Senin, 13 Oktober 2014

Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan ibu hamil
Banyak sekali manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah untuk ibu hamil. Belimbing merupakan jenis buah-buahan yang banyak kita jumpai di daerah sekitar kita. Hal ini dikarenakan, pohon buah belimbing dapat tumbuh dengan subur didaerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia.

Buah ini memiliki rasa manis dan tinggi akan kandungan airnya, sehingga jika dimakan dapat memberikan kesegaran yang dapat mengobati rasa haus disiang hari. Buah belimbing ini kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A, C dan vitamin E.

Selain itu, buah belimbing mengandung nutrisi lain seperti serat, kalsium, kalium, magnesium, natrium, fosfor, potassium, asam folat dan masih banyak lagi kandungan lainnya yang terkandung di dalam buah belimbing. Maka dari itu, buah belimbing sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Sedangkan bagi ibu hamil, sebaiknya sebelum mengkonsumsinya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan. Hal ini agar tidak ada keraguan dalam mengkonsumsi buah belimbing, tetapi menurut pengakuan banyak orang buah belimbing sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti berikut ini.

[Baca juga: Alasan Utama Pentingnya Seks Saat Kehamilan]

Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil, diantaranya yaitu :
1. Mengkonsumsi buah belimbing dapat berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit, karena buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini mampu menangkal serangan radikal bebas di dalam tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.
2. Sedangkan kandungan vitamin A nya terbukti sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata, sehingga dapat meningkatkan daya penglihatan.
3. Selain itu, buah belimbing mengandung serat yang dapat berkhasiat untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Disamping itu, mengkonsumsi buah belimbing juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, kandungan di dalam buah belimbing rendah akan kalori sehingga sangat cocok untuk dijadkan sebagai makanan pedamping diet.
4. Kandungan kalium di dalam buah belimbing dapat berkhasiat untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.
5. Kandungan antioksidan yang tinggi sangat ampuh dalam mencegah kanker, karena zat antioksidannya mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan membunuh sel kanker yang bersarang ditubuh.
6. Mengkonsumsi buah belimbing secara rutin dapat berkhasiat untuk membuang racun-racun berbahaya di dalam tubuh.

[Baca juga: Fenza Suplemen ibu Hamil dan Menyusui]

Catatan :
Bagi ibu hamil jika memang suka dengan buah ini, disarankan jangan terlalu berlebihan dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan. Selain itu, sangat tidak dianjurkan bagi penderita diabetes dan penderita kolesterol tinggi karena dapat membahayakan kesehatan anda dan beresiko terkena gagal ginjal. Hal ini dikarenakan, buah belimbing memiliki kandungan asam oxalate yang sangat berbahaya jika dikonsumsi bagi penderita diabetes.

6 komentar

tp walaupun nggak hamil tetap bermanfaat tombak?

ya mas betul buah belimbing tuh ga untuk ibu hamil aja untuk kesehatan tubuh kita juga bermanfaat ..

ada kandungan Vit A juga Ya Mab Ipah,,.! ..ternyata tidak semua yg rasanya asam merugikan ya Mba..!

selain untuk ibu hamil, bermanfaat juga buat yang lain juga kan mbak?

betul mas agung ..
terimakasih kunjungannya :)


Emoticon Emoticon