Selasa, 21 Oktober 2014

Penyakit Gout Pada Lansia

Penyakit Gout Pada Lansia
Penyakit gout pada lansia merupakan suatu penyakit yang biasanya ditandai dengan serangan mendadak dan juga berulang dari arthritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah atau hiperurisemia. Peradangan sendi bersifat menahun dan setelah terjadinya serangan berulang sendi bisa menjadi bengkok. Hampir 20% penderita penyakit gout pada lansia memiliki masalah penyakit batu ginjal.

Dalam keadaan normal, beberapa asam urat yang merupakan hasil pemecahan sel ditemukan di dalam darah karena tubuh terus menerus mencegahkan sel dan membentuk sel yang baru dan karena memakan yang dikonsumsi mengandung cikal bakal asam urat. Kadar asam urat menjadi sangat tinggi jika ginjal tidak membuangnya melalui air kemih.
Tubuh kita juga bisa menghasilkan sejumlah besar asam urat karena adanya suatu kelainan enzim yang sifatnya diturunkan atau kena suatu penyakit misalnya penyakit kanker darah, dimana sel-sel berlipat ganda dihancurkan dalam waktu yang singkat. Beberapa jenis penyakit ginjal dan obat-obatan tertentu mempengaruhi kemampuan ginjal untuk membuang asam urat.

Serangan penyakit gout pada lansia atau arthritis gout akut yang terjadi secara mendadak bisa dipicu oleh luka ringan, pembedahan pemakaian sejumlah besar alkohol atau makanan yang kaya akan protein, kelelahan, dan disertai emosional serta penyakit.

Nyeri hebat yang dirasakan oleh penderita pada satu atau beberapa sendi, sering kali terjadi pada malam hari, nyeri penyakit gout pada lansia akan menjadi semakin memburuk dan tidak tertahankan. Sendi membengkak dan kulit diatasnya tampak merah atau berwarna agak keunguan, kencang dan licin serta teraba hangat. Menyentuh kulit diatas sendi yang terkena bisa menimbulkan nyeri yang luar biasa.

Penyakit gout ini paling sering mengenai sendi dipangkal ibu jari kaki dan menyebabkan suatu keadaan yang disebut dengan podagra, tetapi penyakit ini juga sering menyerang pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan dan sikut.

8 komentar

Baru denger ni tentang penyakit gout

iya mba penyakit gout itu seperti peradangan sendi, asam urat juga bisa memiliki masalah penyakit batu ginjal ..

wah saya mah baru denger nie nama penyakit Gout nie mbak, untung mampir disini jadi sekarang tau deh... makasi ya atas sharingnya :)

cara mencegah agar kelak tidak terjangkit penyakit gout gimanaa mbak, kayaknya ngerih banget kalau sampai kena gout ...

menjaga berat badan sehat, hindari konsumsi alkohol, meningkatkan asupan susu dan produk susu lainya, minum banyak air, konsumsi buah dan sayuran yang rendah kandungan purin kurang lebih itu mas cara mencegahnya :)

ewww ... seremm juga nih penyakit yang baru saya denger ini :3


Emoticon Emoticon