Jumat, 05 Desember 2014

Keputihan Membuat Tidak Nyaman

Keputihan Membuat Tidak Nyaman
Keputihan adalah keluarnya cairan dari vagina yang berlebihan. Keputihan ini dapat merupakan sesuatu yang fisiologis atau normal dan dapat pula merupakan gejala dari suatu penyakit. Keduanya dapat di bedakan dari bentuk klinisnya, misalnya keputihan yang merupakan penyakit biasanya keputihannya berwarna putih seperti susu, kekuningan ataupun kehijauan, seringkali terasa gatal dan berbau tidak enak ataupun berbau amis, kadang dapat disertai ruam kemerahan di sekitar alat kelamin.

Keputihan penyakit ini dapat disebabkan oleh adanya bakteri, parasit ataupun jamur dan harus segera diatasi agar tidak membahayakan. Penyebab lain adalah alergi, misalnya terhadap bahan dari pakaian dalam ataupun pembalut/pantyline. Untuk mengatasinya biasanya dilihat dari bentuk klinisnya dan bila diperlukan dilakukan pemeriksaan cairan vagina untuk menentukan penyebab keputihannya dan diberikan obat yang sesuai dengan penyebab keputihan tersebut. Keputihan jenis lainnya adalah keputihan yang sifatnya normal atau fisiologis.

Keputihan ini terjadi karena proses normal tubuh dan biasanya terjadi pada hampir setiap perempuan, misalnya saat menjelang menstruasi dan setelah menstruasi, saat terjadi perangsangan seksual dan seringkali keluar saat tubuh dalam kondisi tidak bugar atau kelelahan. Biasanya berwarna bening, tidak berbau dan tidak menyebabkan rasa gatal. Keputihan yang normal ini tidak perlu diatasi karena akan berhenti dengan sendirinya saat penyebabnya tidak ada lagi.

Apa yang anda alami yaitu keluarnya lendir yang cukup banyak saat melakukan hubungan seksual merupakan sesuatu yang alami dan normal sekali serta dialami oleh hampir seluruh perempuan. Lendir tersebut merupakan cairan lubrikasi yang diperlukan agar vagina tidak mengalami lecet/luka saat terjadi pergesekan dengan penis. Jika produksi cairan lubrikasi anda memang berlebihan dan membuat anda merasa tidak nyaman, maka sebelum terjadinya penetrasi penis anda dapat mencoba menguranginya dengan menggunakan tissue yang lembut.

Baca juga :[Sehat Wanita Untuk Keputihan]

Inilah 8 cara sederhana atasi keputihan seperti berikut :

1. Menghindari penggunaan cairan pembersih miss V. Cairan ini dapat mengubah tingkat keasaman normal miss V sehingga meningkatkan risiko infeksi serta menimbulkan peradangan.

2. Menghindari penggunaan pakaian atau celana ketat karena dapat menghalangi aliran udara, sebaiknya gunakan pakaian dari bahan katun.

3. Membilas miss V dari arah depan ke belakang untuk menghindari masuknya kuman anus.

4. Biasakan untuk mengeringkan bagian luar miss V dengan menggunakan tisu atau lap handuk bersih setelah buang air kecil atau besar.

5. Menghindari penggunaan pantyliners beraroma atau secara terus-menerus setiap hari, karena dapat menyebabkan iritasi.

6. Mengurangi konsumsi gula dan alkohol, karena dapat membantu
perkembangan dari jamur Candida.

7. Mengonsumsi bawang putih, karena diyakini memiliki kandungan anti jamur alami.

8. Mengonsumsi susu atau yogurt karena mengandung bakteri acidophilus yang membantu menjaga bakteri tetap seimbang.

14 komentar

wih mantap cara membasminya ya..makasih nih udah dikasih tipsnya :)

naudzubillah.. gak mau kena keputihan :(
intinya sih kalo menurut saya, kudu perhatiin makanan yang kita maem sama harus kudu sering2 ganti underwear. heehhee

kunjungan perdana mbak,,, ijin nyimak,,,
follback sukses mbak

bener banget ya mbak keputihan memang sesuatu banget bagi cwek :)

iya sama-sama mba dewix's semoha bermanfaat :)

sama-sama ..
terimakasih kunjungannya ..

iya mba emang keputihan itu bikin engga nyaman banget ..bener mba makanan nya pun harus di perhatiin ...

iya mba eka kaya syahrini sesuatu :D

Nyimak dulu mbak, karena saya bukan wanita, hehe :D


Emoticon Emoticon