Selasa, 06 Januari 2015

Makanan yang Harus Dikonsumsi Agar Usus Tetap Sehat

Makanan yang Harus Dikonsumsi Agar Usus Tetap Sehat
Sistem pencernaan sangat menentukan kondisi seseorang. Sistem pencernaan yang akan membantu kinerja seluruh fungsi organ tubuh serta membantu mempermudah pengeluaran racun-racun dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi melalui urin.

Oleh karena itu sangat penting untuk memelihara kesehatan pencernaan anda, terutama usus. Usus 12 jari, usus halus dan usus besar merupakan penjaga gerbang bagi tubuh. Usus menyaring senyawa-senyawa baik dan menyingkirkan yang tidak baik bagi tubuh. Usus yang sehat akan membantu organ tubuh berjalan sesuai fungsinya tapi ketika terganggu, perut akan terasa tidak nyaman mulai dari kembung, nyeri atau sembelit.

[Baca juga :Kenali Gejala Usus Buntu Pada Pria dan Wanita]

Di dalam usus terdapat sekitar 100 triliun bakteri dan organisme, yang di bedakan antara bakteri baik dan jahat. Bakteri dan senyawa yang di saring /di keluarkan usus bisa menimbulkan dampak negatif maupun positif pada kesehatan seseorang. Untuk memiliki usus yang sehat anda,menghindari makanan yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri jahat.

Menjaga kesehatan usus bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Inilah tips bagai mana memilih makanan sehat untuk melancarkan fungsi usus agar bekerja dengan baik dalam mencerna makanan.

[Baca juga :Ciri Gejala Awal Penyakit Usus Buntu]

1. Pilih makanan mengandung probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang umumnya terdapat pada makanan fermentasi. Bakteri ini bisa menambah jumlah bakteri baik lainnya di dalam yoghurt. Bakteri ini melepaskan senyawa kimia yang akan menciptakan habitat asam, yang tidak bisa di tembus bakteri jahat. Selain itu ada juga Lactobacillus yang tidak hanya menjaga kesehatan usus tapi juga meningkatkan mood positif.

2. Makan banyak prebiotik

Jika probiotik adalah bakterinya, maka prebiotik merupakan makanan bagi bakteri baik. Apa saja makanan yang tepat untuk bakteri baik? Perbanyaklah karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, nasi merah, juga sayur-sayuran seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang dan asparagus. Memperbanyak konsumsi prebiotik telah terbukti secara alami bisa mengurangi berbagai gangguan paga usus, mengurangi reaksi alergi seperti kemerahan pada kulit juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

[Baca juga :Propendix]

3. Hindari makanan berlemak tinggi

Makanan berlemak tinggi bisa merusak dinding usus sehingga memudahkan senyawa kimia berbahaya dan bakteri jahat untuk masuk ke dalam pembuluh darah. Ketika bakteri jahat memasuki pembuluh darah, bisa berpotensi menimbulkan peradangan pada jaringan di sekitarnya. Beberapa jenis lemak bisa meningkatkan populasi bakteri jahat. Maka dari itu batasi asupan lemak anda dan konsumsi jenis lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan sedikit lemak jenuh.

1 komentar so far

kalo sering makan tempe gimana mbak?


Emoticon Emoticon