Rabu, 01 Oktober 2014

Mitos Buah Nanas yang Dapat Mengugurkan Kandungan

Mitos Buah Nanas yang dapat Mengugurkan Kandungan
Buah nanas adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang manis dan agak asam. Buah yang berasal dari amerika latin khususnya brasil, bilivia dan paraguay ini juga memiliki duri di sekitar tubuhnya. Namun sayangnya dibalik rasanya yang lezat tersebut, buah ini menjadi sesuatu yang ditakuti oleh para ibu yang sedang mengandung. Banyak mitos yang beredar bahwa buah nanas bisa menyebabkan gugurnya kandungan. Lantas benarkah?

Dalam hal medis sendiri, buah nanas memang belum terbukti secara ilmiah dapat menyebabkan gugurnya kandungan, belum ada penelitian yang secara gamblang menjelaskan. Namun, ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa nanas bisa memberikan efek pada mulut rahim dan sperma seseorang.

[Baca juga: Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil Muda]

Seperti dikutip dari Babycenter, buah yang bernama latin Ananas comosus ini memiliki tingkat asam yang cukup tinggi terutama nanas yang belum matang (masih mentah). Hal inilah yang perlu diketahui oleh para ibu hamil, ketika wanita hamil menkonsumsi buah nanas yang masih mentah dengan tingkat asam tinggi bisa menyebabkan kontraksi yang lebih dini. Sebenarnya bukan hanya nanas buah lain dengan tingkat tinggi pun perlu diwaspadai.

Jadi yang seharusnya dihindari itu adalah memakan buah nanas yang masih mentah, jika berlebihan dapat menyebabkan kontraksi pada rahim, keguguran, muntah, diare serta periode menutrisi yang berat. Selain itu nanas yang masih mentah juga perlu diwaspadai adanya kandungan zat-zat berbahaya yang membahayakan kesehatan janin seperti bahan insektisida dan zat lainnya.

[Baca juga: Fenza Suplemen Ibu Hamil dan Menyusui]

Nanas sendiri memiliki kandungan nutrisi yang baik yaitu vitamin, mineral, serat dan enzim yang bisa membantu menjaga berat badan ideal. Selain itu vitamin C berperan sebagai antioksidan yang berguna bagi daya tahan tubuh.

Kesimpulannya bahwa mitos buah nanas bisa menyebabkan keguguran masih belum bisa dipastikan secara ilmiah. Namun yang harus diperhatikan adalah hendaknya menghindari buah nanas yang masih mentaj atau belum matang. Sebaiknya makanlah nanas yang sudah benar-benar matang dan rasanya manis, serta jangan terlalu berlebihan memakannya.

10 komentar

Betul sekali kaka buah nanas yang dilarang bagi ibu hamil yaitu buah nanas yang masih muda / mentah, meskipun sudah digoreng pakai tepung tetap gak boleh. dulu istri saya pernah ngalaminya kejadian ini. Ngidam buah nanas pengen rujakan eh besoknya keguguran.

Aku tahunya nanas enak buat bikin selai buat kue nastar :)

Thanks sharingnya ya :)

wah serem juga ya kalau buah nanas bisa gugurin kandungan, semoga aja hanya mitos ya kak :)

Betul mbak, yang bisa menggugurkan janin itu karena tingkat asam. Jadi mesti diwaspadai makanan yang mengandung tingkat asam tinggi. Artikel yang sangat bermanfaat....sekses selalu...

buah nanas jahat sekali iya mang yono untuk ibu hamil

enak tuh buat nastar mbak :D sama-sama mbak

mudah-mudahan mas, tapi tergantung kondisi kandungannya kuat apa enggaknya :)

amin terimkasih atas kunjungannya jeng yuni :)

inget ya jangan banyak makan buah nanas yang belum matang .

mbak Ai Wida, emang benar mbak bagi ibu2 yang hamil di larang makan buah nanas muda banyak yang sudah mengalami keguguran kandungan akibat makan buah nanas muda


Emoticon Emoticon