Senin, 12 Januari 2015

Makanan dan Minuman Pemicu Gangguan Pencernaan

Makanan dan Minuman Pemicu Gangguan Pencernaan
Mengonsumsi makanan yang tepat untuk pencernaan anda bekerja dengan baik dan tidak mengalami gangguan. Makanan yang baik untuk pencernaan itu seperti gandum utuh, youghurt, dan berbagai jenis buah dan sayuran hijau lainnya.

Lalu, bagaimana jika anda salah memilih makanan untuk dikonsumsi? Tentunya, efek buruk pada sistem pencernaan akan anda alami. Perut bisa mengalami sembelit dan sulit buang air besar. Mengalami gangguan pencernaan seperti itu tentunya sangat mengganggu aktivitas anda.

Jika tak ingin mengalami hal tersebut, maka anda perlu mengetahui berbagai jenis makanan dan minuman yang berdampak buruk bagi sistem pencernaan.

[Baca juga :Pencernaan Bermasalah? Atasi dengan Olahraga Ini]

Inilah makanan dan minuman yang berdampak buruk pada pencernaan seperti berikut :

1. Makanan mengandung lemak jenuh

Makanan yang banyak mengandung lemak bisa membuat anda mulas dan diarekarena kandungan lemak dalam makanan tidak bisa diserap baik oleh usus. Makanan yang tinggi lemak juga bisa menyebabkan warna tinja menjadi pucat yaitu, berlebihnya lemak di pases. Jika tak ingin pencernaan anda bermasalah, maka hindarilah berbagai jenis makanan yang di goreng dan mengandung minyak yang berlebihan.

2. Makanan pedas

Makanan pedas bisa berdampak buruk bagi pencernaan karena bisa memicu gejala refluks asam bagi sebagian orang. Untuk itu hindari makanan yang mengandung cabai berlebihan agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan baik.


3. Kafein

Kafein memiliki efek yang sama dengan makanan pedas yaitu memicu refluks asam karena bisa melemaskan katup pada kerongkongan, Walaupun mengonsumsi kopi baik untuk kesehatan dan bisa membuat anda merasa bahagia, namun terlalu banyak mengonsumsinya juga bisa menyebabkan sembelit.

4. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol mungkin bisa membuat tubuh rileks. Namun sayangnya, esofagus bisa ikutan rileks. Akibatnya perut anda akan terasa panas atau heartburn. Heartburn terjadi ketika asam lambung bergolak naik ke esofagus atau kerongkongan. Selain itu,  terlalu banyak meminum minuman beralkohol juga bisa menyebabkan diare dan kram pada perut.

5. Produk susu

Produk susu memang sumber kalsium yang mudah dicerna tubuh. Tapi, bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa bisa menjadi sakit setelah menikmati produk susu. Gejalanya, seperti perut kembung, sering buang air besar, kajang perut, dan diare.


Itulah berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa berdampak buruk untuk pencernaan. Sebenernya, makanan dan minuman itu boleh saja anda konsumsi asalkan tidak berlebihan. Jika terlalu berlebihan mengonsumsinya maka sistem pencernaan anda akan bermasalah.

14 komentar

kafein dan makanan pedas memang pemicu sembelit ya mba.. tapi kalau alkohol aku ga tau belum pernah nyoba sih..

iya mba santika .. hmm masalah alkohol juga saya belum pernah nyobain mba :)

hahaha itu minuman kesukaan cowo kaliii :v

saya baru tau mbak yang tentang susu itu ,,
numpang nyimak ya mbak

kalo pedas ia, kalo kafein baru tau

hmm sekarang jadi tau iya mas tentang kafein hehe

bukan rujak mba elsa tapi itu makanan berlemak yang menyebabkan gangguan pencernaan :)

nah kalau kopi itu saya memang jagonya mbak...saya sdar kalau kopi bisa aja berakibat buruk pada pencernaan dan lainnya...namun susah juga kalau gak ditemani kopi dalam berkegiatan sehari-hari...tapi Alhamdulillah udah bisa dikurangi setelah ngemut permen...semoga aja bisa mengurangi rokok, bahkan bisa berhentui merokok....#boros

iya mas kopi itu sahabat nya laki-laki :), alhamdulilah deh kalo begitu ..
hmm amin semoga aja mas dinan bisa mengurangi rokok juga sampai berhenti merokok ..hehe


Emoticon Emoticon