Kamis, 08 Januari 2015

Makanan Alami Penurun Kolesterol

Makanan Alami Penurun Kolesterol
Kolesterol tinggi bukan akhir dari segala-galanya. Anda tak tau apa yang harus di lakukan untuk mengurangi kolesterol tanpa obat-obatan bisa mencoba dengan beberapa makanan tertentu. Tingkat LDL atau kolesterol buruk yang tinggi menjadi faktor risiko penyakit jantung. Pabila anda tidak ingin terkena serangan jantung atau stroke, anda perlu menurunkan kolesterol. Selain itu, anda juga harus meningkatkan HDL kolesterol baik.

Makanan alami ini bisa dimasukkan dalam diet harian anda untuk mengurangi kolesterol seperti berikut:

[Baca juga :Gejala Fisik Penanda Tingginya Kadar Kolesterol]

1. Fenugreek seed (biji Fenugreek)

Fenugreek seed merupakan biji-bijian yang kaya akan steroid saponin yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol di tubuh yang masuk melalui makanan kaya lemak yang kita konsumsi. Selain itu, saponin berperan dalam mengurangi produksi kolesterol di tubuh. Bersama dengan serat pada biji Fenugreek membentuk methi yang menjadi senjata berharga dalam memerangi kolesterol tinggi atau trigliserida.

2. Flaxseed (biji rami)

Biji rami merupakan sumber kaya asam lemak omega 3 yang melindungi kesehatan jantung. Sama halnya dengan Fenugreek, biji ini mengandung banyak serat dan mengikat kolesterol, mencegah penyerapan. Konsumsi flaxseed secara teratur bisa mencegah arteri dari pengerasan akibat pengendapan kolesterol ini juga mengurangi risiko penyakit arteri koroner dan hipertensi. Biji rami juga memiliki efek meningkatkan konsentrasi apolipoprotein A1 yang membentuk kolesterol HDL.

[Baca juga :Kolesterol Tinggi Atasi dengan Makanan Sehat]

3. Bawang putih

Bawang putih digunakan untuk menambah cita rasa dan ternyata banyak nilai obatnya. Bawang putih mengurangi kolesterol LDL, mencegah kenaikan tekanan darah dan juga menghindari pengendapan plak di dinding arteri, mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke. Bawang putih mengandung senyawa belerang yang bertindak sebagai antioksidan dan juga membantu perluasan pembuluh darah, menjaga tekanan darah pada tingkat normal.

4. Bawang merah

Bawang mengandung quercetin yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat, ini bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada jaringan manusia. Menghubungkan quercetin pada bawang dengan peningkatan kadar kolesterol HDL serta rendahnya tingkat kolesterol LDL.

[Baca juga :Spirulina Multi Manfaat]

5. Kacang-kacangan (almond, pistachio, hazelnut, dan kenari)

Kacang-kacangan ini kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang membantu menjaga arteri tetap sehat. Namun, mengonsumsinya dalam bentuk mentah tanpa menambahkan garam, gula atau anda akan menambah kandungan kalori.

6. Ikan

Beberapa jenis ikan tertentu gudangnya asam lemak omega 3 yang mengurangi kolesterol LDL dan melindungi jantung. Salmon, makarel, sarden, halibut, dan trout laut menjadi sumber asam lemak yang membantu meningkatkan kolesterol HDL.

7. Oat

Oat ini sumber kaya serat dan senyawa yang disebut beta glucan. ini bersama-sama bertindak mewujudkan pengurangan kadar kolesterol LDL. Kacang juga mengandung banyak serat dan bisa membantu mengurangi tingkat penyerapan kolesterol dari makanan.

16 komentar

ternyata bawang merah bagus untuk menurunkan kolestrol jga ya mbak ? trimss infonya

makasih banyak mbak share nya sangat bermanfaat sekali....

Enggak enak-enak mbak makanannya, apalagi ada ikan. Jadi trauma dehh

kalau flaxseed itu belinya di mana ya?
soalnya saya belum pernah lihat

Yang nomer 1 sama nomer 2 itu terasa asing yaa ..
Atau saya aja yang kudet hahaha

iya mas hary ..sama sama semoga bermanfaat ..

hmm kenapa dengan ikannya mas imron engga suka iya? padahal ikan kan enk apalagi kalo di bakar hehe

biji rami itu susah di dapat mas hehe engga tau ada di mana mungkin di kebun-kebun kali mas hihihi

iya memang asing biji-bijian yang no 1 dan 2 .. juga susah di dapat hehe

ternyata bawang itu juga penurun kolesterol. baru tau nih.
kalau begitu, bagus saja untuk saya yang suka makan bawang.. :D

iya mba ..
terimakasih kunjungannya ..

boleh saja dimakan asal ada batasannya

kalau saya suka yang nomor 7 mbak..hehe.paling ga suka bawang putih.

iya mas ..
terimakasih kunjungannya :)

iya mba ..
hehe sama saya juga engga suka bawang putih :)


Emoticon Emoticon