Jumat, 24 Oktober 2014

Inilah Daftar Makanan Penyebab Jerawat

Inilah Daftar Makanan Penyebab Jerawat
Salah satu penyebab munculnya jerawat diwajah ialah karena kita tidak terlalu telaten dan teliti memilah-milah makanan. Ada beberapa makanan yang bila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan munculnya jerawat di wajah kita secara tiba-tiba dan tak terduga-duga. Pastinya, anda tak mau kan hal itu terjadi apalagi jerawat tiba-tiba tumbuh di saat-saat penting atau acara-acara yang membutuhkan penampilan yang maksimal.
Mungkin menutupinya sekali-kali dengan make-up tak apa jika itu memang benar-benar mendesak. Namun hingga saat ini, cara terbaik yang bisa kita gunakan ialah mencegah jerawat itu tumbuh dengan menghindari dan meminimalisir konsumsi beberapa makanan berikut agar pertumbuhan jerawat di wajah kita bisa terkendali. Apalagi, saat ini sudah banyak jerawat yang tumbuh di wajahmu. Tentu anda tak mau kan jerawat yang ada justru bertambah parah?

Ini dia beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Makanan-makanan ini, seperti diketahui dapat dan berpotensi memicu munculnya penyebab jerwat secara tak terkendali. Seperti minyak dan sabun yang merupakan hal yang paling dikhawatirkan oleh para remaja yang sayang akan kulit wajahnya.

Gula dan coklat penyebab jerawat
Gula merupakan salah satu kandungan yang terkandung hampir diseluruh buah-buahan yang ada. Sedangkan coklat adalah salah satu makanan yang dipercaya sebagai makanan yang mempunyai khasiat dan manfaat yang banyak serta dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres.
Kenyataan tersebut kemudian membuat kita sulit untuk menghindari kedua bahan ini, gula dan coklat. Namun bukan berarti harus menghindari dan tidak pernah mengkonsumsi gula dan coklat. Meskipun kedua makanan ini adalah makanan yang dapat menyebabkan jerawat, setidaknya kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Gula yang ada dalam buah-buahan dan coklat mentah hanya berupa serat karbohidrat yang yang tidak begitu berpengaruhdan menimbulkan jerawat jika dikonsumsi. Namun berbeda masalahnya jika yang kita konsumsi adalah gula dan coklat olahan. Gula pasir merupakan bentuk gula sederhana yang memicu jerawat dan banyak dipakai dalam permen maupun jenis kue. Termasuk coklat didalamnya. Jadi sebisa mungkin hindari makanan-makanan manis dan coklat yang tidak jelas asal usulnya. Biasanya pedagang atau produsen yang curang akan menambahkan banyak sekali gula olahan sebagai pengganti rasa manis untuk meminimalisir biaya produksi makanan manis yang biasanya kita temukan dijalanan.

Kafein dan alkohol penyebab jerawat
Kafein dapat menyebabkan jerawat timbul di wajah kita karena kafein dapat mempengaruhi kadar hormon yang dihasilkan tubuh sehingga mempengaruhi produktifitas kelenjar minyak di wajah. Beberapa sumber kafein yang umum ditemukan ialah pada kopi, teh, minuman ringan, coklat, serta rokok.

Selain kafein belakangan ini juga di temukan bahwa kandungan yang ada pada alkohol disinyalir dapat mempengaruhi pertumbuhan hormon ditubuh kita sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu efek yang di timbulkan kafein dan alkohol yang menimbulkan efek samping gangguan tidur dan tekanan stres berlebihan juga dapat memivu munculnya jerawat di wajah kita.

Jadi jika anda ingin terbebas dari jerawat, sebisa mungkin hindari rokok dan alkohol ya.

