Jumat, 02 Januari 2015

Sumber Karbohidrat untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Sumber Karbohidrat untuk Bantu Turunkan Berat Badan
banyak orang yang menghindari konsumsi karbohidrat karena penyebab kegemukan. Tapi karbohidrat sebenarnya merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Karbohidrat diperlukan sebagai penyedia energi agar tubuh bisa beraktivitas dengan normal. Kekurangan karbohidrat bisa menyebabkan tubuh lemas, tak bertenaga dan metabolisme terganggu.

Jangan takut gemuk karena banyak makan karbohidrat, asalkan yang anda konsumsi adalah karbohidrat sehat. Konsumsi karbohidrat yang mengandung sedikitnya 2-3 gram serat per 100 kalori. Tidak harus nasi, ini dia sumber karbohidrat sehat bantu anda turun kan berat badan.

[Baca juga :Perut buncit? Perlu Melakukan Kebiasaan Baik]

1. Kacang polong hijau

setengah cangkir kacang polong mengandung 67 kalori dan bisa memenuhi 12% dari kebutuhan asupan zinc yang direkomendasikan perharinya. Mineral zinc bermanfaat mengurangi rasa lapar dengan meningkatkan produksi leptin, hormon yang mengingatkan otak ketika perut sudah terasa penuh.

2. gandum pasta

rajin mengonsumsi gandum utuh bisa menurunkan index masa tubuh dan mengurangi lemak perut. Diet kaya gandum utuh akan membuat lingkar pinggang lebih kecil. Meskipun terbilang sehat dan ramah bagi berat badan, tetap batasi konsumsinya tak lebih dari 100-2 kalori per hari (sekitar 1/2 sampai 1 cangkir pasta yang sudah dimasak.

[Baca juga :Tingkatkan Olahraga Dan Bakar Lemak Lebih Banyak]

3. Roti gandum

Roti gandum utuh hanya mengandung 80 hingga 90 kalori per lembarnya. Makanan untuk sarapan ini juga memiliki 2 gram serat dan rendah gula. Hanya sekitar 1 gram gula dalam satu lembar roti. Tapi pastikan roti yang anda beli benar-benar terbuat dari gandum utuh, minimal 80%. Roti dengan bijirin gandum hanya 50% ke bawah, umumnya sudah banyak campuran tepung terigu, gula dan minim serat.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai hitam, kacang merah, kacang hijau atau lentil mengandung banyak serat, protein serta zat besi disamping karbohidrat. Diet yang makan kacang-kacangan risikonya lebih kecil 22 persen mengalami obesitas. Saat akan mengolahnya jadi makanan, pastikan merendamnya di air bersih semalaman untuk mengurangi kandungan sodiumnya yang tinggi.

5. Popcorn

Ketimbang keripik kentang atau singkong, popcorn merupakan pilihan camilan yang lebih sehat. Bila diolah tanpa tambahan butter dan hanya sedikit garam. Popcorn tidak hanya memuaskan hasrat ngemil tapi juga mengurangi rasa lapar sementara waktu. Untuk memenuhi hasrat ngemil, cukup kunyah tidak lebih dari 4 cangkir popcorn di sela-sela jam makan.

[Baca juga :Turunkan Berat Badan dan Sarapan dengan Berprotein Tinggi]

6. Oatmeal

Dalam 1/2 cangkir oatmeal mengandung 153 kalori, 27 gram karbohidrat dan 4 gram serat. Setengah dari serat yang ada pada oatmeal adalah jenis serat larut yang berubah jadi zat berbentuk seperti gel yang membuat perut terasa kenyang dalam waktu lama. Dengan menambah asupan serat larut ke dalam diet harian bisa membantu kurangi timbunan lemak perut yang diketahui berbahaya bagi organ-organ vital di sekitarnya. Lemak perut sering disebut-sebut jadi penyebab gangguan metabolisme, penyakit jantung dan diabetes.

6 komentar

Selama ini ada anggapan KARBO justru akan menambah berat badan. Syukurlah ada artikel ini sehingga menambah wawasan dan pencerahan kita terhadap zat Karbo

Waduh mbak, orang lagi pengen gendut.. Ijin baca aja yaa, sukses terus buat mbak Ipah..

iya mas asep hehe
terimakasih kunjungannya :)

hmm gitu iya mas ..
iya mas silahkan ..amiiin terimakasih

yang pasti untuk mendapatkan tubuh ideal juga perlu olahraga..

iyah mang kodik udah pasti harus di bantu dengan olahraga ..


Emoticon Emoticon