Rabu, 05 November 2014

Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya
Penyebab Asam Urat dan Mengatasinya haruslah diketahui karena asam urat adalah penyakit yang muncul rasa nyeri pada persendian. Penyakit ini bisa diderita siapa saja dan munculnya asam urat bisa disebabkan oleh makanan. Dan penyebab utamanya dikarenakan penumpukan zat purin di dalam tubuh secara berlebihan, kemudian zat purin ini selanjutnya diolah oleh tubuh sehingga menghasilkan asam urat.

Jadi asam urat disebabkan oleh sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang setiap hari kita konsumsi, dan secara umum penyakit asam urat di derita oleh orang lanjut usia. Karena menumpuknya zat purin berlebihan di dalam tubuh, serta biasanya orang yang menderita penyakit asam urat juga mengalami penyakit lainnya seperti, diabetes, penyakit ginjal atau hipertensi, jika penyakit asam urat dibiarkan berlarut-larut akan mengakibatkan terjadinya penyakit batu ginjal dan berlajut menjadi gagal ginjal.

Jika asam urat sedang meradang maka rasanya sangat sakit dan nyeri. Terutama bagian jempol kaki adalah bagian yang sering terasa nyeri, selain itu pergelangan kaki, lutut, dan tangan juga sering di serang oleh asam urat.

Beberapa penyebab asam urat berikut ini:

Penyebab Asam Urat

Minuman Manis
Minuman manis dapat memincu dan memproduksi munculnya asam urat lebih banyak. Dan beberapa percobaan pada seorang pria yang sering mengkosumsi fruktosa bisa terkena asma urat, hal demikian dilakukan oleh pria tersebut dengan minum fruktosa seitap hari.

Daging Merah
Daging merah lebih banyak memunculkan datangnya konten purin dibanding daging putih. Tapi, untuk mengkosumsi sekali-kali tidak mengapa dan untuk pilihan daging merah yang baik yaitu daging domba.

Makanan Laut
Sebagian ikan laut dapat menimbulkan asam urat, seperti ikan herring dan tuna, tetapi untuk lobster, kepiting, dan udang lebih baik dari pada ikan yang lainnya.

Beberapa sayuran yang bisa juga menyebabkan asam urat di antaranya:

- Kacang-kacangan
- Gorengan
- Makanan mengandung protein tinggi
- Bebek kalkun dan angsa
- Sayuran Bayam, buncis, kol, jamur kuping

Cara Mengatasi Asam Urat

Jahe Merah
Jahe merah terbukti dapat mengurangi peradangan di sendi dan menghancurkan tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Selain itu juga dapat meningkatkan nafsu makan serta dapat memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan.

Daun Sirsak
Daun sirsak juga dapat menjadi alternatif pengobatan untuk mengatasi asam urat. Caranya ambil 10 lembar daun sirsak yang hijau dan cukup tua lalu cuci bersih. Kemudian potong-potong daun sirsak lalu rebus dengan air mendidih 2 gelas. Lalu disaring dan ambil airnya saja, minum 2 kali sehari pagi dan malam.

Selain pengobatan di atas dapat juga mengkonsumsi air putih lebih banyak dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi jahe, buah naga, sereh, labu kuning, kentang, yoghurt, pisang, jeruk, strawberry, singkong, nasi, ubi, roti, dan tomat dapat menghindari asam urat.

8 komentar

Alhamdulillah saya belum pernah mengalaminya mbak, semoga bisa mengalami jadi bisa pake tips di atas :) hehe

wah ternyata gorenga bisa mnyebabkan asam urat y...

Waduh, padahal Bebek kalkun dan angsa adalah makanan kesuka'an Saya ni Mbak, begimana coba ?

Wah kayanya nenek saya harus baca nih. Biar asam uratnya ga kambuh-kambuhan, tapi bisa baca ga ya dia. Ya udahlah biar saya aja yg baca, nanti saya kasih tau nenek saya deh

ya syukur mas hehehe hmm lebih baik engga ngalamin mas :p

iya mas makannya jangan makan gorengan terlalu banyak hehehe

ya di kurangi aja mas mengonsumsi nya hehehe jangan terlalu sering ..

iya mas silahkan hehehe
semoga bermanfaat ya mas.


Emoticon Emoticon