudah saya lakukan dan ada beberapa poin yang memang saya hindari..

semoga kadar kolestrerol tetap stabil ya mas :) jangan lupa mampir ya mas :)

kolesteorl memang sangat berbahaya, bermanfaat artikelnya mba

Saya disini wanita bukan mas-mas :)

Makanya aku kasih tips agar kadar kolesterolnya tetap dijaga, alhamdulillah makasih :)

Oo, wanita toh.. kalo gitu mas-masnya diganti mbak-mgak aja ya :)


Emoticon Emoticon