Sabtu, 18 Oktober 2014

Jenis Vitamin B Kaya Manfaat

Jenis Vitamin B kaya Manfaat
Anda mungkin sering mendengar vitamin B. Uniknya dari vitamin B adalah ada banyak jenis vitamin B yang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin B1, vitamin B6 atau vitamin B12 mungkin sering anda dengar. Sebenarnya, ada 8 jenis vitamin B yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa saja jenis dari vitamin B? Berapa banyak yang dibutuhkan? Apa saja manfaatnya bagi tubuh? Dan sumber makanan apa yang mengandung jenis vitamin B?
Baca juga : [Tanda-Tanda Anda Kekurangan Vitamin B]
Jenis Vitamin B
Vitamin B memiliki 8 jenis, yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan berbagai penyakit. Itu sebabnya berbagi banyak multivitamin yang ada menyertakan variasi beberapa jenis vitamin B yang disebut vitamin B-kompleks. Berikut ini penjelasan mengenai jenis vitamin B.

1. Vitamin B1 (Tiamin)
Fungsi : Mengubah zat karbohidrat dalam makanan menjadi energi.
Kebutuhan : Wanita 1,1 mg, Pria 1,2 mg, Wanita Hamil dan Menyusui 1,4 mg.
Sumber :Nasi, roti, sereal, tepung terigu, makanan laut seperti udang, kepiting atau kerang.
Baca juga : [Benarkah dengan Vitamin B dapat Menghilangkan Jerawat?]
2. Vitamin B2 (Riboflavin)
Fungsi : Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit.
Kebutuhan : Wanita 1,1 mg, Pria 1,3 mg, Wanita menyusui 1,6 mg.
Sumber : susu, keju, ayam, brokoli, bayam, jamur.

3. Vitamin B3 (Niasin)
Fungsi : Untuk kesehatan kulit, meningkatkan nafsu makan, memperbaiki sistem pencernaan serta membantu mengubah makanan menjadi energi.
Kebutuhan : Wanita 14mg, Pria 16 mg, Wanita hamil 18 mg, Wanita menyusui 17 mg.
Sumber : Padi-padian, kacang-kacangan, daging sapi, jamur.

4. Vitamin B5 (Pantothenic Acid)
Fungsi : Bersama-sama dengan jenis vitamin B lainnya, vitamin B5 berguna dalam proses pemecahan lemak, protein, karbohidrat menjadi energi. Manfaat lainnya adalah untuk pembentukan sel darah merah dan membuat vitamin D.
Kebutuhan : Wanita 4 mg, Pria 6 mg, Wanita hamil 5 mg, Wanita menyusui 6 mg.
Sumber : Ayam, ikan sarden, alpukat, semangka.

5. Vitamin B6 Piridoksin)
Fungsi : Diperlukan dalam proses asam amino dan lemak.
Kebutuhan : Wnita 1,3 mg, Pria 1,3 mg, Wanita hamil 1,9 mg, Wanita menyusui 2 mg. Kebanyakan konsumsi vitamin B6 dengan konsumsi lebih dari 50 mg per hari dapat menyebabkan kekurangan saraf secara permanen.
Sumber ; Daging unggas, ikan, daging sapi, kentang, tomat, pisang, buah yang berwarna ungu dan sayuran hijau.

6. Vitamin B7 (Biotin)
Fungsi: Bertugas agar sel-sel pada tubuh berkembang dengan benar, membentuk sel darah merah dan mencegah kerusakan saraf pada janin.
Kebutuhan: Wanita 400 mkg; Pria 400 mkg; Wanita hamil 600 mkg; Wanita menyusui 500 mkg. Vitamin B12 yang berlebihan akan menyebabkan kekurangan vitamin B12.
Sumber: Susu dan produk olahan susu, bit, hati, melon dan sayuran berdaun hijau.

7. Vitamin B9 (Folat)
Fungsi: Bertugas agar sel-sel pada tubuh berkembang dengan benar, membentuk sel darah merah dan mencegah kerusakan saraf pada janin.
Kebutuhan: Wanita 400 mkg; Pria 400 mkg; Wanita hamil 600 mkg; Wanita menyusui 500 mkg. Vitamin B12 yang berlebihan akan menyebabkan kekurangan vitamin B12.
Sumber: Susu dan produk olahan susu, bit, hati, melon dan sayuran berdaun hijau.

8. Vitamin B12 (Kobalamin)
Fungsi: Mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi, menjaga sel darah merah tetap sehat, melindungi sel saraf, mencegah penyakit jantung, dan mencegah penyusutan otak yang dapat menyebabkan daya ingat menurun.
Kebutuhan: Wanita 2,4 mkg; Pria 2,4 mkg; Wanita hamil 2,6 mkg; Wanita menyusui 2,8 mkg.
Sumber: Daging sapi, daging ikan, hati, telur, susu, kedelai dan rumput laut.
Ya, vitamin B banyak sekali manfaatnya. Khususnya bagi ibu hamil dan menyusui, harus selalu menjaga agar vitamin B cukup terpenuhi dalam menu makan sehari-hari. Bagi semua orang, vitamin B sangat menunjang terpenuhinya gizi yang baik.

Mengolah Vitamin B
Dalam pengolahan atau jika harus melalui proses pemasakan, sebaiknya tidak direbus. Disarankan untuk mengolah menggunakan microwave atau dengan cara dikukus. Hal ini karena vitamin B mudah larut dalam air dan mudah rusak jika dipanaskan. Sebaiknya, simpan sumber makanan vitamin B dalam keadaan dingin di lemari es agar vitamin ini tetap terjaga.
Walau jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terlalu banyak, tetapi vitamin B yang memiliki jenis yang beraneka ragam bermanfaat bagi tubuh terutama dalam membantu tubuh mendapatkan energi. Dengan mengetahui jenisnya yang beraneka ragam dengan manfaat yang berbeda, Anda dapat berusaha agar kebutuhan tubuh akan vitamin B tetap terpenuhi.

Untuk informasi supplemen hubungi :
Elsawati Dewi (Customer Service)
SMS :083827560555 BBM : 2BE163EE

6 komentar

Wah banyak juga ya manfaat buah tersebut...

ya mas ..
terimakasih kunjungannya :)

kira kira makanan yang saya makan setiap harinya sudah ada semua belumnya vitamin b seperti di atas???

sangat jelas mbak informasiny mengenai jenis vitamin b yg kaya manfaat...saya copas boleh ya, saya save buat pengetahuan sy

makasih mas hehehe
ya monggo mas silahkan :)


Emoticon Emoticon