Kamis, 05 Februari 2015

Cara Membakar Kalori dengan Mudah dan Menyenangkan

Cara Membakar Kalori dengan Mudah dan Menyenangkan
Makanan memang bisa menambah kalori dan orang membakarnya dengan berolahraga. Kalori berlebih seringkali membuat anda berfikir ekstra untuk menyingkirkannya. Waktu untuk membakar kalori pada setiap orang berbeda-beda, Tergantung seberapa besar kelebihan lemak tubuh anda. Semakin tebal kalori tertimbun, semakin anda membutuhkan waktu untuk membakarnya. Membakar kalori yang mudah kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Pembakaran kalori bahkan bisa menjadi proses yang menyenangkan seperti jalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam.

Inilah beberapa cara membakar kalori yang mudah kita lakukan seperti berikut :

[Baca juga : Mengenal Diet yang Salah]

1. Lebih banyak bergerak

Gerakan dapat membakar kalori sekitar lebih dari 1/3 kalori perhari. Ambillah beberapa waktu luang untuk melakukan gerakan-gerakan ringan. Hal ini dapat memberikan perbedaan yang cukup dramatis pada seberapa banyak anda bisa membakar kalori dalam satu hari.

Akumulasi dari gerakan-gerakan ringan yang anda lakukan akan membakar kalori lebih banyak dalam sehari. Caranya berusahalah untuk melakukan aktivitas yang membuat gerakan ringan sepanjang hari.

2. Makan Sedikt tapi sering

Bukti menunjukkan bahwa makan makanan ringan setiap 2-4 jam akan menjaga metabolisme tubuh dalam membakar kalori lebih cepat dan lebih besar. Semakin sering anda makan, semakin besar kalori yang dilepaskan, karena metabolisme tubuh anda terus-menerus bekerja untuk mencerna dan menyerap makanan. Dan pekerjaa tubuh itu membutuhkan energi.

[Baca juga : Kebiasaan yang Membuat Tubuh Anda Gemuk]

3. Konsumsi lemak sehat

Mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat dan minyak yang mengandung lemak sehat (seperti minyak zaitun, minyak hempseed, minyak flexseed) dapat membantu anda membakar kalori cepat. Tapi, pastikan juga jumlah asupan lemak yang anda butuhkan agar tubuh anda mendapatkan takaran yang pas dalam proses diet anda.

4. Minum air dingin

Bukti menunjukkan bahwa tubuh anda membakar kalori lebih banyak saat anda mengonsumsi air dingin dibandingkan dengan saat anda meminum minuman panas. Dan karena jaringan tubuh anda secara keseluruhan dapat terhidrasi dengan baik, sehingga dapat membantu proses metabolisme tubuh untuk membakar kalori lebih cepat.

5. Latihan beban

Latihan angkat beban dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar kalori lebih cepat. Hal ini membuat mengaktifkan sistem jaringan otot, sehingga proses pembakaran kalori tetap berlangsung bahkan saat anda sedang istirahat sekalipun.

[Baca juga : 5 Hal yang Dapat Menaikkan Berat Badan]

6. Mengonsumsi rempah-rempah

Mengonsumsi rempah-rempah dalam keadaan masih panas juga dapat mempercepat pembakaran kalori di tubuh anda. Cukup gunakan setengah sendok teh kayu manis per hari untuk meningkatkan metabolisme dan menjaga kadar gula darah. Jika anda bukan penggemar kayu manis untuk campurkan kopi anda. Anda juga bisa memilih jenis rempah-rempah lain seperti cabe merah, lada merah yang dihancurkan atau wasabi untuk ditambahkan ke dalam menu makanan anda.

7. Konsumsi lebih banyak protein

Protein yang lebih kompleks membutuhkan penguraian kimiawi oleh tubuh anda dapat dicerna dan digunakan sebagai bahan bakar. asupan protein juga membutuhkan waktu lebih lama dalam mencernanya. Protein juga berguna untuk menstabilkan kadar gula darah untuk waktu yang cukup lama, sehingga anda dapat bertahan dari rasa lapar. Berikan porsi asupan protein ke dalam makanan anda, untuk membuat diri anda tetap merasa kenyang sehingga anda tidak perlu menambahkan banyak kalori dari asupan makanan yang lain.

6 komentar

makan sedikit tapi sering, itu yang sudah saya terapkan

wah jarang2 nih saya baca info tentang kesehatan. nice share..

visit back..

iya mba pertahan kan saja makan sedikit tapi sering nya hehe agar berat badannya engga bertambah juga kalorinya pun terbakar :)

iya mas aul ..
terimakasih kunjungannya :)


Emoticon Emoticon