Makanan yang membuat alergi penyebab jerawat
Jika kamu mempunyai alergi terhadap makanan, masalah kulit biasanya akan muncul kemudian. Termasuk didalamnya ialah munculnya jerawat membandel secara tiba-tiba. Untuk itulah penting sekali kamu mengetahui makanan-makanan yang dapat menyebabkan alergi sehingga kamu bisa dengan mudah menghindari makanan-makanan tersebut.
Susu dan telur adalah makanan yang dikenal sangat berpotensi untuk menyebabkan alergi yang menimbulkan wajah kamu berjerawat. Ketika sistem kekebalan tuh mencoba melawan racun yang di sarankan telah masuk ke metabolisme tubuh, jerawat akan mulai muncul. Salah satu ahli alergi telah mendiagnosa dan mengonfirmasi bahwa alergi dapat memicu munculnya jerawat di wajah.

Susu dan Produk Olahannya Penyebab Jerawat
Makanan-makanan yang penuh dengan kandungan lemak sebaiknya kamu jauhi jika anda  tidak ingin jerawat tiba-tiba muncul di momen-momen yang tidak tepat. Lemak yang hadir dalam makanan dapat mengubah tingkat insulin dalam darah sehingga akan menyebabkan peningkatan aktivitas hormon. Hal ini pada gilirannya menyebabkan peningkatan produksi sebum dan jerawat. Es Krim, Keju, dan produk olahan Susu sejenisnya juga mengandung lemak dengan konsentrasi yang tinggi. Tak hanya lemak, bahan tambahan seperti pengawet dan bahan-bahan yang sulit dicerna oleh tubuh seperti yang ada pada sardin kalengan, sosis, dan bakso awetan dapat memperparah jerawat meradang di wajah yang sudah mengalami infeksi dan menimbulkan jerawat-jerawat baru yang tak terhitung jumlahnya.

Makanan Beryodium/iodium/lodin Penyebab Jerawat
Seperti halnya lemak, makanan beryodium juga sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun dengan konsentrasi dan proporsi yang sesuai bagi tubuh untuk bisa menerima. Kelenjar minyak yang terdapat dalam kulit dapat membuat kulit iritasi sehingga rentan terhadap jerawat. Makanan yang beryodium terdapat pada ikan, kerang, makanan kaleng dan makanan laut lainnya.

Buah dan Sayur yang Bersifat Asam Penyebab Jerawat
tingkat keasaman tubuh seseorang bisa berbeda dari tingkat keasaman tubuh orang lainnya. Untuk itulah, penting untuk mengetahui seberapa dan sejauh mana tingkat keasaman tubuh kita. Tingkat keasaman tubuh dalam hal ini dapat menjadi salah satu faktor penyebab jerawat, karena itu beberapa sayur dan buah-buahan yang mempunyai tingkat keasaman yang tinggi sebaiknya kita jauhi agar Jerawat tidak muncul secara tiba-tiba. Beberapa sayuran dan buah-buahan yang bersifat asam dan dapat menyebabkan munculnya jerawat ialah jeruk,  mentimun, wortel dan daun selada.

Itu dia daftar makanan Penyebab Jerawat yang harus kita jauhi. Namun, menghindari makanan penyebab jerawat bukan berarti kita akan 100% terbebas dari jerawat. Dengan menjauhi makanan penyebab jerawat, setidaknya anda telah berusaha untuk meminimalisir jerawat di permukaan kulit wajah. Pengobatan jerawat yang tepat juga menjadi faktor penentu kesembuhan anda dari jerawat yang membandel.

12 komentar

Saya paling suka makan coklat dan minum susu tapi alhamdulilah gak ada jerawatnya

ya syukur alhamdulilah mas kalo engga ada jerawatnya hehe

Mungkin karena makanan diatas tadi dikonsumsi berlebih, makanya jadi jerawat ya..

mksh teh ipah atas info'y mkanan yg menyebabkan jerawat

sama sama teh ratu :)
terimakasih kunjungannya

Susu dan coklat penyebab jerawat. Harus dikurangi konsumsi Susu dan coklat

waduh, saya paling suka sama gula dan coklat..tapi alhamdulillah, jerawatnya ndak banyak...Allah memang sayang sama saya... :D

bener mba jangan terlalu berlebihan aja makan coklat dan susu nya :)

ya mengonsumsinya nggak usah berlebihan aja mas hehe
syukur deh mas kalo nggak banyak mah :)


Emoticon Emoticon