Jumat, 31 Oktober 2014

Makanan Penurun Kolesterol Pencegah Penyakit Jantung Dan Diabetes

Makanan Penurun Kolesterol Pencegah Penyakit Jantung Dan Diabetes
Apakah Anda tahu, bahwa dalam tubuh kita terdapat kolesterol? Hal tersebut adalah suatu bagian yang tidak bisa dipisahkan karena ada manfaat yang akan dicapai dengan kadar kolesterol yang normal. Namun, saat kadar kolesterol meningkat dan meninggi, maka hanya masalah yang akan hadir. Oleh karena itu, agar bisa mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, maka kita bisa melakukan upaya yang mudah dan efektif, yaitu dengan banyak banyak mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Dengan kolesterol yang normal, maka fungsi tubuh bisa tercapai secara maksimal, kita pun memiliki energi yang stabil untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari hari. Tapi saat kadarnya meninggi, maka beberapa penyakit seperti jantung dan diabetes adalah beberapa penyakit kronis yang bisa menyerang kita kapan saja.

Makanan Penurun Kolesterol Yang Terbukti Berkhasiat
Anda pasti tidak sabar ingin segera mengetahui tentang berbagai jenis makanan yang dimaksud bukan? Oleh karena itu, pembahasan sub judul pertama akan menjelaskan tentang jenis makanan penurun kolesterol yang terbukti berkhasiat untuk membuat Anda memiliki kesehatan yang terlindungi dengan kadar kolesterol yang normal :

1. Tomat
Cara menyajikan sayur berwarna merah ini adalah dengan membuatnya menjadi jus tomat atau memakannya secara langsung. Dengan mengkonsumsi tomat secara teratur, maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda bisa dikurangi.

2.  Delima
Zat yang terkandung dalam buah delima sangat baik dalam meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh yang bermanfaat untuk meminimalisir plak yang terdapat pada arteri sehingga melancarkan peredaran darah.

3.  Alpukat
Kolesterol tubuh terbagi ke dalam dua jenis, yaitu kadar kolesterol baik (LDL) dan kadar kolesterol jahat (HDL). Selain mengupayakan agar kadar kolesterol menurun, Anda pun harus bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah alpukat.

4. Anggur
Buah buahan ini pun menjadi salah satu makanan yang bisa meningkatkan kadar LDL (kolesterol baik). Jika secara rutin Anda mengkonsumsi 2 gelas jus anggur perhari, maka bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal.

5. Bawang Putih
Agar bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, maka bawang putih bisa menjadi salah satu alternatifnya. Caranya cukup dengan memakan 1 siung setiap hari, maka kadar kolesterol jahat bisa dikontrol.

6. Tahu dan Tempe
Selain kaya protein, makanan yang berasal dari olahan kacang kedelai ini terbukti memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, jika ingin memiliki kadar kolesterol yang terkontrol, jadikan kedua makanan ini sebagai salah satu menu makan Anda.

7.  Kacang kacangan
Kenari, kacang tanah, almond adalah beberapa jenis kacang kacangan yang mengandung omega-3 dan antioksidan yang tinggi. Dengan mengkonsumsi aneka kacang tersebut, maka kadar kolesterol yang dimiliki bisa dikurangi.

Cara Lain Selain Mengkonsumsi Makanan Penurun Kolesterol
Supaya kadar kolesterol dalam tubuh bisa terjaga kestabilannya, maka langkah lain yang bisa dilakukan selain mengkonsumsi makanan penurun kolesterol adalah dengan menghindari berbagai makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari :

1. Makanan yang memiliki kandungan Niasin yang tinggi.
2. Serat larut : beras merah, jeruk, anggur, apel, kacang polong, biji bijian.
3. Minyak goring
4. Produk kedelai
5. Bawang merah yang mentah
6. Alkohol

Semoga informasi tentang makanan penurun kolesterol ini bermanfaat untuk Anda, sehingga bisa mengoptimalkan yang terbaik untuk kesehatan kita.

12 komentar

makasih infonya mbak
kita jadi lebih bisa mengatur pola makan nih demi kesehatan

sama sama mas yanto semoga bermanfaat hehe
iya mas kesehatan itu mahal jadi harus dijaga baik-baik :)

Makasih mbak infonya.
Jadi tahu ni makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan yang harus dihindari

makanan yang dianjurkan sama yg dihindari itu beberapanya itu kesukaan saya :p

iya mba siti sama sama, semoga bermanfaat hehehe

ya terpaksa mas mengkonsumsinya di kurangi aja hehe jangan terlalu berlebihan.

nah... kalau tomat..inih sering dimakan..!, trnyata penurun kolestrol jg ya Mba Ipah..!

saya malah apling anti sama yang namanya Bawang Putih...

masa sih mas sedikit pun nggak suka?

Perlu di perhatikan ni Mbak pola makan yang baik nya agar terhindar dari kolestrol, makasih banyak mbak atas infonya

iya mas bener banget tuh :)
sama-sama mas arie semoga bermanfaat ya mas hehehe


Emoticon Emoticon