Selasa, 11 November 2014

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos
Gigi rapuh dan keropos tidak hanya disebabkan oleh malasnya anda menggosok gigi atau mengonsumsi makanan manis dan lengket. Ada beberapa kebiasaan yang juga bisa membuat gigi rapuh.
Ini lima kebiasaan yang harus dihindari, jika anda ingin miliki gigi kuat sampai tua:

1. Menyikat Gigi Terlalu Keras
Sebagian orang menganggap kebersihan gigi berawal dari seberapa sering kita menyikat gigi. Hal itu benar, tapi menyikat gigi yang dilakukan lebih dari 2 kali dalam sehari tidak baik untuk kesehatan gigi kita.
Terlalu sering menyikat gigi tidak akan membuat gigi anda bersih lebih lama. Justru akan melukai gusi dan mengikis enamel gigi. Menyikat hanya perlu dua kali sehari dan yang terpenting adalah cara anda melakukannya. Gosoklah dengan memutar mulai dari bagian depan, samping, dalam dan geraham.

2.Terlalu Sering Memutihkan Gigi
Agar gigi terlihat lebih putih biasanya kita memutihkan kulit dengan metode bleaching. Boleh saja melakuka bleaching, tapi jangan lebih dari dua kali setahun. Pemutihan yang dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan gigi dan gusi lebih sensitif dan menimbulkan efek transparan pada gigi. Sangat ditekankan, sebaiknya warna gigi tidak lebih putih dari mata. Gigi yang terlalu putih justru membuat Anda terlihat aneh.

3. Mengatupkan Gigi Terlalu Kuat
Sadar atau tidak, kita sering melakukan hal ini. Awalnya hanya kebiasaan, tapi ternyata dapat mengakibatkan tulang keropos, resesi gusi, gigi bergeser hingga gigi retak. Tanda-tanda dari efek negatifnya adalah sendi rahang terasa nyeri, sulit membuka dan menutup mulut dan sakit kepala.

4. Terlalu Banyak Minum Minuman Berenergi
Minuman berenergi yang biasa dikonsumsi saat berolahraga ternyata tak sesehat yang kita kira. Kandungan di dalam minuman berenergi, citric acid, dapat mengakibatkan pengeroposan gigi. Tak hanya itu, citric acid juga bisa merusak lapisan enamel gigi. Dikarenakan adanya penipisan pada lapisan gigi, kerusakan gigi akibat citric acid tak dapat diatasi hanya dengan menyikat gigi. Untuk mencegahnya, hindari konsumsi minuman berenergi terlalu sering dan selalu berkumur dengan air putih setelah meminumnya.

5. Pakai Lipstik Mengandung Parafin
Kebanyakan wanita sering menggunakan lipstik untuk mempercantik diri. Namun ternyata di balik itu, lipstik punya potensi membahayakan gigi. Beberapa produk kecantikan seperti lipstik ada yang mengandung parafin dalam jumlah kecil. Namun jika secara terus menerus memakai lipstik, dikhawatirkan dapat menyebabkan gigi menjadi lebih rapuh dan retak.

28 komentar

Penjabaran yang menarik, tapi yang ingin saya tanyakan Bleaching itu apa ya ? Kurang memahami, mungkin adminnya bisa memberikan informasinya lebih lanjut.

mengatupkan gigi terlalu kuat juga mempengaruhi ya mbak, kalo saya kayaknya keseringan sikat giginya suka kekerasan biar bersih maksudnya tapi keseringan juga gak bagus ya :)

Mbak ada tips buat gigi terlihat cerah nggak? Saya kan suka minum kopi jadi gigi nggak cerah

kesihatan gigi harus dirawat sebaiknya....tq infonya.

Mengatupkan Gigi Terlalu Kuat ternyata juga berpengaruh ya ... hmmm baru tau ...

Sama jangan suka narik mobil pake gigi kayak limbad ya

waghh.. selama ini ane keseringan.. musti kurangin nih

bleaching itu pemutihan ...
terimakasih kunjungannya :)

hehehe iya iya permennya ketinggalan :)

iya mas marnes mengatupkan gigi terlalu kuat akan mengakibatkan gigi keropos ..

eum nggak ada mas hehehehe
di kurangi aja mengonsumsi kopinya mas hihihihi

bener mas sering mengatupkan gigi bisa mengakibatkan gigi keropos ....

hahahahaha iya mas budi tapi limbad udah ahlinya ...
jangan ditiru adegan nya :v

Minuman bersoda juga dapat menimbulkan gigi cepat berlubang juga lho Mbak

Orang dulu suka nyirih, giginya jd kuat ya mbak, cuma ya itu pada merah semua
Kayak GGS hehe

Mengatupkan gigi itu yang bagaimana ya maksudnya?

ternyata menyikat gigi itu ndak boleh keras2 ya...kalau saya waktu nyikat gigi biasanya terlalu mantab, jadinya kadang keluar darah...saya pikir bgus karena pasti bersih

baru tahu saya arti istilah tsb dr mabk ipah :)

makan permen juga bahaya gan,,,,bisa gripis :)

giginya dimandiin, nanti pasti terlihat cerah

hehehe iya mas semoga bermanfaat :)

ya mas jangan terlalu sering nanti giginya gampang rapuh :)

loh iya gitu mas? baru tau kalo minuman bersoda bisa membuat gigi cepat berlubang hehehe
terimakasih mas ilmunya ...

iya bener mba susi...
terimakasih kunjungannya :)

mengatupkan itu mengatupkan rahang atas dengan rahang bawah yang disertai dengan mengunyahkan gigi geligi atas dan gigi geligi bawah sehingga akan terdengar suara yang cukup keras kret...kret..kret.

iya mas zeer karena akan mengakibatkan gigi dan gusi lebih sensitif :)


Emoticon Emoticon