Selasa, 18 November 2014

Tak Disangka, 6 Gejala Aneh Ini Sering Dialami Wanita Sebelum Haid

Tak Disangka, 6 Gejala Ini Sering Dialami Wanita Sebelum Haid
Siklus haid wanita biasanya memakan waktu 21-28 hari. Sebelum memasuki masa haid pun perubahan hormon terjadi hingga suasana hati yang cenderung berubah dan lebih sensitif sering disebut-sebut sebagai hal lumrah yang dialami wanita sebelum haid.
Meski mudah marah dan mood mudah berubah kerap dikaitkan dengan PMS (pra menstruasi syndrome).

Ada beberapa gejala aneh yang dirasakan wanita ketika akan memasuki masa haid berikut ini gejalanya :

1. Lebih malas bergerak

"Alasan mengapa wanita cenderung malas beraktivitas masih misteri sampai saat ini. Hipotesisnya, kadar estrogen tinggi saat sebelum haid bisa memicu liver menghasilkan hormon yang dapat berpengaruh pada ginjal,".

2. Susah tidur
Minkin menjelaskan, ketika kadar estrogen dan progesteron menurun di hari-hari sebelum haid, wanita bisa merasakan suhu yang lebih panas di malam hari dan sulit tidur.
"Estrogen rendah bisa membuat Anda merasa gerah dari biasanya sedangkan rendahnya progesteron membuat Anda terjaga lebih lama".

3. Daerah miss V lebih sensitif dan tidak nyaman
Tak hanya suasana hati saja yang lebih sensitif, Dweck menuturkan area vagina akan terasa lebih sensitif terutama terhadap rasa sakit di minggu-minggu sebelum menstruasi. Oleh karena itu, ia menyarankan sebaiknya hindari bikini waxing di hari-hari sebelum Anda mestruasi. Masalah lainnya adalah area miss V yang cenderung lebih gatal dan terasa seperti terbakar atau mengalami iritas.
"Ini dikarenakan jamur pada area miss V meningkat karena perubahan hormon sebelum haid. Maka dari itu penting untuk tetap menjaga kebersihan miss V khususnya jangan biarkan miss V lembab".

Baca juga :[Cara Mencegah Nyeri Haid dan Nyeri Perut Saat Haid Secara Alami]

4. Merasa tertekan dan emosional
Minkin menuturkan jangan heran jika sebelum haid wanita cenderung stres, mudah marah, atau bahkan merasa tertekan. Hal ini dikarenakan fluktuasi neurotransmitter seperti serotonin.

5. Sulit fokus pada pekerjaan
Jika selama beberapa bulan berturut-turut Anda sulit fokus pada pekerjaan sebelum waktu haid tiba, Dweck mengatakan bisa jadi ada beberapa neurotransmitter yang 'dikacaukan' oleh perubahan hormon ketika waktu haid akan tiba.

6. Suka ngemil makanan asin dan manis
"Belum diketahui sebab pastinya namun kebanyakan wanita mengalami hal ini. Bisa jadi gejala psikis sebelum menstruasi akibat perubahan hormon seperti pinggang terasa sakit atau payudara yang terasa mengencang membuat orang malas makan dan lebih memilih makanan manis serta asin,".
Meski begitu, ia menyarankan sebaiknya penuhi keinginan ngemil tersebut dengan mengasup camilan yang bergizi, juga buah dan sayur.

9 komentar

Salam sore maaf ini blognya Mbak Elsawati yang baru atau gimana ya? salam kenal dalam kunjungan perdana di blog ini ya MBAK Elsa? boleh saling follow blognya Mbak Elsawati?

Semoga saja dapat Pertamax dan di approve komentar saya di artikel 6 gejala aneh ini

iya mas saud ..
salam kenal juga :v

Mbak, gimana tutorial supaya cowok bisa haid? Hehehe share dong :)

Ohh Mbak Elsawati tuh Mbak Ipah yah..? saya baru tau nih. boleh dong saling follow dengan blog yang ini nya Mbak Ipah apa Mbak Elsawati nih panggilnya?

hmm mas imron ada-ada ajah ahh ya engga bisa ath mas hihi itu cuma untuk wanita ajah :)

merasa ada tekanan emosional sepertinya itu yang selalu di rasakan wanita ketika sedang haid


Emoticon Emoticon