Header Ads

test

Kapan Wanita Hamil Boleh Minum Air Kelapa?

Kapan Wanita Hamil Boleh Minum Air Kelapa?
"Sebenarnya perlu tidak meminum air kelapa muda saat menjalani kehamilan?"

Dari pertanyaan ini, meminum air kelapa muda atau tidak saat menjalani kehamilan sebenarnya boleh-boleh saja. Namun sebenarnya, meminum air kelapa muda memang memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil, karena air kelapa muda ini memiliki berbagai zat yang baik bagi ibu hamil.

Konsumsi air kelapa pada saat kehamilan, selama tidak berlebihan dan tidak mengganggu asupan nutrisi lainnya tidak membahayakan Ibu maupun janin. Ibu perlu memastikan bahwa Ibu memenuhi asupan nutrisi dan kalori yang diperlukan bagi Ibu hamil dari berbagai sumber makanan.

Meminum air kelapa muda di usia kehamilan muda itu tidak masalah asalkan mengkonsumsinya dalam porsi yang sewajarnya dan tidak terlalu banyak. Karena apabila terlalu berlebihan akan membuat perut kembung.

Baca juga : Amankah Ibu Hamil Mengkonsumsi Vitamin Pemutih Kulit?

Biasanya dianjurkan oleh dokter dan tenaga medis untuk kehamilan diatas 6 bulan.Kandungan elektrolit air kelapa dipercaya mampu membuat rahim bersih dan menjaga air ketuban tetap jernih. Konsumsilah air kelapa muda 1-2 kali saja pada usia kehamilan diatas 6 bulan. Terlalu banyak minum air kelapa muda juga tidak baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Sebagai alternatif, ibu bisa memilih kelapa ‘obat’ yang memang diperuntukkan bagi ibu hamil.

Baca juga : Ingin Si Kecil Pintar Saat Lahir? Konsumsi Ini

Beberapa informasi yang simpang siur seputar kehamilan seringkali terjadi diantaranya informasi tersebut membuat ibu hamil resah bahkan tidak sedikit ibu hamil yang justru mempercayainya dikarenakan dianggap sangat berpengaruh dalam menjaga kehamilannya.

Salah satu informasi yang simpang siur seputar kehamilan berhubungan dengan konsumsi kelapa muda, pada beberapa daerah diyakini kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kelapa akan membantu proses persalinan anda akan tetapi ibu hamil justru cemas ketika mengkonsumsi kelapa muda dikarenakan masyarakat setempat di daerahnya mempercayai bahwa kelapa muda dapat memicu keguguran.

Baca juga :Tubuh Gemuk Akan Lebih Gampang Hamil Ketimbang yang Tubuh Kurus, Benarkah?

Pada umumnya penyebab keguguran pada saat kehamilan adalah terjadinya kerusakan kromosom saat pembelahan janin adapun beberapa penyebab lain yang mengakibatkan keguguran diantaranya adalah dengan adanya infeksi oleh mikroorganisme yang menyerang ibu hamil, penyakit yang kronis, rahim yang abnormal atau terjadinya kelainan hormonal pada ibu hamil. Bagi anda yang memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan buruk anda, merokok, minuman keras, narkoba atau juga bisa dikarenakan fakktor psikis akan meningkatkan resiko keguguran yang lebih tinggi.

41 komentar:

  1. sesuatu yg berlebihan memang kurang baik ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget semua,,,jangan pernah berlebihan,,karena akan ada efek negatifnya jika berlebihan seperti halnya mengkonsumsi air kelapa ini

      Hapus
  2. Blog nya tentang wanita semua mbak, saya jadi nggak enak masuk sini terus hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe nggak apapa mas biar tau semua tentang wanita hehehehe
      biar nanti punya istri teh tau mas :)

      Hapus
  3. terima kasih atas informasinya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah sama-sama mas semoga bermanfaat hehehehe

      Hapus
  4. Ada orang yang bagi tips, mereke yang merancang untuk hamil tidak boleh meminum air kelapa, sejauhmana kebenarannya saya tak tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga apapa mungkin kalo lagi pengen mah ya mba asalkan jangan berlebihan mungkin :)

      Hapus
  5. dulu ketika istri saya hamil juga pernah saya saranin untuk minum air kelapa,,,konon dapat membuat rambut si jabang bayi jadi hitam mengkilat dan subur..hmmmm entah kebetulan atau memang benar adanya,anak saya terlahir dengan rambut yang hitam mengkilap dan lebat..thanks god

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mas kata orang tua dulu kalo yang lagi hamil minum air kelapa rambut si jabang bayi jadi hitam lebat juga dan kulit nya pun akan putih .. sama-sama :)

      Hapus
  6. Ternyata boleh ya minum air kelapa muda bagi ibu hamil asal jangan kebanyakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya boleh mas, ya asalkan jangan berlebihan ,,,

      Hapus
    2. Saya mbak kemarin ada minum es kelapa eh malah saya muntah2 jadinya emang sih sebelumnya jga wdah muntah

      Hapus
  7. Ohh, gitu yaaa :) Memang sih mengkonsumsi kelapa sangat baik untuk kesehatan, apalagi untuk ibu hamil :) makasih sudah di share, jadi nambah pengetahuan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba dewi sama-sama semoga bermanfaat ...

