Rabu, 19 November 2014

Ini Alasan Ujung Jari Bisa Keriput Saat Berendam

Ini Alasan Jari Bisa Keriput Saat Berendam
Olahraga seperti berenang atau menyelam ini salah satu olahraga yang menghabiskan waktu lama di dalam air, selain membuat tubuh menjadi dingin juga dapat membuat ujung – ujung jari kita bisa keriput. Jika saat ini kamu merasa bingung kenapa jika kita terlalu lama berendam did alam air ujung jari bisa keriput. Kondisi seperti ini disebabkan akibat  reaksi alamiah dari kulit untuk mempertahankan diri.

Ujung jari yang bisa menjadi keriput ketika terlalu lama berendam di dalam air ini akibat pada saat berendam ujung jari mengalami pembesaran pada lapisan terluar sel kulit hingga dua atau tiga kalinya.

Saat tangan dan kaki terlalu lama berada di dalam air, seringkali ujung-ujung jari terasa mengeriput. Ini kerap terjadi pada saat seseorang berenang atau menyelam. Perlu Anda tahu, pengeriputan tersebut sebenarnya reaksi alamiah dari kulit untuk mempertahankan diri.

Berendam terlalu lama menjadikan mengakibatkan pembesaran pada lapisan tertular sel kulit dua atau tiga kalinya. Pembesaran ini menimbulkan efek melengkung dan berkerut. Ajibnya kulit akan kembali normal begitu seseorang selsai dari berendamnya.

Filamin keratin tersebut akan terisi air dan mengembangkan dengan bentuk suasana geometris. Kandungan air pada filamin keratin segera menguap dan susunan tersebut kembali menjadi bentuk awal setelah seseorang kembali ke darat.

Tidak semua bagian kulit terendam menjadi berkeriput. Alasannya, lapisan kulit yang disebut stratum korneum menempel di lapisan kulit bawahnya yang bersifat tidak menyerap air. Air yang masuk berada di antara lapisan kulit tebal dan lapisan kulit luar. Dan ketebalan stratum korneum tidak sama pada seluruh tubuh.
Telapak tangan dan kaki punya stratum korneum yang cukup tebal. Akibatnya kedua tempat ini mengikerut kalau berendam. sementara yang paling tipis ada di wajah.

16 komentar

oh gitu ya mbak, dulunya saya kira karena tidak ada aliran arah pada ujung jari

Iyaa mbak, dulu waktu saya hobi main ujan-ujanan juga gitu. Mbak pernah?

terima kasih infonya, jadi enak nanti kalau di tanya anak2 :)

iya kang ucup ..
terimakasih kunjungannya :)

hehehe iya mas ,saya sering begitu mas kalo keujanan atu pun nyuci baju pokoknya kalo main air aja pasti begitu mas :)

sama-sama mas ..
terimakasih kunjungannya :)

Serem gambar jarinya bisa kaya gitu banget..
Subhanallahnya ciptaaan Allah, bisa normal kembali setelah mengalami pembesaran seperti itu :D

subhanalloh ya sesuatu hehehe iya mba kulit akan kembali normal setelah selesai dari berendamnya ...

iya mba susi saya juga serem liatnya ..

Nggak cuma pas diving ato berenang aja sih, klo nyuci baju kelamaan jg pada mengkerut kulit hehe... baru tau klo itu reaksi untuk mempertahankan diri... terus klo lagi liburan didaerah agak panas kulit pada ngelupas (ganti kulit) itu kenapa mbak?

hehehehe iya mas bener banget kalo lama ujuan-ujanan juga suka mengkerut :)
kurang tau sih mas kalo itu hihihi

Saya sering tuh ngalamin kek gitu.. biasanya kalo saya terlalu lama berenang sis :)

Kalau berkerut gitu, ada bahayanya gak ya untuk kesehatan..

iya pasti semua ngalamin mas hehehe saya juga suka kalo abis nyuci hihihihi

kemungkinan engga mas kan jari berkerut itu bisa normal kembali ..


Emoticon Emoticon