Senin, 27 Oktober 2014

Ketahui Apa Saja Manfaat dari Seledri

Ketahui Apa Saja Manfaat dari Seledri
Seledri mungkin bukan makanan favorit banyak orang. Sayuran hijau ini juga kurang populer dalam pembahasan tentang makanan sehat karena hanya dianggap sebagai bahan pelengkap atau tambahan dalam makanan. Seledri memang lebih sering digunakan untuk taburan pada makanan berkuah seperti bakso, sup, atau soto. Terkadang juga dijadikan campuran dalam salad sayuran.

Banyak yang belum tahu kalau tanaman berbentuk batangan ini ternyata punya manfaat yang hebat bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Dijadikan campuran salad, dimakan bersama selai kacang atau dubuat jus, seledri sudah selayaknya masuk dalam menu diet harian Anda. Kenapa? Ini alasannya yang dihimpuni dari berbagai sumber.

1. Membantu Turunkan Berat Badan

Satu batang penuh seledri hanya mengandung 10 kalori sehingga aman dikonsumsi bersama bahan lainnya. Anda bisa menikmatinya dengan saus mayonnaise, Thousand Island, selai kacang, minyak zaitun, salsa atau jenis dressing lainnya. Makanan ini bisa jadi pengganti cemilan manis atau asin yang mengenyangkan tanpa menambah asupan kalori berlebihan.

2. Mengurangi Kolesterol

Seledri mengandung butylphthalide, zat yang memberi aroma dan rasa yang khas. Sebagian orang tidak suka dengan aromanya yang sedikit langu namun zat ini berkhasiat manurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.. Makan dua batang seledri setiap hari bisa mengurangi tingkat kolesterol hingga tujuh poin. Sebagi informasi, kadar kolesterol normal adalah di bawah 200 mg/dl sementara kadar kolsterol tinggi yang cukup.

3. Menurunkan Tingkat Stres

Sayuran yang renyah ini kaya kanan magnesium dan asam lemak esensial yang bisa membantu menenangkan pikiran. Konsumsilah 1-2 batang seledri sebelum tidur untuk membantu mengurangi stres sehingga tidur Anda bisa lebih nyenyak.

4. Aman untuk Penderita Hipertensi

Seledri mengandung banyak sodium, tapi jenis yang alami dan lebih sehat ketimbang garam dapur atau garam meja. Orang dengan tekanan darah tinggi disarankan mengurangi konsumsi garam tapi aman jika sodiumnya berasal dari seledri.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Seledri kaya akan vitamin A yang bisa membantu mempertajam penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Makan seledri secara rutin juga membantu mencegah atau memperlamabat mata rabun karena faktor usia.

6. Sumber Energi yang Sehat

Daripada minuman berenergi atau sports drink, lebih baik meminum jus seledri untuk memulihkan sistem tubuh Anda setelah berolahraga. Seledri bisa menggantikan cairan elektrolit yang hilang melalui keringat dan menutrisi tubuh dengan kandungan mineralnya yang kaya. Agar rasanya lebih enak Anda bisa mencapur jus seledri dengan perasan lemon, potongan nanas dan ditambah sedikit madu.

7. Menjaga Fungsi Ginjal

Selain cukup minum air putih, sayuran juga penting untuk menjaga ginjal. Salah satunya seledri, sayuran ini membantu menyingkirkan racun-racun di dalam tubuh sehingga meningkatkan fungsi ginjal sekaligus mencegah pembentukan batu ginjal.

8. Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan

Kandungan utama seledri adalah serat dan air. Kedua substansi itu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan. Seledri juga melancarkan buang air besar dan bersifat diuretic (menambah frekuensi buang air kecil) untuk memaksimalkan pembersihan racun serta sisa makanan tak bermanfaat di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya konstipasi.

18 komentar

wah banyak banget manfaatnya yambak
kalau saya sih suka makan seledri,soalnya menambah sedap

kalau saya sering memakan seledri waktu di campur dengan bakso,
Ternyata banyak sekali ya manfaat seledri, terima kasih atas informasinya :)

yang saya tau fungsi seledri cuma untuk membuat rambut jadi keriting saja :D

BANYAKNYA KHASIAT SALDERI YA...SELALU GUNA BUAT SUP SAJA...

Ternyata khasiat daun seledri mantap banget ya :)
tapi saya gak suka daun seledri :'(

ternyata banyak ya Mba Manfaat dari Buah Seledri bagi kesehatan, tidak hanya sekedar sayuran saja hehe... makasih mba... :)

Sayangnya saya nggak suka seledri. Padahal banyak juga manfaatnya ya

tiap hari makan seledri dong iya mas :D hahaha

kalau aku sih makan bakso ngga suka pake seledri hehe

Awalnya juga aku taunya cuma untuk buat rambut kriting doang tapi setelah aku baca2 tapi banyak juga manfaatnya hehe

Bukan sup aja, tapi di bakso juga bisa yaa mbak :D

aku juga sama ngga suka mas :D

ya begitulah mbak kira-kira yg dapat saya share, sama aku juga ngga suka seledri hihi

Kalo saya.. untuk campuran telur dadar..
nambah sedep mbak..

paling suka kalo sop ada seledrinya
rupanya banyak banget manfaatnya yah..

hm iya tergantung seleranya masing-masing mas :)


Emoticon Emoticon