Selasa, 28 Oktober 2014

Turunkan Berat Badan dan Sarapan dengan Berprotein Tinggi

Turunkan Berat Badan dan Sarapan dengan Berprotein Tinggi

Sarapan seringkali disebut sebagai santapan yang paling penting dalam keseharian. Ini karena tubuh kita perlu energi cukup untuk mengawali aktivitas, setelah tubuh berpuasa saat tidur selama kurang 8 jam sehari. Waktu sarapan yang paling ideal adalah sekitar 7 s.d 10 pagi. Diatas jam tersebut, maka apa yang Anda santap tak tepat lagi disebut sarapan melainkan brunch atau makan antara pagi-siang.

Selain waktu sarapan, jenis makanan yang dikonsumsi ternyata juga tak kalah penting terutama jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan. Berdasarkan hasil studi yang di publikasikan dalam The Nutrition Jurnal, sarapan dengan makanan berprotein tinggi bisa meningkatkan senyawa kimia di dalam otak yang bertugas mengatur hasrat makan, sering disebut dengan peptide.

Baca juga: [Mengurangi Kelebihan Lemak dengan Yaslim]

Studi yang dilakukan para peneliti di Amerika Serikat itu menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan, memiliki tingkat peptide lebih rendah. Ketika level peptide rendah, maka orang cenderung akan makan berlebihan dan akhirnya berat badan naik tak terkontrol. Dalam penelitian tersebut, terungkap juga bahwa responden yang terbiasa tidak sarapan lebih rentan mengalami obesitas. Sementara pada responden yang sarapan berprotein tinggi, nafsu makannya jauh lebih sedikit dan kemungkinan makan berlebih di siang hari juga rendah.

Selain meningkatkan produksi peptide, makanan dengan kandungan protein tinggi seperti telur, ikan-ikanan, tahu atau tempe dan kacang-kacangan juga memicu produkso dopamine di dalam tubuh. Dopamine adalah hormon yang melepaskan rasa nyaman dan senang sehingga Anda merasa lebih menghargai tubuh.

Baca juga: [Ikuti Langkah Yang Dapat Menurunkan Kolesterol]

Sarapan tinggi protein juga akan mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan gurih dan tinggi lemak. Seperti diketahui, makanan gurih umumnya banyak mengandung garam yang menyebabkan terjadinya penumpukan cairan sehingga menyebabkan tubuh terasa kembung dan bobot pun naik.

15 komentar

Masalahnya saya badanny udah kurus masa diturunkan lagi hehe

Sarapan emang penting ya mbak, terlebih makanannya berprotein :)

waah saya kalau pagi malah males makan, soalnya gimanaa gitu,, biasanya nunggu siangan baru perut mau diisi, kebiasaan buruk ga ya mba?

Hehehe jujur mbak artikel di atas sanget real nyata sekali saya jarang sarapan kalo sekali nya makan suka agak belebihan haha jadi malu :v

ternyata dengan sarapan yang tepat juga bisa menurunkan berat badan ya mb.. :)

Sebenarnya tidak hanya menurutkan berat badan saja.. sarapan juga merupakan langkah awal persiapan kita buat menghadapi aktivitas seharian, jadi sarapan sangat penting :)

nah cocok banget...biar terjaga berat badannya

Iya jangan di turunkan lagi lah mas nanti badannya kerempeng :D hehe

Iya karena dengan sarapan bisa konsentrasi saat bekerja hehe

Hati-hati lho mas kalau jarang sarapan di pagi hari bisa rentan sakit hehe

Gpp mas kalau emang lagi laper ngga ada salahnya makan nambah terus :D

Oh iya karena dengan sering sarapan di pagi hari, jarang sekali mengkonsumsi lemak :)

Iya dengan sarapan juga dapat membantu konsentrasi kita saat bekerja :)

Supaya terkontrol juga yaa mbak berat badannya hihihi

Thanks banget untuk tulisannya, sangat bermanfaat tentunya.
Kayaknya mulai sekarang harus rajin sarapan yang tinggi protein supaya badan bisa ideal.


Emoticon Emoticon