Sabtu, 07 Februari 2015

Cara Meningkatkan Tekanan Darah Menjadi Normal

Cara Meningkatkan Tekanan Darah Menjadi Normal
Meningkatkan tekanan darah akan di perlukan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Hal ini karena tekanan darah rendah akan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, dan akan mengakibatkan kerusakan pada organ-organ vital pada tubuh. Oleh karena itu meningkatkan tekanan darah ke tingkat normal menjadi satu keharusan.

Tekanan darah rendah atau sering di sebut dengan hipotensi disebabkan ketika ada aliran darah tidak memandai ke organ-organ tubuh terutama pada jantung dan otak darah bertindak untuk memasok tubuh dengan oksigen dan nutrisi penting lainnya. Jika tekanan aliran darah menurun, maka akan menyebabkan banyak dampak buruk yang parah, yaitu adanya kerusakan pada organ-organ vital tubuh. Tekanan darah rendah akan menyebabkan gejala mual, pusing, dan pingsan. Meskipun kondisi ini biasanya tidak dianggap berbahaya, namun semisal terdapat penurunan secara mendadak dan menyebabkan pingsan atau pusing, hal ini selanjutnya juga akan mengakibatkan komplikasi tertentu seperti gagal jantung. Hal ini terutama dapat terjadi pada orang tua.

Tanda-tanda pertama dari tekanan darah rendah adalah gejala pusing dan mual yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran. Dalam situasi ini diperlukan langkah-langkah untuk meningkatkan tekanan darah ke arah normal segera.

Berikut di bawah ini adalah cara-cara untuk meningkatkan tekanan darah ke arah normal :

1. Minum air putih atau minuman berenergi
Minuman energi memiliki beberapa nutrisi dan mineral yang terkandung didalamnya, yang mampu mengisi nutrisi telah hilang dan meningkatkan tekanan darah menjadi normal.

2. Cemilan yang mengandung kandungan garam yang tinggi
Garam di ketahui dapat meningkatkan volume darah dan karena itu, hal ini dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat.

[Baca juga : Atasi Darah Tinggi dengan Spirulina]

3. Berbaring untuk waktu yang lama atau duduk dalam satu posisi
Untuk Waktu yang lama dapat membuat tingkat tekanan darah menjadi lebih rendah. Bergerak di sekitar area akan meningkatkan sirkulasi darah dengan demikian meningkatkan tekanan darah.

4. Jahe, gingseng, ginkgo biloba, vitamin B, dan vitamin E dianggap sebagai cara yang cepat dalam meningkatkan tekanan darah.

Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Jika seseorang mempunyai resiko untuk terserang tekanan darah rendah, maka harus ada langkah tertentu yang harus di lakukan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membawa perubahan pada tekanan darah menjadi normal :

- Meningkatkan konsumsi air setidaknya 12 gelas air setiap hari. Hal ini akan membantu membersihkan racun dalam tubuh dan meningkatkan kualitas aliran darah, sehingga dapat meningkatkan tingkat tekanan darah menjadi normal.

- Kenaikan natrium dalam pola makan akan membantu meningkatkan tekanan darah menjadi normal. Namun sebelum meningkatkan kadar garam dalam makanan sangatlah penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan bahwa hal ini tidak akan menyebabkan masalah kesehatan.

[Baca juga : Ciri-Ciri Gejala Awal Sakit Hipertensi]

- Cobalah untuk memeriksa apakah terdapat obat-obatan yang memiliki kecenderungan untuk menurunkan tekanan darah.

- Olahraga menjadi salah satu cara dalam meningkatkan tekanan darah menjadi normal dengan baik. Sertakan berbagai aktivitas dalam olahraga seperti jogging, berenang, bersepeda dan banyak lagi.

- Beberapa makanan dapat membantu untuk meningkatkan tekanan darah diastolik dengan cepat dan bertindak sebagai pengobatan yang efektif untuk mengatasi tekanan darah rendah.

- Hindari mandi dengan air yang sangat panas karena ini dapat mengencerkan darah sehingga tekanan darah menjadi turun.

7 komentar

ini gk berlku buat yg darah tinggi ,,,,hehhe

makasih infonya :)
salam blogwalking

berlaku lah mas kalo yang darah tinggi kan mau ke darah yang normal bisa dengan cara di atas juga ..

sama-sama mas ..
salam blogwalking kembali :)

Makanan yg mengandung garam tinggi, itu contohnya apa yg kak? Tanya nih.. Hehe

yaaaaah ko minum air garam sih mang kodik :) engga usah lah kan caranya ada di atas kalo untuk menaikkan tekanan darah tinggi ke normal ..


Emoticon Emoticon