Kamis, 16 Oktober 2014

Tanda-Tanda Anda Kekurangan Vitamin B

Tanda-Tanda Anda Kekurangan Vitamin B
Beberapa jenis penyakit ringan yang biasanya dialami oleh sebagian besar masyarakat adalah kesemutan dan rasa nyeri. Namun jika gejala ini muncul lebih sering, maka bisa saja anda sedang kekurangan vitamin B.
Saraf sangat bergantung pada vitamin B sehingga jika asupan vitamin B kurang, maka saraf akan mengalami gangguan. Seperti yang diketahui bahwa vitamin B adalah makanan saraf, sehingga sangat dibutuhkan untuk melindungi saraf serta mengganti sel-sel saraf yang rusak.
Baca juga : [Mau Jantung Sehat? Konsumsi Vitamin B!]
Dr Manfaluthy Hakim, SpS(K), Ms, yang merupakan kepala divisi gangguan saraf peripheral. Departemen Neurologi FKUI/RSCM mengatakan bahwa "sering nyeri dan kesemutanbisa akibat kekurangan vitamin B, itu juga bisa jadi merupakan tanda awal dari gangguan saraf tepi."
Beliau lalu menuturkan, setiap asupan vitamin B yang masuk ke dalam tubuh akan di gunakan untuk mengatasi sel-sel saraf yang rusak sehingga vitamin sangatlah diperlukan untuk proses regenerasi.

Yang terjadi adalah kurangnya asupan vitamin B yang dikonsumsi untuk makanan sehari-hari, padahal hanya 2 hingga 5 persen yang akan masuk di sistem saraf. Beliau mengatakan "jimlah itu kecil sekali, selebihnya harus diolah lagi. Karena itu tubuh butuh vitamin B secara kontinu setiap harinya."
Beliau kemudian menjelaskan setiap harinya, regenerasi saraf hanya terjadi sepanjang 0,1 cm. Oleh karena itu, untuk menjaga agar regenerasi sel sel saraf bisa berjalan dengan baik, anda terhindar dari resiko yang bisa membuat saraf cedera serta mencegah terjadinya gangguan saraf tepi, sangat disarankan untuk mengonsumsi nutrisi yang tepat.
Baca juga : [Benarkah dengan Vitamin B  dapat Menghilangkan Jerawat]
Adapun vitamin yang anda butuhkan untuk memenuhi hal tersebut adalah vitamin B1, B6 dan B12. Saat anda kekurangan vitamin B1 maka anda akan mengalami neuropati. Sehingga saat anda menggerakan anggota tubuh maka anda akan merasakan rasa sakit.
Sedangkanvitamin B6 diperlukan agar sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf bisa bekerja dengan baik. Fungsi dari vitamin B12 itu sendiri adalah untuk membentuk selubung yang melindungi dan mengelilingi saraf atau yang lebih dikenal dengan selubung meilin dan nukleoprotein.
Keberadaan meilin sangat penting karena bagian inilah yang akan menyampaikan pesan dari otak ke seluruh tubuh. Jadi saat asupan vitamin B12 anda berkurang, selubung meilin akan rusak sehingga anda akan merasa kesemutan, mati rasa, kaku serta baal.
Baca juga : [Manfaat dari Vitamin B]

Untuk informasi supplemen hubungi :
Elsawati Dewi (Customer Service)
SMS: 083827560555 BBM: 2BE163EE

6 komentar

Asupan vitamin B ini sangat diperlukan banget ya mbak, saya sering kesemutan tuh mbak, apa itu tanda-tanda kurangnya asupan vitamin B kali ya :)

iya bener banget mas, ya mungkin bisa jadi mas :)

saya sering nyeri bahkan gampang nyeri...sepertinya saya kekurangan vitamin b nih


Emoticon Emoticon