Sabtu, 06 Desember 2014

Ciri Gejala Awal Penyakit Usus Buntu

Ciri Gejala Awal Penyakit Usus Buntu
Penyakit usus buntu merupakan salah satu penyakit yang apabila dibiarkan akan semakin parah, penderita akan merasakan sakit dan juga gejala-gejala lainnya apabila penyakit usus buntu menyerang. Apa sebenarnya usus buntu itu? Usus buntu merupakan penyakit peradangan pada usus buntu yang disebabkan oleh benda yang keras didalam tinja atau berbagai macam infeksi yang terjadi sehingga menyebabkan cabang kelenjar getah bening membengkak.

Ketika seseorang sudah positif terkena penyakit usus buntu maka diperlukan penanganan yang tepat yaitu dengan cara pergi ke dokter atau ke rumah sakit, jika tidak segera di tangani maka usus buntu bisa pecah, kemudian menjadikan kantung meradang pada bagian luar usus sehingga akan timbulnya nanah. Pada tahap berikutnya, benda yang berasal dari usus buntu akan masuk pada rongga perut sehingga dapat menyebabkan peradangan yang serius.

Ciri Awal Penyakit Usus Buntu

Baca juga ;[Propendik]

1. Demam dan mengigil

Salah satu ciri seseorang terkena penyakit usus buntu adalah demam, mengigil, dan juga gemeteran. Ini dapat di identifikasi jika demam lebih dari 39 derajat celcius disertai sakit pada bagian perut yang parah sehingga membuat seseorang menjadi sulit berdiri, kemungkinan besar gejala ini merupakan salah satu gejala usus buntu.

2. Nyeri pada pusar

Pada umumnya sakit yang dirasakan oleh seorang yang menderita usus buntu adalah penderita akan merasakan sakit pada daerah sisi kanan bagian bawah perut. Namun pada pertamanya rasa tidak nyaman ada didekat pusar dan baru kemudian rasa sakit tersebut akan berpindah pada bagian kanan bawah. Namun rasa sakit ini jika dirasakan oleh anak ataupun ibu hamil seperti terasa pada berbagai bagian perut, dan setelah itu rasa sakit ini akan semakin memburuk ketika seseorang akan memindahkan kaki, bersin, tersentak, ataupun batuk.

3. Rasa sakit yang semakin memburuk

Pada sebagian kasus yang cukup parah rasa sakit ini akan sangat terasa, bahkan pada beberapa orang hanya dalam beberapa jam saja keparahan rasa sakit pada perut ini akan meningkat semakin cepat.

4. Hilangnya nafsu makan, merasa mual juga muntah

Ketika seseorang menderita penyakit ini biasanya nafsu makan akan semakin rendah dalam beberapa hari dan dibarengi dengan mual dan juga muntah ringan. Namun jika dalam 2-3 hari gejala berkurangnya nafsu makan sudah membaik maka kemungkinan besar bukanlah usus buntu. Namun jika gejalanya semakin memburuk dan disertai rasa sakit pada bagian perut kanan bawah segera bawa kedokter untuk dilakukan tindakan selanjutnya.

5. Sembelit atau diare

Setelah seseorang terkena sakit perut umumnya akan merasakan sembelit atau diare, Jika ternyata diare disertai dengan banyak lendir, dan juga rasa sakit pada bagian perut kanan bawah maka segeralah periksakan kesehatan anda ke dokter.

6. Perut kembung dan sulit buang gas

Gejala lainnya yang mungkin saja terjadi pada penderita usus buntu adalah perut merasa kembung dan terasa penuh dengan gas namun mengalami kesulitan ketika akan membuang gas, disertai nyeri usus. Hal ini perlu di waspadai sebagai salah satu gejala yang timbul dari penyakit ini.

7. Rasa sakit jika pada bagian kanan bawah perut setelah ditekan

Menurut dokter Payne ketika penderita menekan pada bagian bawah perut dan kemudian merasakan sakit saat melepaskan tekanan, sebaiknya langsung saja memeriksakan diri ke dokter karena ini mengindikasikan adanya gejala radang usus buntu. Terlebih jika gejala seperti ini disertai dengan banyak gejala lainnya.

Ketika sudah diketahui seseorang menderita usus buntu maka cara pengobatan yang paling baik adalah dengan lakukan operasi pengangkatan usus buntu yang bengkak tersebut yang dilakukan oleh tenaga medis seperti di rumah sakit.

8 komentar

Harus diperhatikan benar-benar ni ya Mbak, gejala gejala dari penyakit usus buntu ini, he............m jangan sampai deh kita terkena penyakit itu.

Cara mencegahnya gimana mbak? Misal buang gas nya susah hhehehehe

oooo berarti selama inih sy berprasangka buruk dgn kakak sy Mba Ipah.. kirain beliau sakauw..!

semoga saja kita semua nggak terkena usu buntu ya mbak, soalnya berbahaya juga penyakit ini ;)

iya mba eka ..
terimakasih kunjungannya :)

usus buntu?penyakit berat tuh, apa obat yang tepat untuk penyakit itu?


Emoticon Emoticon