Header Ads

test

Jaga Jantung dari Bahayanya Merokok

Berhenti merokok adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan jantung Anda, untuk Anda ketahui bahwa merokok merupakan penyebab utama penyakit jantung dan seorang perokok memiliki tingkat resiko dua kali lebih besar untuk mengalami serangan jantung daripada orang yang tidak merokok. Berhenti merokok memiliki manfaat besar dan tidak pernah mengenal kata terlamabat untuk memulai kampnaye berhenti merokok pada diri Anda sendiri.

Baca juga: [Dampak Kesehatan dari Perokok Pasif]

Jaga Jantung dari Bahayanya Merokok

Mengapa Anda harus berhenti merokok? Berhenti merokok adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan jantung Anda dan kabar baiknya adalah bahwa tingkat resiko terkena serangan jantung berkurang secara signifikan dengan segera setelah Anda mulai berhenti merokok Anda akan merasa lebih baik dan tentu saja Anda memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan pada hal-hal lain yang lebih bermanfaat bagi Anda.

Berikut adalah dampak buruk akibat merokok:

  1. Merokok meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke.
  2. Merokok merusak lapisan arteri dengan menimbun bahan lemak (ateroma) yang mempersempit arteri. Hal ini menyebabkan angina, serangan jantung dan stroke.
  3. Kandungan karbon monoksida dalam asap rokok mengurangi jumlah oksigen dalam darah Anda, ini artinya jantung harus mempompa lebih keras untuk dapat memenuhi kadar oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.
  4. Kandungan nikotin dalam rokok merangsang tubuh memproduksi adrenalin yang membuat jantung Anda beredar lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah, hal ini juga memaksa jantung untuk bekerja lebih keras.
  5. Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya pembekuan darah, yang artinya juga meningkatkan resiko Anda terkena serangan jantung.
  6. Pada perokok pasif atau orang yang menghirup asap rokok, penelitian menunjukkan bahwa asap rokok yang terhirup merupakan penyebab serangan jantung pada orang yang bukan perokok.

Berikut adalah tips untuk membantu Anda berhenti merokok:

  1. Tetapkan tanggal untuk mulai berhenti meroko, berusahalah untuk komit dengan tanggal yang Anda tetapkan, simpan semua rokok, korek api dan asbak pada saay tanggal tersebut tiba.
  2.  Buatlah rencana yang dapat membantu Anda berhenti merokok, seperti menggunakan produk pengganti nikotin dan siapkan sebelum tanggal yang Anda tetapkan untuk mulai berhenti merokok.
  3. Dapatkan informasi tambahan melalui internet maupun media lainnya tentang metode lain yang digunakan oleh orang lain dalam usaha berhenti merokok.
  4. Dapatkan dukungan dari lingkungan sekitar Anda, seperti orang tua, saudara, isteri, anak, pacar dan teman-teman Anda dan beri tahu bahwa Anda sudah berhenti merokok. Mungkin ada keluarga atau kenalan Anda yang telah sukses untuk berhenti yang dapat memberikan saran dan nasehat yang dapat membantu Anda berhenti merokok.
  5. Berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis lainnya untuk dapat membantu kampanye berhenti merokok Anda.
  6. Tetap menyibukkan diri pada hal-hal yang bermanfaat yang membantu mengalihkan pikiran Anda dari rokok, cobalah sedikit merubah kebiasaan Anda seperti menghindari toko tempat Anda bisas membeli rokok.
  7. Jika Anda berhasil untuk berhenti merokok, maka uang yang Anda hemak sebaiknya dibelanjakan untuk sesuatu yang istimewa sebagai penghargaan atas keberhasilan usaha Anda dalam berhenti merokok.

32 komentar:

  1. Alhamdulillah nggak ngerokok mba...:)

    BalasHapus
  2. betul bngeett tuh... ini tips yg sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bantu rekomendasikan yaa, siapa tau dapat bermanfaat hehe

      Hapus
  3. lagi-lagi saya dapet pertamax
    mantap

    BalasHapus
  4. satu lagi mbak bahaya merokok bisa mengakibatkan kanker(kantong kering)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dapat pertamax mas @Wong Crewchild :p
      Hahaha iya karena uangnya habis dibeliin rokok terus :D

      Hapus
  5. tips merokoknya harus dipertimbangkan inih..!, agar jantung tetap sehat ya Mba Ai..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas, apa mas aldino termasuk orang orang yang perokok?

      Hapus
  6. tapi buat para perokok kayaknya sulit untuk berhenti gak tahu kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada kemauan untuk berhenti merokok pasti bisa mas, yg penting niatnya dulu :)

      Hapus
  7. alhamdulillah saya bukan ahli hisab...wahai para ahli hisab bacalah artikl ini...inga inga...think :

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus dong mas, semoga saja jantungnya sehat yaa :)

      Hapus
  8. rokok menguras dompet, setidaknya itulah kata orang yang tidak merokok.

    awal saya berhenti dulu sangat simple mbak :
    *ganti rokok dengan permen
    *mencari kesibukan atau mengalihkan ke sesuatu hal yang bisa membuat lupa dikala ingin merokok.

    semoga teman-teman yang lain juga bisa berhenti merokok ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mas, boleh juga tuh mas untuk dijadikan tambahan tips untuk berhenti merokok hehe

      Hapus
  9. Untuk berhenti itu pasti sangat sulit ya mbak bagi perokok berat, kalau menurut saya pribadi untuk berhenti memang harus di awali dari Niat yang kuat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas yg penting niatnya dulu dan ada kemauan untuk berhenti merokok, insyalloh bisa :)

      Hapus
  10. alhamdulillah, sekarang saya tidak merokok lagi mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus dan jangan sampai merokok lagi iya mas hehe

      Hapus
  11. Waduh.. bahayanya.. saya malah perokok aktiv.. kalo dikategorikan bisa mencapai level super aktiv.. ah mudah2an bisa berhenti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehari habis rokok berapa bungkus mas? Apa ngga khawatir dengan kesehatan jantungnya tuh mas? hehe

      Hapus
  12. yang saya kuatirkan hanya satu soal rokok: menjadi perokok pasif. secara temen2 saya banyak yang ngerokok nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hindari saja mas, atau kalau temen-temen mas sedang merokok di depan mas bisa pake makser untuk menutup hidung mas zach :)

      Hapus
  13. Saya tidak pernah merokok,
    alhamdullilah saya sehat
    amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau begitu mas, nah supaya sehat terus dan daya tahan tubuh harus di jaga terus kini sekarang mas saatnya mengkonsumsi dengan suplemen Nat C :)

      Hapus
  14. Untung aku ga merokok
    tapi harus menghindar dari asap rokok
    karena lebih bahaya dari merokok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan jangan sampai menjadi seorang perokok pasif juga hehe

      Hapus
  15. setuju banget mbak, rokok tidak memberikan kebaikan apapun yang ada hanya kerugian, baik yang merokok maupun yang tidak.. alhamdulillah suami saya sudah berhenti merokok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur kalau begitu mbak, alhamdulillah yaa sesuatu :D

      Hapus
  16. terimakasih banyak tipsnya saya juga termasuk pecandu rokok, saya punya niatan berhenti tapi susah sekali :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah ada niat tinggal langsung di jalani aja mas, atau paling tidak mengikut salah satu tips yg ada di artikel ini siapa tahu jadi berhasil kalau ada kemauan :)

      Hapus