Sabtu, 31 Januari 2015

Usus Tetap Sehat Perlu Konsumsi Makanan Sehat

Usus Tetap Sehat Perlu Konsumsi Makanan Sehat

Sistem pencernaan sangat menetukan kondisi kesehatan seseorang. Sistem pencernaan yang baik akan membantu kinerja seluruh fungsi organ tubuh serta membantu mempermudah pengeluaran racun-racun dari makanan maupun minuman yang di konsumsi melalui urin atau feses.

Baca juga: [Propendix sahabat untuk ususmu]

Pleh karena itu sangat penting untuk memelihara kesehatan pencernaan Anda, terutama usus. Usus 12 jari dan halus dan usus besar merupakan penjaga gerbang bagi tubuh. Usus menyaring senyawa-senyawa baik dan menyingkirkan yang tidak baik bagi tubuh.

Selain itu usus juga rumah bagi 70 hingga 89% sel-sel imun tubuh. Usus yang sehat akan membuat organ tubuh berjalan sesuai fungsinya tapi ketika terganggu, perut akan terasa tidak nyaman mulai dari kembung, nyeri atau sembelit.

Baca juga: [5 Langkah Sehat Atasi Radang Usus]

Di dalam usus terdapat sekitar 100 triliun bakteri dan organisme, yang dibedakan antara bakteri baik dan jahat. Bakteri dan senyawa yang di saring atau dikeluarkan usus bisa menimbulkan dampak negatif maupun positif pada kesehatan seseorang. Untuk memiliki usus yang sehat, Anda harus menghindari makanan yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri jahat.

Menjaga kesehatan usus bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Di bawah ini ada beberapa tips bagaimana memilih makanan sehat untuk melancarkan fungsi usus agar bekerja dengan baik dalam mencerna makanan.

1. Pilih Makanan Mengandung Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang umumnya terdapat pada makanan fermentasi dan suplemen. Bakteri ini bisa menambahkan jumlah bakteri baik lainnya di dalam usus. Salah satu jenis probiotik adalah bifidobacteria dan biasanya paling banyak terkandung dalam yoghurt. Bakteri ini melepaskan senyawa kimia yang akan menciptakan habitat asam, yang tidak bisa ditembus bakteri jahat.

2. Makan Banyak Prebiotik

Jika probiotik adalah bakterinya, maka prebiotik merupakan makanan bagi bakteri baik. Apa saja makanan yang tepat untuk bakteri baik? Perbanyaklah karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, nasi merah, juga sayur-sayuran seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang dan asparagus. Memperbanyak konsumsi prebiotik telah terbukti secara ilmiah bisa mengurangi berbagai gangguan pada usus, mengurangi reaksi alergi seperti kemerahan pada kulit juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap tikus, makanan berlemak tinggi bisa merusak dinding usus sehingga memudahkan senyawa kimia berbahaya dan bakteri jahat untuk masuk ke dalam pembuluh darah. Ketika bakteri jahat memasuki pembuluh darah, bisa berpotensi menimbulkan peradangan pada jaringan di sekitarnya.

Sumber : wolipop.com

5 komentar

Yang agak susah ngurangin makan2an berlemak.. tapi harus dicoba!

:3 untuk makanan berlemak kayaknya digaris besar banget..secara aku suka hiks

Makanan berlemak memang menjadi kegemaran kita di Nusantara, dan untuk
mengurangi pengambilannya harus punya semangat yang teguh.Soalnya yang berlemak
itu memang enak. Salam ziarah kembali ya Elsawati. Moga kamu sukces terus.

Kalau ga di coba tidak akan ada hasilnya hehe

Kalau mau sehat sebisa mungkin harus menghindarinya agar tetap sehat, terimakasih mbak :)


Emoticon Emoticon