      Hapus
  8. Sore mbak, hihi.... setidaknya aku pernah berjuang ya.... saya juga mau mbak air kelapanya, apalagi puasaan gini mak yuzz... ( salam buat master master diatas saya ) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yahahaha iya mas silahkan ambil ajah satu di atas tapi cuma gambarnya ajah :D

      Hapus
  9. temen saya kulitnya putih dan bersih, katanya saat ibunya mengandung sering minum air kelapa muda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas minum air kelapa untuk ibu hamil itu sangat di anjurkan tapi tidak mengonsumsi berlebihan juga ,,,

      Hapus
  10. saya teringat istri saya dulu ketika masih hamil juga saya sering ajakin minum air kelapa ijo mbak,,katanya biar ntar rambut anaknya hitam mengkilap,alhmdllh sedikit banyak terbukti lho mbak..eh skrg ketmu artikel ini jadi lebih yakin dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sudah berdasarkan pengalaman berarti tidak ada salahnya dilakukan lagi oleh ibu-ibu lain yang sedang hamil, karena air kelapa menyahatkan :)

      Hapus
  11. mba klu masih uk 10w bolehkan minum air kelapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter/para ahli

      Hapus
  12. suami sya gk ksih sy mnum air klpa ktanya buat keguguran, tp mama dan nenek sya sruh sy mnum air klpa tiap hri segelas. skrg hmil 5 bulan, jd bngung mau nurut yg mna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu saya hamil 2-3 bulan, saya sering minum air kelapa dan alhamdulilah tidak keguguran. sekarang anak saya lahir pun masih minum air kelapa sesekali supaya asi lancar :)

      Hapus
  13. wah berarti itu mitos ya bun..
    kmren aku ingatin bibik jgn minum air kelapa bisa berbahaya bagi kesehatan dan janinnya. aku ada baca emng sih sblumnya di artikel lain..
    nah kebetulan jg sih bibik hamilnya udh 8 bulan, oke thanks artikelnya ya bun membantu nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa mitos ada yang bertentangan dengan fakta untuk itu perlu diluruskan, lebih bagus lagi diperkuat dengan pernyataan dokter/para ahli.

      Hapus
  14. Suami saya ngelarang minum kelapa muda, takut beresiko, sbb kehamilan saya baru 1 bln. Bru saja buka puasa saya minum 1 gelas air kelapa muda, eh perut saya terasa aneh mbak, kayak kembung gtu....!!! Apa krna masuk angin x ya??? :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin perutnya kaget. Jika berbuka mulailah dengan air hangat dan makanan kecil yang manis-manis, seperti buah kurma dan kolak.

      Hapus
  15. Ass.bunda2 salam kenal ya.sy skrg lg mengandung anak ke 2 dari umur 1-3 bln sy slalu meminum air kelapa ijo.kadang dua hari se x sy minum.apakah itu membahayakn utk janin yg d kandung ?....txu sbelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya heran kenapa bisa membahayakan janin. Karena bidan di tempat saya justru malah menyarankan minum air kelapa saat hamil agar ibu tidak kekurangan cairan, air kelapa itu sangat bagus untuk mencegah dehidrasi dibanding minuman isotonik kemasan.

      Hapus
  16. Mba aku lg hamil udh 4bln gpp kan mnm air kelapa muda?
    Aku bingung soalnya hamil anak pertama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sedari hamil muda dianjurkan rutin minum air kelapa oleh bidan karena air kelapa dapat mencegah dehidrasi. Ada baiknya mbak Terry berkonsultasi ke bidan/dokter yang menangani karena kondisi tiap orang beda-beda :D

      Hapus
  17. Aku dari hamil anak pertama,kedua dan skg lgi hamil anak kembar ,tiap hari minum air kelapa hijau,,dari usia kandungan 7 weeks,alhamdulillah gak kenapa2,malah kalau lagi mual,,perut ga enak abis makan mie instan,,diminumin kelapa ijo langsung ilang mualnya.. smpe skg usia kandungan 31 weeks masih rutin minum,,dua hari sekali apa 3 hari skali tergantung kepengennya,satu air kelapa abis sendiri hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak air kelapa itu sebenarnya menyehatkan ya jadi tidak ada efek berbahaya walaupun diminum saat hamil :)

      Hapus
  18. Betul bu dewi, lbh baik dr isotonik kemasan. Yg kita minum kan alami langsung dr alam tanpa campur bahan kimia pula yaa. Pertama kali saya coba minum pas usia 8mg, alhamdulillah gak ad masalah jd terus dilanjut seminggu 1-2x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah suka mual kalau minum isotonik kemasan, alhamdulillah ya mbak Zenithda sudah dikaruniai buah hati semoga sehat selalu ibu dan si kecil.

      Hapus
  19. Terimakasih sangat bermanfaat sekali artikel nya.
    air kelapa muda memang sangat segar dan sangat bermanfaat untuk Bunda yang sedang hamil, apalagi pada usia kehamilan mulai 5 minggu..

    Terimakasih

    BalasHapus
  20. nambah pengetahuan, saya baca kebetulan istri sedang hamil

    BalasHapus