Sabtu, 25 Oktober 2014

Pola Makan Sehat, Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Pola Makan Sehat Merupakan Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat
Apa yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan? Penurunan berat badan bagi orang gemuk bisa meningkatkan kesehatan dalam beberapa hal. Termasuk dapat menurunkan risiko penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung. Penurunan berat badan juga dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri.

Terbukti ada cara menurunkan berat badan. Anda dapat menemukan sendiri apa yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan Anda. Penelitian telah membuktikan bahwa mengubah kebiasaan makan yang tidak sehat dan meningkatkan aktivitas fisik (rutin berolahraga) membantu orang menurunkan berat badan. Strategi lain juga dapat membantu. Sebagai contoh, Anda akan menemukan keuntungan bagi diri sendiri dengan berolahraga setiap hari yang dapat membuat Anda termotivasi.

[Baca juga: Mengurangi Kelebihan Lemak dengan Yaslim]

Apakah perubahan dalam kebiasaan makan dapat membantu menurunkan berat badan?
Kebanyakan orang perlu mengubah apa yang mereka makan dan seberapa banyak mereka makan untuk menurunkan berat badan. Dokter dapat membantu Anda memutuskan bagaimana mengubah kebiasaan makan Anda. pilihannya termasuk:

- Mengonsumsi kalori lebih sedikit dari biasanya. Strategi ini membantu orang-orang dalam menurunkan berat badan.
- Makan makanan rendah karbohidrat.
- Makan sedikit lemak atau mengurangi konsumsi lemak yang berlebihan.
- Memilih lebih banyak makanan yang tidak terlalu tinggi kalori dan rendah nutrisi. Makan makanan seperti sayuran, beberapa jenis buah, dan sup kaldu juga membuat Anda merasa kenyang meskipun Anda makan lebih sedikit kalori.

Diet sehat lainnya, seperti diet DASH (pola makan seimbang) yang rendah sodium, juga dapat membantu. Diet DASH dirancang untuk menurunkan tekanan darah tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk menurunkan berat badan. Ini termasuk buah-buahan, sayuran, makanan gandum, makanan susu rendah lemak atau tanpa lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging tanpa lemak, unggas dan ikan.
Rutin Olahraga Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat
Secara umum, berbagai jenis olahraga akan membantu Anda menurunkan berat badan, terutama bila Anda berolahraga setiap hari atau hampir setiap hari dalam seminggu. Berjalan cepat (selama sekitar 30 menit sehari) adalah salah satu cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Untuk membantu Anda tetap pada rencana Anda, Anda harus memilih jenis olahraga yang Anda sukai. Biasanya orang melakukan olahraga total 150 menit setiap minggu, atau sekitar 20 menit setiap hari.

Namun, latihan saja (tanpa membatasi kalori) biasanya tidak cukup untuk menyebabkan penurunan berat badan. Tapi olahraga memainkan peranan penting dalam membantu orang memiliki berat badan yang ideal.

Apa strategi lain yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan?
Tindakan ini juga membantu:

-Menimbang diri sendiri setiap hari
-Membuat catatan makanan harian segala sesuatu yang Anda makan dan minum
-Sarapan pagi setiap hari

Banyak orang menemukan bahwa mempunyai dukungan dari orang lain dapat membantu mereka menurunkan berat badan. Anda bisa mendapatkan dukungan dengan menghadiri pertemuan atau dari kunjungan mingguan dengan penyedia layanan kesehatan, seorang ahli diet.

Dapatkah obat-obatan membantu dalam penurunan berat badan?
Studi menunjukkan bahwa obat anti-obesitas dapat membantu orang menurunkan berat badan bila dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup (pola makan, olahraga, dan perubahan perilaku) dari pada cuma dengan perubahan gaya hidup.

[Baca juga: Tips Berolahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit]

Apakah penurunan berat badan lebih sulit bagi penderita diabetes?
Beberapa studi menunjukkan bahwa penurunan berat badan lebih sulit bagi orang-orang yang menderita diabetes dibandingkan dengan orang yang tidak. Tapi Anda masih bisa menurunkan berat badan, meskipun jika Anda memiliki diabetes.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda ingin menurunkan berat badan?
Jika Anda penderita diabetes, katakan kepada dokter, ahli diet, atau pendidik diabetes bahwa Anda ingin menurunkan berat badan. Bekerja sama dengan operator Anda untuk membuat rencana. Pastikan Anda telah menyertakan cara untuk mengubah apa yang Anda makan dan cara untuk berolahraga. Untuk bersiap-siap, pilih tanggal untuk memulai. Tentukan bagaimana Anda akan menjalankan diri Anda sendiri untuk melakukan apa yang Anda katakan pasti akan Anda lakukan.

Yang paling penting, fokus pada apa yang bisa Anda kontrol. Anda dapat mengontrol apa yang Anda makan dan apakah Anda pergi untuk jalan-jalan. Tapi Anda tidak bisa mengendalikan seberapa cepat Anda menurunkan berat badan. Jika Anda menemukan bahwa rencana Anda tidak efektif, itu tidak berarti Anda telah gagal. Sebaliknya, itu berarti Anda harus mengubah rencana Anda. Temukan sebuah rencana yang tepat yang dapat memuaskan Anda.

8 komentar

Kalo saya sih, saya rasa udah kurus nih..
Kalau mau dikurusin lagi,. nanti takutnyaa dibilang apa sama orang hehehe :D

nah ini dia yang sedang sy butuhkan...tpi kalau suruh olahraga kayaknya sulit tuh... malesmalesan hhhh

bener banget, jadi kalau kita mau sehat musti membiasakan pola makan sehat ya mbak dan mengkonsumsi makanan yang bergizi, thanks ya atas share nya ;)

hahaha kalo begitu di gemukin aja dikit mas /mba :p

hahaha pasti pasti mas kalo di suruh olahraga saya juga paling males :p

iya mba eka harus membiasakan pola makan sehat :)
sama sama mba, terimakasih juga kunjungannya.

memang untuk hidup sehat berawal dari apa yang kita makan ya mbak, selain makananannya itu sendiri punya nilai gizi juga halal yang pasti hehehe


Emoticon Emoticon